Racikan Minuman Hebat yang Bisa Mengatasi Sakit Tenggorokan

Penulis Alif Hamdan | Ditayangkan 08 Aug 2018

Tenggorokan anda terasa sakit, ini dia racikan minuman yang bisa mengatasinya...

Sakit tenggorokan adalah salah satu kondisi kesehatan yang sering dialami banyak orang. Biasanya orang yang mengalami sakit tenggorokan akan mengalami rasa sakit di daerah tenggorokan, tepatnya di daerah laring, faring, dan kelenjar amandel. 

Kondisi ini akan membuat Anda merasa tidak nyaman karena tenggorokan terasa sakit atau panas, sehingga membuat Anda jadi kesulitan untuk menelan makanan.

Racikan Minuman Hebat yang Bisa Mengatasi Sakit Tenggorokan
Foto from food.detik.com

Rasa gatal dan sakit tenggorokan pasti sangat menganggu. Sebelum minum obat, coba redakan dengan minuman herbal alami ini.

Tenggorokan yang sakit dan gatal muncul sebagai respons kekebalan tubuh saat terinfeksi virus atau bakteri. Hal itu menyebabkan perangsangan dan pembengkakan selaput lendir di tenggorokan, yang biasa mengakibatkan rasa sakit, demikian lansir detik.com.

Faktor-faktor yang bisa menyebabkan sakit tenggorokan adalah flu biasa, flu, alergi, polutan, asap, kekeringan dan ketegangan otot karena berteriak atau berbicara keras.

Biasanya gejala dari sakit tenggorokan dan gatal berupa nyeri, kesulitan menelan, kelenjar bengkak, suara serak, dan amandel merah. Sakit tenggorokan dapat diobati dengan obat rumahan. Namun, jika terus belanjut selama lebih dari beberapa hari, disarankan untuk mencari bantuan medis.

Menurut Food NDTV (03/08) minuman herbal hangat bisa memberikan bantuan instan pada tenggorokan yang gatal seperti 5 minuman herbal ini.

Racikan Minuman Hebat yang Bisa Mengatasi Sakit Tenggorokan

Menurut buku 'The Complete Book of Ayurvedic Home Remedies' dari Dr. Vasant Lad, minum satu cangkir susu panas direbus dengan setengah sendok teh kunyit bubuk sangat membantu dalam memperbaiki kondisi.

Anda juga bisa menambahkan mentega yang akan meleleh dan melapisi tenggorokan Anda, juga membebaskan dari sakit tenggorokan.

Racikan Minuman Hebat yang Bisa Mengatasi Sakit Tenggorokan

Buku tersebut juga merekomendasikan jahe, kayu manis dan teh akar manis sebagai minuman herbal.

Cukup ambil dua cm jahe, dua cm kayu manis dan tiga akar manis. Tambahkan satu sendok teh campuran herbal ke gelas air selama sekitar lima hingga 10 menit, dan minum tiga kali sehari.

Racikan Minuman Hebat yang Bisa Mengatasi Sakit Tenggorokan

Jahe mengandung sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Anda cukup menambahkan jahe ke secangkir teh biasa.

Untuk hasil yang maksimal, tambahkan jahe parut ke air mendidih dan biarkan air menyerap semua nutrisi dari jahe. Tambahkan madu untuk membuatnya sedikit lebih enak dan bahkan lebih bermanfaat.

Racikan Minuman Hebat yang Bisa Mengatasi Sakit Tenggorokan

Teh peppermint mengandung senyawa anti peradangan dan dikenal sangat menenangkan untuk tenggorokan. Selain itu, juga bisa sedikit meredakan sakit tenggorokan sehingga menghilangkan rasa sakit dan rasa gatal.

Caranya tambahkan daun peppermint segar ke air mendidih selama sekitar 3 hingga 5 menit dan kemudian saring daunnya. Teh ini tidak hanya akan meredakan sakit tenggorokan , tetapi juga mengisi kembali energi tubuh.

Racikan Minuman Hebat yang Bisa Mengatasi Sakit Tenggorokan

Teh Chamomile telah lama digunakan untuk tujuan medis, karena memiliki sifat menyembuhkan. Hal ini diyakini bisa membuat tidur nyenyak dan menghindari batuk keras konstan di malam hari yang membuat Anda tidak nyaman.

Sifat Antibakteri dan Antivirus ini membantu melawan infeksi, mengurangi rasa sakit lebih lanjut. Buatlah teh chamomile dan minum setidaknya dua kali sehari untuk mendapatkan sedikit bantuan.

SHARE ARTIKEL