Hati-Hati! Inilah Faktor yang Menjadi Penyebab Maag Sering Kambuh

Komentar


penyebab maag via autoimuncare.com

Sakit maag (indigestion) adalah istilah yang menggambarkan nyeri yang berasal dari lambung, usus halus, atau bahkan kerongkongan akibat sejumlah kondisi. 

Kondisi perut yang kosong akibat pola makan yang tidak teratur dipercaya sebagai penyebab dari sakit maag ini. Namun bukan itu saja yang bisa menjadi penyebab maag. 

Penyakit maag banyak terjadi karena kesalahan dari pola makan. Nah, Berikut ini beberapa kondisi yang bisa menjadi penyebab maag.

Sakit maag, siapa yang tidak mengenal penyakit yang satu ini? Ya, penyakit yang bisa menyerang siapa saja ini pasti sudah tidak asing lagi ditelinga Anda.

Terutama bagi Anda yang memiliki kebiasaan makan tidak teratur. Tapi tahukah Anda apa saja penyebab maag ? Berikut 10 penyebab maag yang bisa Anda ketahui.

Sakit maag merupakan salah satu jenis penyakit yang terjadi akibat adanya peradangan atau iritasi pada lambung sehingga menimbulkan rasa sakit, nyeri bahkan seperti terbakar.

Kondisi perut yang kosong akibat pola makan yang tidak teratur dipercaya sebagai penyebab maag ini.

Namun bukan itu saja yang bisa menjadi penyebab maag . Sakit maag juga bisa terjadi karena penyebab lain. Apa sih yang menyebabkan sakit maag. Nah dibawah ini 10 Penyebab maag .

Baca Juga : Simak Ciri-ciri Maag Kronis yang Malah Sering Disepelekan Padahal Berbahaya!

10 penyebab sakit maag yaitu:

1. Bakteri Helicobacter pylori

Penyebab maag yang pertama adalah karena adanya bakteri bernama helicobacter pylori. Bakteri helicobacter pylori ini bisa menyebabkan peradangan atau iritasi pada lambung sehingga menyebabkan maag kronis yang jika tidak segera diobati akan semakin parah dan menjadi kanker lambung.

2. Makan tidak teratur 

Penyebab maag yang kedua adalah karena makan tidak teratur. Makan tidak teratur menyebabkan kekosongan pada jam-jam makan. Dimana pada saat itu lambung telah bersiap untuk mengeluarkan asam lambung guna melakukan pencernaan makanan.

Kekosongan yang terjadi dilambung menyebabkan asam lambung tersebut mengenai dinding-dinding lambung dan menyebabkan peradangan atau iritasi dan menjadi sakit maag.

3. Beban pikiran, stres dan gangguan emosional

gangguan emosi via popbela.com

Penyebab maag yang selanjutnya adalah adanya beban pikiran, stres maupun gangguan emosional.

Beban pikiran, stres maupun gangguan emosional memicu tubuh untuk memproduksi asam lambung secara berlebih. Produksi asam lambung yang berlebih inilah yang menyebabkan peradangan dan menyebabkan sakit maag.

4. Merokok dan mengkonsumsi alkohol

konsumsi alkohol via lifestyle.okezone.com

Penyebab maag yang berikutnya adalah merokok dan mengkonsumsi alkohol. Rokok dan alkohol tidak hanya buruk bagi kesehatan, namun juga memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan lambung, terutama menyebabkan sakit maag dan penyakit gangguan lambung lainnya.

5. Kelelahan, kurang tidur dan insomnia

kelelahan kurang tidur via hellosehat.com

Kelelahan, kurang tidur dan insomnia menjadi penyebab maag selanjutnya. Salah satu penyebab naiknya asam lambung adalah karena aktivitas yang padat. Kelelahan terjadi karena aktivitas yang padat sehingga dapat memicu naiknya produksi asam lambung.

Selain itu produksi asam lambung juga relative meningkat di malam hari. Itulah mengapa orang yang mengalami kurang tidur atau insomnia lebih beresiko terserang penyakit maag.

6. Mengkonsumsi obat-obatan berbahaya

konsumsi obat via lifestyle.okezone.com

Penyebab maag berikutnya adalah mengkonsumsi obat-obatan berbahaya. Obat-obatan berbahaya seperti narkotika dan obat-obatan terlarang lainnya mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh. Salah satunya berbahaya bagi kesehatan lambung serta dapat menyebabkan sakit maag.

7. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat meningkatkan produksi asam lambung

makanan pemicu asam lambung via harmoniherbal.com

Penyebab maag selanjutnya adalah karena mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat meningkatkan produksi asam lambung.

Makanan seperti makanan pedas, makanan asam, makanan berlemak, minuman berkafein dan berkarbon merupakan contoh makanan yang dapat meningkatkan produksi asam lambung yang harus Anda waspadai agar terhindar dari sakit maag.

8. Memakai pakaian yang terlalu ketat

Memakai pakaian terlalu ketat menjadi penyebab maag yang berikutnya. Menggunakan pakaian yang terlalu ketat, terutama dibagian perut dapat menyebabkan makanan terdorong naik dan menyebabkan sakit maag.

9. Makan dengan porsi yang banyak

Makan dengan porsi yang banyak menjadi penyebab maag yang selanjutnya. Makan dengan prosi yang banyak dapat memberikan tekanan pada lambung sehingga dapat menyebabkan makanan terdorong naik kembali ke kerongkongan.

10. Makan antara 2-3 jam sebelum tidur

Penyebab maag yang terakhir adalah makan antara 2-3 jam sebelum tidur. Makanan setidaknya memerlukan waktu sekitar 3-4 jam didalam perut untuk selanjutnya dicerna oleh lambung dan enzim-enzim lambung.

Itulah mengapa orang yang makan 2-3 jam sebelum tidur lebih beresiko terkena sakit maag.

Itulah 10 penyebab maag yang bisa Anda ketahui. Untuk menghindari dan mencegah sakit maag, Anda bisa menghindari penyebabnya seperti di atas. Namun jika Anda telah terkena sakit maag, selain menghindari 10 penyebab maag seperti di atas, agar sakit maag Anda tidak kambuh lagi, Anda juga bisa menggunakan terapi.
Top