Tak Ingin Terkena Penyakit Darah Tinggi, Konsumsi Sayuran ini

Komentar
Ternyata sayuran dari desa ini bisa menyembuhkan darah tinggi..

Darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyakit yang paling banyak berisiko bagi orang saat ini. Tak hanya menyerang orang-orang yang telah berusia lanjut, anak-anak muda juga tak luput dari serangannya. Untuk mencegah hal itu terjadi, konsumsilah Sayuran ini..


Image from detik.com

Seperti yang dilansir oleh detik.com, penderita hipertensi harus mengurangi asupan garam. Selain itu beberapa sayuran ini bisa rutin dikonsumsi agar tekanan darah tak naik.

Tekanan darah merupakan tekanan yang diberikan oleh darah terhadap dinding arteri. Jika tekanan yang tinggi dibiarkan, dapat merusak pembuluh darah, memicu penyakit ginjal, jantung dan gangguan kesehatan lainnya.

Menurut WHO penderita tekanan darah tinggi terus meningkat hingga 1.13 miliar orang di dunia. Dilansir dari Food NDTV (13/08) ada beberapa penyebab terjadinya tekanan darah, salah satunya adalah pola makan.

Makanan goreng dengan asupan natrium yang tinggi harus mulai kurangi. Makanan dengan natrium yang tinggi bisa mengakibatkan retensi air.

Penambahan air memberi tekanan pada jantung dan pembuluh darah, yang selanjutnya terjadi penyempitan dan menyebabkan lonjakan pada tekanan darah.

Makanan untuk penderita tekanan darah tinggi harus rendah natrium, rendah lemak dan rendah kolestrol. Konsumsi rutin 5 sayuran ini bisa membantu mengendalikan tekanan darah.

Baca juga : Cara Mengobati Radang Tenggorokan Sebelum Terserang

Berikut sayuran yang bisa menyembuhkan darah tinggi :

1. Ubi Jalar


Tidak hanya tinggi potasium, ubi jalar juga kaya akan nutrisi seperti magnesium dan mangan yang sehat untuk kesehatan jantung.

Kalium dalam elektrolit penting untuk membantu tekanan darah dengan menangkal efek natrium dalam tubuh. Ini akan membantu menghilangkan natrium melalui air kencing.

2. Bayam


Bayam kaya akan lutein yang bisa mencegah penebalan dinding arteri, sehingga mengurangi risiko serangan jantung dan tekanan darah tinggi.

Selain itu, bayam kaya akan potasium, folat, dan magnesium. Bayam sangat rendah kalori. Selain diolah menjadi sayur, bayam juga bisa dicampurkan ke dalam salad, sandwich dan lasagna atau mencampurnya dengan smoothies.

3. Kubis


Sayuran berkhasiat menjaga tekanan darah Anda. Kubis mengandung kalium sekitar 12% dari asupan harian yang disarankan dalam 2 porsi cangkir atau sekitar 178 gram.

Pastikan Anda mencuci kubis dengan bersih sebelum dikonsumsi. Bisa dicampurkan dalam salad, karedok, lalapan, sop atau ditumis.

Baca juga : Bisa Berakibat Kematian, Ini 6 Tanda Kamu Kelebihan Konsumsi Garam

4. Wortel


Wortel juga memiliki kandungan potasium yang tinggi. Potasium bisa membantu untuk menurunkan ketegangan di pembulu darah dan arteri.

Selain itu juga meningkatkan sirkulasi aliran darah dan menurunkan tingkat tekanan darah. Wortel bisa mengurangi risiko penyakit aterosklerosis dan stroke.

Campurkan wortel dalam kaldu, tumisan, salad, smoothies dan jus. Untuk bisa mengonsumsi semua nutrisinya bisa dimakan segar atau mentah.

5. Seledri


Menurut buku 'Healing Foods' yang diterbitkan oleh DK, seledri mengandung kumarin yang membantu menurunkan tekanan darah dan membantu dalam keseimbagan air.

Kandungan phtalides dan antikoagulan dalam seledri juga mengurangi risiko pembekuan darah dan stroke dan menurunkan kadar hormon stres.

Pilih seledri dengan batang besar. Bisa dicampurkan dalam salad, jus atau dijadikan lalapan segar.

Semoga bermanfaaat......

Top