10 Inspirasi Souvenir Pernikahan yang Unik

Penulis Nadiah Ratna | Ditayangkan 05 Aug 2018

10 Inspirasi Souvenir Pernikahan yang Unik
souvenir pernikahan via catatanmini.com

Tidak hanya bagaimana pestanya digelar, tetapi souvenir pernikahan juga akan berpengaruh untuk memberikan kesan yang mendalam bagi tamu undangan. Berikut ini ulasannya, baca sampai akhir ya!

Souvenir pernikahan adalah sebuah hal yang sangat penting dan tidak bisa dipisahkan dari rangkaian acara pernikahan. Akan terlihat kurang berkesan ketika mengundang kerabat, sahabat, sanak family tetapi tidak menyedikan cindera mata.

Souvenir yang biasa tentu akan menghadirkan kesan yang biasa pula. Sedangkan souvenir yang unik akan memberikan kenangan tersendiri bagi semua yang menyaksikan. Souvenir unik yang mereka bawa pulang akan selalu mengingatkan pada hari istimewa Anda.

Untuk kamu yang memang sudah di tahap mau memesan souvenir, pada artikel ini kami menampilkan beberapa souvenir pernikahan yang akan membuat kamu beli binggung memilih souvenir mana yang akan kamu berikan pada tamu undangan yang hadir di acara pernikahanmu.

10 Rekomendasi Souvenir Pernikahan Unik

Ada banyak sekali ide souvenir pernikahan unik yang bisa Anda coba. Misalnya saja, Anda bisa memilih pensil dengan ikatan pita halus berwarna soft di ujungnya. Jangan salah, souvenir seperti ini juga masih sangat menarik. Selain bermanfaat, pensil juga bisa menjadi aksesoris di rumah para tamu.

Selain itu, Anda juga bisa menghadirkan souvenir pernikahan unik berbentuk sabun. Bekerjasamalah dengan perusahaan pembuat sabun untuk membuat sabun edisi spesial dengan bentuk yang unik untuk pesta pernikahan Anda. Sabun ini bukan hanya bermanfaat untuk kebersihan badan tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai pengharum ruangan. Selanjutnya, ada banyak sekali rekomendasi souvenir pernikahan unik untuk Anda di bawah ini.

1. Kaktus mini warna warni

10 Inspirasi Souvenir Pernikahan yang Unik
ilustrasi souvenir kaktus via sekarkencana.com

Souvenir pernikahan tidak melulu harus benda mati seperti pajangan atau aksesoris. Sekali-sekali, demi menghadirkan kesan yang berbeda pada tamu undangan, cobalah untuk menyediakan souvenir pernikahan berbentuk kaktus mini dengan warna-warni yang menarik. Mungkin Anda berpikir bahwa kaktus terlalu ribet untuk dibawa oleh para tamu undangan. Tenang, kaktus ini mini dan sudah dikemas cantik di dalam paper bag.

Para tamu wanita sudah pasti menyukai souvenir cantik ini dan tidak menutup kemungkinan bahwa lelaki juga akan sangat suka terutama mereka yang punya hobi berkebun. Mengenai harga, kaktus mini masih bisa dikatakan terjangkau. Anda bisa membuatnya sendiri dengan membeli gelas kecil yang biasanya dijual seharga Rp 1.000 dan kaktus mini dengan harga mulai dari Rp 3.000.

Sedangkan jika Anda tidak mau repot dan langsung membelinya saja, Anda bisa mendapatkannya di berbagai marketplace ternama seperti Tokopedia yang harganya hanya kurang lebih dari harga jika Anda membuatnya sendiri.

2. Kotak perhiasan

10 Inspirasi Souvenir Pernikahan yang Unik
ilustrasi souvenir kotak perhiasan via tokopedia.com

Sama halnya dengan pernikahan para selebriti yang sudah dibahas di atas, kotak perhiasan merupakan souvenir pernikahan unik yang tidak ada matinya. Tempat perhiasan ini bisa berbentuk pouch atau kotak kecil maupun besar. Nantinya, souvenir ini bisa dipakai sebagai tempat perhiasan seperti cincin jika ia kecil atau bahkan kalung dan gelang jika kotaknya cukup besar. Selain itu, tamu undangan juga bisa menjadikannya tempat benda-benda kecil seperti peniti, sebagai tempat kosmetik dan lain sebagainya.

Kotak perhiasan ini bisa Anda dapatkan secara online di Bukalapak. Rak Kotak Perhiasan Make Up Meja Rias Kosmetik Desktop Storage Box YA21 merupakan tipe kotak perhiasan yang paling recommended. Harga yang dibanderol untuk kotak perhiasan tersebut adalah sebesar Rp 52.500.

3. Kalender Kayu

10 Inspirasi Souvenir Pernikahan yang Unik
ilustrasi kalender kayu via tokopedia.com

Mungkin Anda sudah sering mendapatkan souvenir pernikahan berupa kalender di acara resepsi teman-teman atau anggota keluarga. Anda pun bisa menghadirkan souvenir serupa namun lebih unik yaitu kalender kayu. Kalender ini biasanya berbentuk pipih dan dadu lengkap dengan ukiran tanggal dan bulan.

Karena terbuat dari kayu, jelas kalender ini berwarna cokelat khas tampilan etnik. Kalender kayu ini juga biasa disebut sebagai kalender abadi karena memang Anda dapat membolak-balikkan angkanya sesuai tanggal hari ini tanpa adanya keterangan tahun. Dengan begitu, kalender ini bisa dipakai selamanya. Bermanfaat bukan?

Selain unik dan bermanfaat, kalender kayu ini juga murah meriah, lho. Anda hanya perlu mengunjungi Tokopedia, maka Anda akan segera menemukan cindera mata berbentuk kalender kayu dengan harga Rp 1.900 saja.

4. Biji Kopi

10 Inspirasi Souvenir Pernikahan yang Unik
ilustrasi souvenir biji kopi via sarungpreneur.com

Dari judulnya saja, sudah terlihat bahwa souvenir yang satu ini akan lain daripada yang lain. Biji kopi mungkin bisa dikategorikan sebagai makanan lebih tepatnya sebagai bahan dasar minuman namun kegunaannya bukan hanya untuk itu. Biji kopi ternyata bisa digunakan sebagai pengharum ruangan.

Anda bisa membuatnya menjadi pengharum ruangan dengan cara memasukkan biji-biji kopi tersebut ke dalam botol-botol kecil. Anda juga bisa memasukkan biji kopi tersebut ke dalam kantong kecil yang terbuat dari kain kasa. Jangan lupa ikatkan pita di bagian atasnya untuk mempermanis tampilan.

Anda bisa membeli biji kopi ini seharga Rp 35.000 per kilogram yang kemudian bisa Anda pisahkan dan masukkan ke dalam kantong berukuran 5 x 10 cm. 1 kg biji kopi ini bisa menjadi 10-15 bungkus biji kopi. Jika diperkirakan, maka per kantongnya tidak lebih dari Rp 5.000 di Tokopedia.

5. Sumpit Kayu

10 Inspirasi Souvenir Pernikahan yang Unik
ilustrasi souvenir sumpit kayu via id.aliexpress.com

Jika souvenir pernikahan berupa pensil dan pulpen dengan ukiran nama atau inisial mempelai sudah sangat mainstream bagi Anda, maka Anda bisa mencoba sumpit kayu. Anda bisa menulis atau mengukir sumpit kayu tersebut dengan inisial nama Anda dan pasangan atau tuliskan kata-kata romantis khas pernikahan.

Tenang, sumpit ini sudah sangat akrab kok dengan orang Indonesia. Selain manfaatnya jelas yaitu sebagai alat untuk makan, sumpit juga punya filosofi yang sangat bagus. Sumpit berpasangan dan memiliki bentuk yang sama persis. Sama halnya dengan Anda dan pasangan Anda.

Sumpit kayu khas untuk souvenir pernikahan ini bisa Anda dapatkan di Tokopedia. Mengenai harga, sumpit kayu ini variatif namun cenderung hanya berkisar di harga Rp 1.700 sampai Rp. 3.000.

6. Kukis Coklat

10 Inspirasi Souvenir Pernikahan yang Unik
ilustrasi kukis coklat via resepkoki.id

Sekali lagi, souvenir pernikahan unik bukan hanya benda mati yang hanya untuk dipajang. Makanan juga bisa dijadikan souvenir yang super unik. Hanya saja, Anda harus pandai menentukan makanan yang tepat. Camilan kukis cokelat dirasa sebagai makanan yang paling pas untuk dijadikan souvenir.

Kukis cokelat ini disukai oleh hampir semua kalangan dan banyak dijadikan camilan yang wajib ada di rumah. Untuk menjadikannya sebagai souvenir, Anda hanya perlu membeli beberapa toples kukis lalu masukkan beberapa buah kukis ke dalam kertas antiminyak. Pilih kertas antiminyak dengan motif yang unik seperti motif amplop transparan. Selain dengan membelinya langsung di toko kue atau membuatnya sendiri, kukis cokelat ini juga bisa Anda dapatkan secara online di Tokopedia seharga kurang lebih Rp 40.000 per toplesnya.

7. Wadah Garam dan Merica

10 Inspirasi Souvenir Pernikahan yang Unik
ilustrasi souvenir wadah garam via id.aliexpress.com

Bermanfaat, lucu dan unik. Itulah kesan yang akan tamu undangan rasakan jika Anda menghadirkan wadah garam dan merica sebagai souvenir pernikahan Anda. Ibu-ibu pasti baris paling depan demi mendapatkan souvenir semacam ini. Pilihlah wadah yang terbuat dari kaca dengan bentuk yang unik dan menarik seperti cupcake atau lovebird, bahkan adapula burung hantu.

Jika Anda tertarik, ada banyak sekali online shop yang menjual souvenir serupa. Salah satunya di Tokopedia dan bukalapak. Harga yang dibanderol untuk wadah garam dan merica ini biasanya mulai dari Rp 4.200.

8. Lampu Tidur

10 Inspirasi Souvenir Pernikahan yang Unik
ilustrasi lampu tidur via tokopedia.com

Souvenir pernikahan yang unik selanjutnya adalah lampu tidur mini. Kalau mengenai lampu tidur unik, Anda pasti bisa menemukannya secara online dengan sangat mudah. Lampu tidur dengan ukuran mungil ini memiliki berbagai model mulai dari menyerupai burung, bunga mawar, jamur, atau bahkan lampu yang bisa berubah-ubah warnanya.

Salah satu yang recommended untuk Anda jadikan souvenir adalah lampu tidur unik yang bisa berubah 7 warna. Tersedia karakter lucu juga seperti angry bird, love dolphin, kura-kura dan masih banyak lagi. Lampu ini khusus dijual untuk souvenir pernikahan seharga Rp 6.500. Anda bisa langsung memborongnya di Bear House Grosir dan Tokopedia.

9. Ramuan Kopi dalam Tabung Reaksi

10 Inspirasi Souvenir Pernikahan yang Unik
ilustrasisouvenir tabung reaksi via bukalapak.com

Membaca judulnya, Anda pasti sudah terbayang betapa uniknya souvenir pernikahan yang satu ini. Serbuk kopi di dalam tabung reaksi. Selain unik, kopi juga sudah menjadi minuman elegan dan banyak difavoritkan. Souvenir ini akan lebih cocok jika Anda dan pasangan juga merupakan penggemar kopi.

Untuk membuatnya menjadi souvenir, Anda hanya perlu sedikit meluangkan waktu untuk membuatnya sendiri. Belilah tabung reaksi yang biasanya dijual seharga Rp 3.500 dan isi dengan serbuk kopi lengkap dengan tambahan gula dengan menggunakan corong. Supaya lebih unik, tambahkanlah mocca, susu atau cokelat dan tambahkan pula label intruksi cara menyeduh kopi tersebut. Untuk membeli bahan-bahannya, Anda bisa langsung meluncur ke Tokopedia.

10. Muddler

10 Inspirasi Souvenir Pernikahan yang Unik
ilustrasi muddler via id.pinterest.com  

Kembali ke souvenir unik yang berupa benda, muddler tidak kalah unik dari yang lainnya. Benda yang biasanya dipakai oleh seorang bartender untuk menumpuk daun mint ini juga pasti berguna bagi siapa saja yang mendapatkannya. Bentuknya yang lonjong dan panjang ini bisa terbuat dari kayu maupun stainless. Jika ingin lebih etnik, gunakan yang dari kayu dan sebaliknya.

Anda bisa dengan mudah mendapatkannya di Tokopedia dengan kisaran harga yang terjangkau yakni Rp 2.600 - Rp 13.000. Dijamin, souvenir pernikahan Anda akan semakin unik dan pernikahan Anda pun semakin berkesan bagi para tamu.

Baca Juga : Dear Calon Pengantin, Ketahuilah ini Amalan yang Baik Dilakukan Menjelang Pernikahan

Jadi gimana? Sudah menentukan mana souvenir pernikahan yang sesuai selera kamu? Pilihlah souvenir pernikahan dengan matang-matang. Sesuaikan dengan buget yang sudah Anda siapkan. Semoga pilihan souvenir Anda benar-benar berkesan bagi tamu. Semoga artikel tentang souvenir pernikahan ini bermanfaat.
SHARE ARTIKEL