Cara Mudah Mencari Penunjuk Arah Kiblat Saat Kita Bingung Arah

Komentar

penunjuk arah kiblat via nu.or.id

Cara menentukan arah kiblat dari berbagai macam metode. Namun, Cara menentukan arah kiblat tentunya tidak bisa sembarangan. Beberapa cara untuk menentukan arah kiblat bisa anda lihat di artikel ini. Artikel ini kami buat hanya sebatas informasi untuk pertimbangan dan tidak bersifat mutlak.

Mendengar kata kiblat, pasti setiap umat islam selalu menunjuk dan menghadap arah barat ketika mendirikan sholat, mereka beranggapan kalau Ka’bah berada di Mekkah arab Saudi, yang letaknya berada di asia barat.

Tak heran ketika semua orang selalu beranggapan kiblat berada di arah barat. Padahal letak ka’bah secara geografis tidak tepat berada di arah barat. Maka pernah dilakukan penetapan arah kiblat.

Penetapan arah kiblat ini sempat menjadi polemik di Indonesia. Karena menghadap kiblat merupakan syarat sah nya mendirikan sholat bagi umat islam, baik sholat wajib maupun sholat sunnah.

Banyak dilakukan cara menentukan arah kiblat yang dilakukan sejumlah matematikawan dan astronom Muslim dalam kurun waktu 1000 tahun terakhir.

Baca Juga : Keluar Banyak Cairan Saat Keputihan Apa Boleh Sholat? Simak Penjelasanya

Pengertian Kiblat

Menurut pengertiannya, Kiblat berasal dari  bahasa Arab Qiblah yang berarti arah yang dituju saat seorang muslim mendirikan Ibadah sholat.(Wikipedia Indonesia)

Kiblat atau qiblah merupakan salah satu hal terpenting bagi umat Islam di dunia. Keneradaannya pun harus tepat.

Karena merupakan titik tuju dimana seorang muslim melaksanakan sholat. Dan kiblat ini merupakan salah satu syarat sah nya sholat.

Bagi muslim di Indonesia, kiblat mereka yakini biasanya ada di arah barat, mengapa demikian? Karena sudah menjadi cara turun temurun bahwa kiblat berada di daerah barat/asia barat.

Karena mereka tidak tahu secara pasti dimana arah kiblat itu terletak. Hanya mengandalkan Matahari terbenam dan kata orang tua zaman dulu yang belum pasti kebenarannya.

Maka beberapa waktu dulu, penunjuk arah kiblat ini selalu menjadi pro dan kontra.

Ada yang berpendapat bahwa arah kiblat bukan di barat, namun letak keberadaan masjid janganlah dirubah, melainkan yang di rubah hanya penataan garis shof nya.

Ada juga yang berpendapat biarkan apa adanya, karena kita sholat yang penting hati kita tetap tertuju pada Allah Azza Wa Jalla.

Karena sebagian orang ini berpendapat, buat apa berselisih paham, daripada berselisih paham mari kita benarkan sholat kita terlebih dahulu.

Yaa.. namanya pro dan kontra yaa…

Cara Mudah Penunjuk Arah Kiblat di Rumah

1. Penunjuk Arah Kiblat dengan memanfaatkan posisi matahari

Jika anda sudah mengetahui arah posisi rumah anda terhadap arah Ka’bah, maka anda akan lebih mudah dalam memastikan arah ka’bah dengan melihat arah pergerakan matahari terhadap bumi.

2. Penunjuk Arah Kiblat dengan mengubah jam matahari

Orang zaman dahulu biasanya menggunakan cara ini dalam mencari dan menentukan arah Ka’bah.

Beberapa waktu yang dianggap istimewa mengenai jam matahari adalah pada saat matahari berada tepat di atas Ka’bah atau berada tepat di bawah Ka’bah. Penjelasannya dapat anda lihat di situs kami.

3. Penunjuk Arah Kiblat dengan menggunakan jam tangan

Sebuah inovasi baru, kini telah diluncurkan jam tangan yang dilengkapi dengan penunjuk arah ka’bah. Cara penggunaannya  pun sangat mudah.

Anda tinggal memposisikan jam tangan secara horizontal maka secara otomatis anda akan diberitahukan kemana arah ka’bah di manapun anda berada.

4. Penunjuk Arah Kiblat dengan menggunakan kompas

Cara ini merupakan cara tertua namun masih sangat ampuh. Hanya saja anda harus memiliki kemampuan untuk membaca arah dengan menggunakan kompas.

Selain harganya sangat terjangkau, penggunaan kompas ini bisa menjadi multi fungsi.

5. Penunjuk Arah Kiblat dengan menggunakan aplikasi pencari arah Ka’bah

Di era modern ini, banyak pengembang aplikasi melakukan perluasan demi membantu manusia untuk menyelesaikan segala permasalahan yang ada. Salah satu karya tersebut adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk menentukan arah Ka’bah.

Aplikasi semacam ini dapat anda temukan pada pengembang aplikasi yang banyak tersedia di internet. Cara penggunaannya pun sangat mudah, anda hanya perlu mengunduh kemudian menginstallnya pada perangkat gadget anda.

6. Penunjuk Arah Kiblat dengan memanfaatkan pohon

Bagi anda yang memiliki rumah dengan terdapat banyak pepohonan di sekitarnya, maka cobalah anda mencari pohon yang memiliki batang besar. Perhatikan setiap sisi batang pohon, pada bagian batang pohon yang terkena sinar matahari tidak akan berlumut.

Ini dapat anda jadikan sebagai penentu arah timur/barat. Jika pada malam hari biasanya bagian batang pohon yang terasa hangat akan menunjukan arah barat, anda tinggal memposisikan bergeser ke sebelah kiri kurang lebih 22 derajat.

7. Penunjuk Arah Kiblat dengan menggunakan rasi bintang orion

Nenek moyang kita sebagai pelaut selalu menggunakan rasi bintang sebagai petunjuk arah kapal mereka. Salah satu rasi bintang yang dapat dijadikan sebagai pedoman untuk menentukan arah barat adalah rasi bintang orion.

Cara ini bisa anda lakukan terlebih lagi jika anda tidak memilki kompas dan peralatan canggih lainnya untuk menentukan arah. Rasi bintang orion ini akan menunjukan arah barat. Caranya adalah carilah 3 buah bintang dengan cahaya yang terang.

Jika dipakukan, ketiganya akan membentuk seperti ekor kalajengking. Arah ekornya ini selalu menunjukan arah barat. Setelah itu anda cukup menggeser posisi anda menghadap kea rah sebelah kiri kira-kira 22 derajat.

Nah itulah beberapa cara yang digunakan untuk penunjuk arah kiblat di rumah anda dengan cepat, mudah, murah dan tepat. Setelah arah tersebut anda dapatkan, agar posisinya tidak berubah maka anda beri tanda penunjuk arah.

Agar tandanya tidak mudah rusak, maka anda buat tanda tersebut dari bahan akrilik. Jika anda tidak ingin repot dalam pembuatan tanda yang bagus dan berkualitas, kami sebagai penyedia rambu dan tanda siap untuk membantu anda.

Anda cukup memesan dengan menghubungi kontak yang telah kami sediakan di situs kami ini. Akhir kata semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Top