Penyebab, Gejala dan Cara Tepat Mengobati Penyakit Asam Lambung

Komentar
penyakit asam lambung via medium.com

Penyakit maag dan asam lambung 'akrab' dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Penyakit asam lambung ini merupakan kondisi yang di tandai dengan nyeri ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat pola hidup yang buruk. 

Jika Anda sering sakit lambung lebih dari dua kali seminggu, ini mungkin tandanya Anda punya GERD. Asam lambung terjadi karena salah makan dan kelelahan fisik. Saat terkena penyakit asam lambung, kita perlu mengatur pola makan sebaik mungkin. Yuk kenali selengkapnya tentang penyakit asam lambung.

Asam lambung adalah zat asam yang ada di dalam lambung. Masuk kedalam golongan asam hidroklorat (HCl), zat ini berfungsi untuk membantu lambung dalam menghancurkan makanan menjadi lebih lunak dan ukuran yang kecil. Sehingga dapat diproses oleh tubuh menjadi energi, ini disebut proses metabolisme.

Asam lambung, adalah zat yang penting, tetapi bila intensitasnya tinggi, selanjutnya malahan dapat memicu masalah kesehatan antara lain, maag, maag kronis, hingga masalah yang lebih serius seperti tukak lambung.

Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju esofagus.

Esofagus yang juga dikenal sebagai kerongkongan adalah bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung. Penyakit asam lambung merupakan masalah kesehatan yang cukup umum terjadi di masyarakat.

Ini adalah faktor risiko umum lainnya untuk penyakit asam lambung tinggi:
  • Makan makanan besar atau berbaring setelah makan
  • Kelebihan berat badan atau obesitas
  • Makan makanan berat dan berbaring telentang atau membungkuk di pinggang
  • Ngemil dekat dengan waktu tidur
  • Makan makanan tertentu, seperti jeruk, tomat, cokelat, mint, bawang putih, bawang, atau makanan pedas atau berlemak
  • Minum minuman tertentu, seperti alkohol, minuman berkarbonasi, kopi, atau teh
  • Merokok
  • Hamil
  • Mengonsumsi aspirin, ibuprofen, otot relaxers tertentu, atau obat tekanan darah

Baca Juga : Begini Cara Mengatasi Asam Lambung Agar Tidak Pernah Kambuh Lagi

Gejala Penyakit Asam Lambung Naik

Gejala penyakit asam lambung naik secara umum adalah:
  • Kekenyangan sakit terbakar atau ketidaknyamanan yang mungkin bergerak dari perut Anda ke perut atau dada, atau bahkan sampai ke tenggorokan Anda.
  • Regurgitasi: Membantu asam atau asam pahit ke tenggorokan atau mulut.

Apabila terjadi peningkatan asam lambung yang memiliki sifat asam yang korosif atau mengikis pada dinding lambung maka lama-kelamaan akan membuat terjadinya peradangan, iritasi, dan luka pada dinding lambung.

Dan apabila kondisi lambung tersebut tidak dipulihkan, maka lama-kelamaan akan membuat penyakit asam lambung menjadi kronis dan bahkan dapat menyebabkan kanker lambung atau kanker pencernaan.

Pengobatan Penyakit Asam Lambung atau GERD

Pengobatan penyakit asam lambung memiliki tahapan. Cara awal yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan mengganti menu makanan, yaitu beralih ke makanan-makanan yang rendah lemak, tidak terlalu asin, maupun terlalu pedas.

Tapi ketika perubahan menu makanan tidak berhasil, obat-obatan akan digunakan untuk meredakan gejala yang dirasakan. Bagi penderita yang mengalami penyakit asam lambung secara kambuhan, dokter kemungkinan akan meresepkan obat untuk jangka panjang.

Jika langkah-langkah pengobatan di atas masih belum berhasil mengatasi GERD, prosedur operasi kemungkinan akan dipertimbangkan dan disarankan oleh dokter.

Kebanyakan penyebab utama asam lambung, ditengarai karena gaya hidup. Perubahan gaya hidup bahkan mengurangi ketegangan dan stres bisa dijadikan acuan untuk menyembuhkan penyakit asam lambung yang terjadi. Berikut ini adalah hal sederhana namun efektif untuk mengatasi kondisi asam lambung.
  • Tidur 8 jam sehari di waktu malam
  • Mengurangi konsumsi makanan pedas
  • Menghentikan atau menghindari minuman beralkohol, juga kebiasaan merokok
  • Jenis minuman dengan kandungan kafein, seperti teh, kopi juga minuman jenis cola yang berkarbonasi
  • Mengatur pola makan, sebaiknya 3 kali sehari dengan porsi cukup dan berimbang serta waktu yang teratur
  • Menjauhi penyebab stress

Bila sudah terlanjur terkena, dan memasuki intentsitas yang parah. Biasanya penderita sangat disarankan untuk menemui dokter. Selanjutnya dokter akan memberikan resep obat-obatan yang berfungsi untuk menurunkan asam lambung yang tinggi.

Penyakit asam lambung tidak hanya terjadi pada orang dewasa, tetapi juga bisa menyerang anak-anak dan juga ibu hamil.

Jika penyakit asam lambung sudah mulai menyerang mau tidak mau anda harus bisa memilih dalam mengonsumsi makanan yang diperbolehkan dan yang jadi pantangannya serta menjauhi penyebab asam lambung seperti merokok.

Segeralah melakukan pengobatan agar tidak menjadi penyakit yang lebih parah lagi seperti kanker lambung.
Top