4 Manfaat Daging Sapi Kurban Bagi Kesehatan Tubuh

Komentar

Daging sapi via sehatmagz.com

Selain lezat ternyata ini manfaat dari daging sapi kurban yang harus Anda tahu. Saat idul adha tiba disitulah banyak berbagai masakan dari daging kurban, baik daging sapi kurban maupun kambing kurban.

Daging sapi yang biasa digunakan sebagai hewan kurban di Indonesia juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain lezat, daging sapi kurban sendiri juga kaya akan manfaat yang sangat penting. Disini kami akan memberikan informasi mengenai manfaat daging kurban bagi muslim, tidak hanya sekedar ibadah namun juga untuk asupan gizi, terutama yang berasal dari manfaat daging sapi dan kambing.

Konsumsi protein yang berasal dari hewani seperti daging sapi, daging kerbau, daging kambing sangatlah penting jadi sumber protein karena salah satu kandungan gizi dalam daging sapi yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia adalah protein.

Baca Juga : Jelang Idul Adha 2018 Harga Sapi dan Harga Kambing Kurban Meningkat, Simak Harga Terbarunya

Dilihat dari kandungan gizinya, berikut manfaat daging sapi kurban. Namun, baik daging sapi atau pun kambing memiliki kadar kolesterol. Ada tradisi yang dilaksanakan bagi yang mampu yaitu melaksanakan penyembelihan hewan kurban berupa sapi, kerbau, kambing atau unta. Inilah manfaat dari daging sapi kurban bagi kesehatan tubuh.


Sapi kurban via campusnesia.co.id

Manfaat Daging Sapi Kurban Bagi Kesehatan Tubuh

1. Kandungan protein daging sapi itu sangat tinggi

Satu gizi utama yang banyak terdapat dalam daging hewan qurban terutama sapi adalah kandungan protein. Protein adalah zat yang penting bagi tubuh dan setidaknya harus terpenuhi setiap harinya. Protein membantu membentuk tubuh, tulang, dan massa otot.

Walau memang protein juga bisa didapatkan dari kandungan telur dan tempe maupun tahu, namun tetap jenis protein hewani yang terkandung dalam daging sapi qurban adalah jenis protein terbaik yang bisa diserap tubuh.

2. Zat besi pada daging sapi sangat tinggi

Secara umum, zat besi memiliki fungsi utama untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan sel dan mengangkut elektron di dalam proses pembentukan energi di dalam sel.

Zat besi pun berguna untuk menjadi benteng pertahanan dalam melawan penyakit karena zat besi memiliki fungsi menambal sistem kekebalan tubuh yang rusak. Nah, kandungan zat besi inilah yang banyak terkandung dalam daging sapi qurban.

3. Daging sapi pun mengandung vitamin

Tak selamanya vitamin itu hanya terdapat dalam sayuran dan buah-buahan. Ternyata daging sapi qurban punya zat vitamin B yang kaya dalam setiap potongan daging yang dicerna dalam tubuh. Vitamin B kompleks adalah jejeran vitamin B1, B2, B3, B6, B11, dan B12 yang punya banyak sekali fungsi.

Mulai dari menjaga keseimbangan air dalam tubuh, merangsang kinerja saraf mata, membentuk sel darah, hingga membantu proses pertumbuhan.

4. Daging sapi kurban nyata mengandung Omega 3 dan lemak

Sudah sekian lama, omega 3 yang juga terkandung pada daging ikan punya manfaat ajaib bagi tubuh. Omega 3 punya manfaat untuk membantu menjaga dan memelihara sistem saraf pusat dan membantu terjaganya fungsi jantung dan hati.

Selain itu daging sapi pun punya kandungan lemak yang cukup banyak. Lemak punya fungsi utama untuk menambah tenaga dan energi untuk menjalankan rutinitas sehari-hari.

Nah, itulah beberapa manfaat dari daging sapi kurban bagi kesehatan tubuh. Semoga bisa bermanfaat dan dapat membantu Anda.
Top