8 Macam Penyakit Lambung yang Berbahaya Hingga Berujung Kematian

Komentar
penyakit lambung via annahamilton.me

Banyak orang yang meninggal karena penyakit lambung lho! Bahkan seorang Dr. Ryan Thamrin juga meninggal karena penyakit lambung. Kenali macam-macam penyakit lambung yang membahayakan nyawa manusia.

Lambung merupakan organ penting dalam perannya lambung menjadi proses kedua dalam memproses makan-makanan yang kita makan. Sayangnya, lambung kita sangat rentan terkena berbagai macam penyakit. Hal tersebut tidak lain karena makanan yang masuk ke dalam lambung kita.  Berikut ini berbagai jenis dan macam-macam penyakit lambung yang berbahaya dan sering membunih manusia.

Lambung merupakan organ penting dalam perannya lambung menjadi proses kedua dalam memproses makan-makanan yang kita makan. perannya sebagai sistem pencernaan rentan terhadap berbagai penyakit, dan penyakit tersebut didasarkan karena pola hidup yang kurang sehat dan pola makan kita yang kurang teratur.

Lambung itu sendiri memiliki fungsi sebagai alat pencernaan makan dan minuman yang masuk kedalam lambung kita dan mengubah menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Letak lambung terdapat pada bagian tubuh diantara daerah epigastrik dan sebagian sebelah kiri hipokhondriak dan umbilikal.

Makanan yang paling baru masuk berada paling dekat dengan lubang esofagus dan makanan yang sudah lama dilambung berada di dinding lambung. Kelenjar  yang terdapat pada lapisan mukosa dan menghasilkan cairan untuk pencernaan yaitu disebut getah lambung.

Karena lambung memiliki adalah organ vital yang sangat penting perannya, terdapat beberapa fungsi lambung, sebagai berikut:


  • Lemak yang masuk kelambung akan dicerna dan menjadi energi bagi tubuh.
  • Membekukan dan mengeluarkan kasein.
  • memproses dan mengubah protein menjadi peptone.
  • Semua makanan yang kita makan akan diproses menjadi cairan dan dicampurkan dengan asam hidroklorida. Jika semua itu telah dilakukan barulah usus siap untuk mencerna cairan yang datang dari lambung.

Baca Juga : Hati-Hati! Inilah Faktor yang Menjadi Penyebab Maag Sering Kambuh

Macam-Macam Penyakit Lambung Pada Manusia

1. Kanker lambung

Selanjutnya, Penyakit Lambung yakni kanker lambung. Kanker lambung adalah kanker yang berkembang di area lambung. Gejala awal kanker lambung adalah mulas, nyeri pada perut bagian atas, mual, dan kehilangan nafsu makan.

Gejala selanjutnya adalah penurunan berat badan, kulit kuning, muntah, kesulitan menelan, dan terdapat darah dalam tinja. Kanker dapat menyebar dari lambung ke bagian lain seperti hati,paru-paru, tulang, lapisan perut, dan kelenjar getah bening.

Penyebab utama kanker lambung adalah infeksi bakteri Helicobacter pylori. Penyebab lainnya adalah merokok.

2. Penyakit tukak lambung

Penyakit tukak lambung merupakan Macam-Macam Penyakit Lambung. Penyakit lambung ini disebabkan oleh karena adanya luka pada lambung dan ditandai dengan adanya sejenis lubang (erosi) di dalam beberapa bagian dari dalam saluran pencernaan.

Jenis yang paling umum yaitu tukak duodenum, yaitu suatu tanda yang terdapat pada usus duodenum yang kira-kira berjarak 12 inci dari organ lambung. Jenis tukak yang terdapat pada organ lambung tersebut yaitu disebut denga tukak gatrik atau tukak peptic (gastric ulcer)

3. Tumor lambung

tumor lambung dapat diketahui oleh pada penderita penyakit lambung dengan adanya bintil-bintil di daerah lambung. Bintil-bintil pada lambung tersebut akan berkembang, bisa tergolong tumor jinak jika perkembangannya lamban dan bisa juga tergolong tumor ganas jika perkembangannya sangat cepat.

4. Gerd (gastro-esophageal reflux disease)

GERD adalah kerusakan kronis pada mukosa lambung yang disebabkan oleh asam lambung yang terus mengikis dinding lambung. Banyak orang yang mengira penyakit lambung ini mirip maag.

Namun ada beberapa gejala khusus antara lain sakit saat menelan, rasa asam di mulut, sering bersendawa, dan sering terserang radang tenggorokan. Penyebab penyakit lambung ini adalah kecemasan,

5. Infeksi lambung

Munculnya infeksi pada lambung merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh kuman dan bakteri helicobacter pylori, bakter dan kuman ini dapat tumbuh dan berkembang disekitar permukaan dinding lambung.

Seseorang yangterinfeksi dapat ditandai dengan gejala seperti rasa nyeri dan panas disekitar lambung dengan jangka waktu yang cukup lama dan jika dibiarkan saja dapat menyebabkan luka atau lecet dan bahkan dapat dapat mengalami pendarahan pada dinding lambung itu sendri.

6. Dispepsia

Dispepsia adalah gangguan pencernaan yang ditandai dengan nyeri dan perih di bagian atas perut serta perut terasa penuh padahal belum makan. Terkadang disertai dengan perut kembung, bersendawa, mual, dan maag. Dispepsia sering terjadi pada penderita GERD dan gastritis.

7. Maag

Penyakit maag adalah salah satu jenis penyakit lambung yang paling sering dialami oleh hampir semua orang. Penyakit lambung ini terjadi ketika adanya luka atau peradangan di daerah lambung. Peradangan pada lambung ini kemudian menyebabkan penderitanya mengalami perih atau panas bagian di tengah lambung.

Sampai tahun ini, data penderita penyakit maag di Indonesia menurut WHO pada tahun 2012, angka kejadian gastritis atau maag mencapai 40,8 persen. Yang harus Anda ketahui ialah bahwa penyakit maag yang sudah parah dikategorikan sebagai penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan kematian.

8. Penyakit gastritis

Gastritis adalah peradangan pada dinding lambung atau mukosa lambung. Ini bukanlah penyakit, namun sebuah kondisi yang disebabkan oleh beragam faktor yang berbeda, seperti konsumsi alkohol berlebihan, stres, muntah-muntah yang kronis, atau obat-obatan tertentu. Didasarkan pada manifestasi klinis, gastritis dapat dibagi menjadi akut dan kronik.

Pada sebagian penderita gastritis, gejala bisa muncul dan berupa rasa nyeri atau ngilu pada perut bagian atas, mual, muntah, serta kehilangan nafsu makan.

Dan pada kasus gastritis yang terbilang parah, yaitu akibat terjadinya pengikisan dan pendarahan pada lapisan lambung. Gejala yang timbul bisa berupa tinja berwarna merah atau hitam dan muntah darah.

Itulah beberapa jenis dan macam-macam penyakit lambung pada manusia. Jika terjadi pada diri Anda segera periksakan dan lakukan pengobatan secara teratur sebelum penyakit lambung menjadi lebih parah dan kronis.
Top