Cara Sholat Istikhoroh agar Langsung Dapat Petunjuk

Komentar

sholat istikhoroh langsung dapat petunjuk via alfidy.com

Seringkali kita merasa bimbang dan bingung akan suatu hal. Gak usah bingung lagi, untuk mengatasi hal tersebut kita bisa melaksanakan sholat istikhoroh langsung dapat petunjuk. Bagaimana caranya? Simak yuk penjelasannya.

Wajar apabila dalam hidup kadang kita merasa bimbang dan bingung akan suatu hal. Keadaan mengharuskan kita memilih, tapi menurut kita keduanya sama-sama harus dipilih dan sangat sukar untuk dipisahkan. Hal ini tidak terlepas dari harapan yang kita gantungkan pada keduanya.

Pada situasi seperti ini, kita dianjurkan untuk melaksanakan sholat Istikoroh. Istikhoroh artinya meminta pilihan. Sholat istikhoroh adalah shalat untuk meminta pilihan kepada Allah.


Tata Cara Shalat Istikharah Lengkap, Mustajab Langsung dapat Petunjuk

ilustrasi sholat istikhoroh via wajibbca.com

Islam telah memberikan cara dan solusi guna menghilangkan kebimbangan dalam memilih satu hal yang baik antara dua hal yang baik. Solusinya adalah sholat istikhoroh langsung dapat petunjuk yang dilakukan sebelum tidur.

Bagi kita yang sudah pernah melakukan sholat istikhoroh, tentu sudah tahu bagaimana rasa lega dan nikmatnya kemudahan yang Allah berikan melalui sholat istikharah tersebut. Lalu, bagaimana Islam sendiri memandang mengenai sholat istikhoroh tersebut? Berikut ulasannya.

Shalat Istikharah Menurut Pandangan Islam

Sholat istikhoroh ini dilakukan ketika seorang hamba merasa bingung dan ragu-ragu dalam memilih atau memutuskan suatu hal. Shalat istikharah ini dikerjakan dengan harapan agar keraguan yang ada dapat hilang sehingga seseorang bisa memilih sesuatu dengan pikiran yang jernih dan penuh keyakinan.

Ketika bingung menentukan yang terbaik dari yang terbaik, maka cara terbaik yang harus dilakukan adalah dengan melaksanakan shalat istikharah ini. Shalat istikharah adalah shalat sunnah yang dapat dilakukan kapanpun (di luar waktu shalat wajib) dengan jumlah rakaat minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat.

Walau tidak ada ketentuan waktu pengerjaannya, shalat istikharah ini sebaiknya dilaksanakan pada sepertiga malam, sama halnya dengan waktu shalat tahajud. Hal ini dimaksudkan supaya kita dapat berdoa dan memohon petunjuk kepada Allah dalam keadaan hening, yang demikian ini akan menjadikan ibadah lebih khusyu’.

Tata Cara Shalat Istikharah Jodoh Lengkap, Mustajab dan Langsung Mendapat Petunjuk

Dari Shahabat Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُعَلِّمُنَا الِاسْتِخَارَةَ فِي الْأُمُورِ كُلِّهَا كَمَا يُعَلِّمُنَا السُّورَةَ مِنْ الْقُرْآنِ يَقُولُ إِذَا هَمَّ أَحَدُكُمْ بِالْأَمْرِ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ مِنْ غَيْرِ الْفَرِيضَةِ ثُمَّ لِيَقُلْ

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, mengajarkan kepada kami tentang shalat istikharah dalam setiap perkara atau urusan yang kami hadapai, sebagaimana beliau mengajarkan kami suatu surat dari al-Quran.

Beliau, Rasulullah Saw berkata, “Jika salah seorang di antara kalian berniat dalam suatu urusan, maka lakukanlah shalat dua raka’at yang bukan shalat wajib, kemudian berdoalah…”. (HR. Al-Bukhari)

Melalui hadist tersebut, kesimpulannya bahwa shalat istikharah ini merupakan ibadah sunnah yang mana ketika kita melaksanakannya akan diberi petunjuk dan jawaban atas apa yang tengah kita risaukan.

Cara Melaksanakan Shalat Istikharah Langsung Dapat Petunjuk

Sholat istikhoroh ini menjadi media perantara kita untuk mencurahkan segala kerisauan yang dirasakan kepada Allah. Dengan harapan Allah akan memberikan jawaban dan menghilangkan keraguan yang mengiringi.

Berikut beberapa contoh shalat Istikharah yang sering dilakukan :
  • shalat istikharah untuk jodoh
  • shalat istikharah untuk memilih jodoh
  • shalat istikharah untuk memilih sekolah
  • shalat istikharah untuk memilih jurusan kuliah
  • shalat istikharah untuk menentukan pilihan
  • shalat istikharah untuk orang lain
  • shalat istikharah untuk pekerjaan
  • shalat istikharah untuk meminta jodoh
  • shalat istikharah untuk perceraian

Di atas hanya beberapa contoh hal yang melatarbelakangi kebimbangan seseorang yang kemudian disarankan untuk melaksanakan shalat istikharah. Sholat istikhoroh dilaksanakan sama seperti shalat wajib maupun shalat sunnah lainnya. Dengan jumlah minimal 2 rakaat. Surat yang dapat dibaca usai membaca al-Fatihah adalah surat yang kita hafal.

Jika ada yang bertanya, adakah cara khusus dalam pelaksanaan shalat istikharah ini? Jawabannya tidak ada. Lakukan shalat sebagaimana kita melaksanakan shalat lainnya.

Berikut adalah bacaan niat shalat istikhoroh :

اُصَلِّى سُنَّةَ اْلاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالَى

Ushollii sunnatal istikhaarati rak’ataini lillaahi ta’aala

Artinya :
Saya berniat shalat sunnat Istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala

Usai membaca niat sholat istikhoroh dengan penuh keyakinan, kita dapat melanjutkan shalat sebagaimana gerakan shalat lainnya. Setelah selesai melaksanakan shalat istikharah, kita bisa berdoa dan memohon kepada Allah agar Allah berikan jalan keluar atas kerisauan yang kita rasakan.

Bacaan Doa Setelah Shalat Istikharah

Sama seperti shalat lainnya, sesudah shalat, kita dianjutkan untuk berdoa kepada Allah SWT. Curahkan semua kebimbangan dan kerisauan kita kepada Allah. Perihal bacaan doa sholat istikhoroh langsung dapat petunjuk ini bermacam-macam. Bisa disesuaikan dengan permasalahan yang tengah dihadapi.

Akan tetapi, secara umum berikut adalah bacaan doa shalat istikharah yang dapat dibaca :

اَللهُمَّ اِنِّى اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَاَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَاَسْئَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ. فَاِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَآاَقْدِرُ وَلَآاَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللهُمَّ اِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَ……..خَيْرٌلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ فَاقْدُرْهُ لِىْ وَيَسِّرْهُ لِىْ ثُمَّ بَارِكْ لِىْ فِيْهِ وَاِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَ…………..شَرٌّلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ وَعَاقِبَةِ اَمْرِىْ وَعَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّىْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْلِى الْخَيْرَحَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِّنِىْ بِهِ.

Pada bagian yang rumpang (titik-titik) bisa dilengkapi dengan sesuatu hal yang membuat kita bimbang. Dapat diucapkan dengan bahasa Indonesia maupun lainnya, disesuaikan saja dengan kemampuan kita.

Artinya :
Wahai Allah, bahwasanya aku mohon pilihan olehMu dengan ilmu-Mu, dan mohon kepastian-Mu dengan kekuasaan-Mu, serta mohon kepada-Mu dari anugerah-Mu Yang Maha Agung, karena Engkaulah Dzat yang berkuasa. Sedang aku tiada kuasa, dan Engkaulah Dzat Yang Maha Mengetahui, sedang aku tiada mengetahui, dan Engkaulah Dzat yang mengetahui yang ghoib. Wahai Allah, jika adanya, Engkau ketahui bahwa urusan ini …….. adalah baik bagiku, untuk duniaku, akhiratku, penghidupanku, dan akibat urusanku untuk masa sekarang maupun besoknya. Maka kuasakanlah bagiku dan permudahkanlah untukku, kemudian berkahilah dalam urusan itu bagiku. Namun jikalau adanya, Engkau ketahui bahwa urusan itu ……… menjadi buruk bagiku, untuk duniaku, akhiratku, penghidupanku, dan akibatnya persoalanku pada masa sekarang maupun besoknya.
Maka hindarkanlah aku dari padanya, lalu tetapkanlah bagiku kepada kebaikan, bagaimanapun adanya kemudian ridhoilah aku dengan kebaikan itu.”

Baca Juga : Berikut ini Tuntunan Sholat Tahajud Lengkap, Waktu, Niat, Doa, Manfaat Tahajud

Itulah penjelasan singkat mengenai sholat istikhoroh langsung dapat petunjuk beserta doa yang dibaca setelah sholat istikhoroh. Semoga penjelasan di atas bermanfaat dan membantumu dalam mengatasi kebingungan.
Top