4 Manfaat Istimewa Sari Kurma, Dari Pengendali Nafsu Makan, Sampai Jadi Antibiotik

Komentar

Sari kurma via teknoboga.com

Tidak hanya buah kurma yang memiliki banyak manfaatnya, namun sari kurma juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Apa saja manfaatnya? Yuk simak penjelasannya disini.

Sari Kurma sangat efektif dan dianjurkan meningkatkan kadar trombosit bagi penderita demam berdarah secara pengobatan non kimiawi. Kurma merupakan buah ajaib yang banyak dikenali masyarakat meskipun tumbuhnya di daerah Timur Tengah. khasiat sari kurma juga sangatlah baik untuk kesehatan badan. Kurma kaya akan vitamin, mineral, dan serat.

Buah Kurma memiliki nama ilmiah yaitu dactylifera phoenix. Buah Kurma yang rasanya sangat manis ini banyak di jumpai pada hari puasa, ada beberapa khasiat dari sari kurma juga lho! Salah satunya baik untuk kesehtan lambung. Manfaat sari kurma juga baik untuk kesehatan dan tubuh serta dapat mencegah dan mengobati penyakit kronis maupun ringan. Dibawah inilah Khasiat atau Manfaat Sari Kurma Bagi Kesehatan Tubuh.

Manfaat Sari Kurma :

Dua nikmat ini seringkali dilalaikan oleh manusia termasuk pula hamba yang faqir ini. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ ، الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ

”Ada dua kenikmatan yang banyak manusia tertipu, yaitu nikmat sehat dan waktu senggang”. (HR. Bukhari no. 6412, dari Ibnu ‘Abbas)

Ibnu Baththol mengatakan, ”Seseorang tidaklah dikatakan memiliki waktu luang hingga badannya juga sehat. Barangsiapa yang memiliki dua nikmat ini (yaitu waktu senggang dan nikmat sehat), hendaklah ia bersemangat, jangan sampai ia tertipu dengan meninggalkan syukur pada Allah atas nikmat yang diberikan. Bersyukur adalah dengan melaksanakan setiap perintah dan menjauhi setiap larangan Allah. Barangsiapa yang luput dari syukur semacam ini, maka dialah yang tertipu.”

Ibnul Jauzi mengatakan, ”Terkadang manusia berada dalam kondisi sehat, namun ia tidak memiliki waktu luang karena sibuk dengan urusan dunianya. Dan terkadang pula seseorang memiliki waktu luang, namun ia dalam kondisi tidak sehat. Apabila terkumpul pada manusia waktu luang dan nikmat sehat, sungguh akan datang rasa malas dalam melakukan amalan ketaatan. Itulah manusia yang telah tertipu (terperdaya).”

Buah kurma yang lezat ini mengandung minyak, kalsium, sulfur, zat besi, potassium, fosfor, mangan, tembaga, dan magnesium yang bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa ahli kesehatan berkata bahwa mengkonsumsi satu buah kurma per hari diperlukan untuk pola makan yang seimbang dan sehat. Salah satu impian sehat sesorang adalah melalui kesehatan organ tubuh. Sistem tubuh yang paling bermasalah  bagi saya pribadi adalah pencernaan, hal ini terkait dengan asam lambung.

Kurma memiliki kandungan nutrisi yang pas untuk menjaga kondidi tubuh terutama lambung, hal ini terkhusus bagi mereka yang memang ingin menjaga kesehatan melalui puasa. Karena kandungan yang sangat komplek dari kurma itu sendiri membuat sarinya memiliki manfaat yang banyak pula . di antara kandungan dalam kurma adalah zat besi, sukrosa, kalium, glukosa, fruktosa, kalsium dan magnesium . selain kandungan tersebut, secara lebih rinci inilah alasan mengapa sari kurma sangat bermanfaat bagi lambung:

1. Mengendalikan nafsu makan

Cara menjaga kesehatan lambung adalah dengn menjaga pola makan. Hal ini sangat tepat diiringi dengan mengonsumsi sari buah kurma, karena selama pencernaan kita kosong kandungan glukosa dalam kurma mampu membri energi dengan cepat. Dengan itu anda akan merasa tetap kenyang karena seratnya.

2. Menetralkan sistem pencernaan

Kandungan buah kurma ternyata mampu merangsang enzim pencernaan dan mampu membuat lambung siap menerima makanan berat, sehingga ketika mengkonsumsi makanan lambung telah dikondisikan. Hal ini dapat meminimalisir resiko gejala ringan magh.

3. Mencegah penyakit susah BAB

Serat dalam buah kurma terbawa dalam sari jika dikonsumsi mampuu mengurangi resiko sembelit atau susah buang air besar. Hal ini dapat menjaga kesehatan tentunya.

4. Membunuh bakteri dengan baik

Seperti yang teah disebutkan diatas, kurma mengandung antibiotic. Dalam penelitian dengan kandungan antibiotic penisilin kurma mampu membantu infeksi akibat bakteri dalam pencernaan.


Manfaat sari kurma via antarherbal.com

Nah masih tentang organ pencernaan pula, ternyata kurma mampu mengatasi Gangguan Usus. Karena kandungan nikotin pada kurma bermanfaat dalam menyembuhkan gangguan usus. Dengan mengonsumsi buah kurma secara rutin membantu menghambat pertumbuhan organisme patologis dan membantu menstimulasi bakteri yang bermanfaat bagi tubuh pada usus.

Untuk masalah pencernaan, serta asam amino yang bermanfaat untuk menstimulasi pencernaan makanan dan membuat pencernaan lebih efisien, yang berarti lebih banyak nutrisi akan diserap oleh sistem pencernaan dan memasuki tubuh untuk penggunaan yang benar.

Tak hanya baik bagi pencernaan, selain 7 khasiat sari kurma di atas ada juga khasiat Sari Kurma untuk mencegah berbagai macam penyakit jika diminum secara rutin dan teratur Insya Allah di antaranya:
  1. Mencegah penyakit demam pilek atau batuk dan sariawan.
  2. Mencegah penyakit migrain.
  3. Mencegah penyakit liver.
  4. Mencegah penyakit asma perut kembung serta masuk angin.
  5. Mencegah penyakit ejakulasi dini untuk menambah gairah hubungan suami istri
  6. Mencegah penyakit panas dalam.
  7. Sebagai minuman suplemen penambah stamina.

Karena khasiat sari kurma adalah salah satu makanan manis dan multiguna yang dapat meregulasi proses pencernaan. Kurma dapat meningkatkan energi dalam waktu 30 menit bagi yang mengkonsumsinya.

Dari itu, mari menjalani rekomendasi dari American Cancer Society untuk mengkonsumsi asupan serat 20 hingga 35 gram per hari dengan mengkonsumsi kurma. Mengkonsumsi 1 buah kurma per hari juga dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan mata anda seumur hidup. Kurma dikenal cukup efektif melindungi mata dari rabun senja.

Subhanallah… sesungguhnya kepada Allah kita menggantungkan jiwa raga dan kesehatan keduanya, Namun berusaha dan berikhitiar adalah kewajiban kita buka. Mari bersunah dan memulai gaya hidup sehat. Semoga bisa membantu dan bermanfaat.
Top