Asal Usul Rumah Adat Kalimantan Barat yang Unik

Penulis duwi Pebrianti | Ditayangkan 11 Aug 2018
Asal Usul Rumah Adat Kalimantan Barat yang Unik
Rumah adat via baabun.com

Setiap suku pasti mempunyai ciri khas sendiri kan, sama halnya dengan suku dayak di Kalimantan Barat. Suku ini memiliki rumah adat Kalimantan yang khas.

Rumah Adat Kalimantan Barat Khas Dayak bernama Rumah Adat Panjang, saat ini rumah panjang di Kalimantan Barat dapat dikatakan hampir punah karena jumlahnya yang sedikit. Rumah adat Kalimantan Barat ini juga mempunyai asal usul tersendiri.

Penjelasan Rumah Panjang rumah adat yang berasal dari suku Dayak Kalimantan Barat. Rumah Panjang merupakan ciri khas dari masyarakat Dayak KalBar. Rumah adat Kalimantan Barat ini menggambarkan keadaan sosial kehidupan dan juga merupakan pusat kehidupan dari masyarakat Dayak.

Simak penjelasan lengkap mengenai rumah adat Kalimantan Barat dibawah ini, mulai dari nama, gambar hingga asal usul, serta filosofinya.

Asal Usul Rumah Adat Kalimantan Barat yang Unik
Rumah suku dayak via terokaborneo.com

Suku Dayak adalah suku mayoritas yang tersebar di seluruh Pulau Kalimantan. Suku ini terbagi menjadi beberapa sub suku yng masing-masing mempunyai tanda khasnya sendiri-sendiri. Di antaranya tanda khas dari sub suku dayak di Kalimantan misalnya bisa kita lihat dari struktur rumah adatnya.

Rumah Adat Panjang yng menjadi Rumah Adat Kalimantan Barat misalnya. Berikut akan dijelaskan mengenai rumah istiadat yang telah di sebutkan, mulai dari struktur bangunan, pembagian ruang, dan filosofinya secara lengkap.

Ciri Khas Rumah Adat Kalimantan Barat atau Rumah Panjang

Asal Usul Rumah Adat Kalimantan Barat yang Unik
Rumah adat kalimantan via id.wikipedia.org

Dalam bahasa Dayak Kanayatn, Rumah Adat Kalimantan Barat disebut yang dengannya rumah Radakng ataupun rumah Panjang. Sesuai namanya, rumah istiadat ini adalah rumah panggung setinggi 5-8 meter dari permukaan tanah dan berbentuk persegi panjang yang dengannya panjang sampai-sampai 180 meter dan lebar sampai-sampai 30 meter.

Dibangunnya rumah istiadat Panjang dimaksudkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjaga keluarga dari serangan suku-suku lain, menghindari serangan binatang buas, dan menjdai tindakan antisipasi disaat terlaksana banjir akibat meluapnya sungai.

Rumah Panjang adalah gambaran istiadat istiadat dan sosial Suku Dayak yng terdapat di Kalimantan Barat. Material utama Rumah Adat Kalimantan Barat ini merupakan kayu. Rumah istiadat ini didiami satu keluarga inti dan beberapa keluarga lain-lainnya. Setiap keluarga menempati satu kamar.

Selain menjdai tempat tinggal beberapa keluarga, rumah Panjang pula dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk kegiatan bermasyarakat. Salah satunya menjdai tempat pertemuan-pertemuan masyarakat, upacara istiadat, dan ritual-ritual istiadat Suku Dayak.

Asal Usul Rumah Adat Kalimantan Barat yang Unik
Asal usul via japanesian.id

Konstruksi rumah

Rumah istiadat Kalimantan Barat mempunyai konstruksi bangunan yng unik. Ada 3 bagian utama dalam kontruksi rumah ini, yakni :
  1. Tangga : disebut pula hejot. Jumlah tangga haruslah ganjil, biasanya terdapat 3 tangga dalam 1 rumah, yakni di bagian depan rumah dan di bagian ujung kiri dan kanan rumah. Akan tetapi demikian hal ini masih bergantung yang dengannya ukuran rumah. Makin besar rumah, jumlah tangganya pula akan makin tidak sedikit.
  2. Badan rumah : rumah Panjang dibangun mempergunakan kayu Ulin yng kokoh dan bisa bertahan sampai-sampai ratusan tahun. Setiap ruangan disekat-sekat. Penyekatnya adalah dinding dari papan kayu.
  3. Lantai : lantai rumah umumnya terbuat dari bambu, belahan batang pinang ataupun kayu bulat sebesar pergelangan tangan.

Pembagian ruangan

Rumah istiadat Kalimantan Barat terbagi dalam beberapa bagian, yakni:
  1. Pante: teras rumah. Pante terdapat di depan rumah yang dengannya atap yng menjorok ke luar. Bagian ini berfungsi menjdai tempat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengadakan upacara istiadat, tempat menjemur padi dan pakaian.
  2. Samik: ruang tamu. Di ruangan ini terdapat satu pene, yakni meja berbentuk lingkaran yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk meletakkan hidangan era mendapatkan tamu.
  3. Ruang keluarga. Ruangan ini berukuran panjang 6 meter dan lebar 6 meter. Ruangan ini berbentuk persegi panjang dan terletah di bagian tengah rumah. Ruangan ini berfungsi menjdai tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan banyak sekali kegiatan bersama.
  4. Kamar tidur. Kamar tidur terdapat atau terletak di sepanajng rumah secara berjejeran. Kamar tidur orang tua berada di ujung peredaran sungai, lantas berderet sampai-sampai yng paling ujung hilir sungai. Bagian paling ujung hilir sungai Perlu didiami oleh anak bungsu.
  5. Bagian belakang rumah. Dipakai menjdai dapur dan tempat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyimpan hasil panen dan alat-alat pertanian. Dapur Perlu menghadap ke peredaran sungai. Hal ini dipercaya akan mendatangkan rezeki.

Asal Usul Rumah Adat Kalimantan Barat yang Unik
Filosofi rumah adat via sabah.edu.my

Filosofi Rumah Adat Kalimantan Barat

Sesuai yang dengannya bentuk dan peruntukannya, rumah istiadat Kalimantan Barat menggambarkan sifat kebersamaan dan toleransi antar setiap anggota keluarga.

Bagian hulu rumah Perlu searah yang dengannya matahari terbit, sedangkan bagian hilir rumah Perlu searah yang dengannya matahari terbenam. Hal yang telah di sebutkan melambangkan kerja keras dalam mengarungi ke hidupan, mulai dari matahari terbit sampai-sampai matahari terbenam.

Bagian depan rumah Suka dijumpai patung yng menyerupai kita-kita. Patung ini terbuat dari kayu Ulin yng dipakai dalam ritual mengantar arwah leluhur ke alam surga. Patung ini dipercaya bisa mengusir roh-roh jahat yng akan masuk ke dalam rumah.

Rumah istiadat Panjang yang dihuni oleh tidak sedikit keluarga memperlihatkan bahwasanya Suku Dayak mempunyai rasa kebersamaan dan toleransi yng tinggi dalam bermasyarakat. Hal ini berbeda sekali yang dengannya pendapat masyarakat di luar yng menyatakan bahwasanya Suku Dayak adalah suku yng keras dan kasar. Sesuai pemaparan Rumah Adat Kalimantan Barat di atas diharapkan bisa memperlihatkan sisi lain dari ke hidup-an Suku Dayak yng mementingkan keharmonisan dalam hubungan bermasyarakat. Mudah-mudahan berguna.

Demikian penjelasan mengenai rumah adat Kalimantan Barat ini, semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat.
SHARE ARTIKEL