Pengertian Iman Kepada Malaikat Lengkap

Komentar

pengertian iman kepada malaikat  via youtube.com

Pengertian iman kepada malaikat adalah salah satu pengertian yang harus diketahui dan dipahami oleh umat islam. Ingin mempelajari iman kepada malaikat? Artikel berikut ini membahas pengertian iman kepada malaikat.

Iman kepada malaikat artinya percaya bahwa malaikat adalah makhluk ghaib, yang asal kejadiannya dari nur (cahaya). Malaikat adalah kekuatan-kekuatan yang patuh pada ketentuan dan perintah Allah.

Malaikat adalah salah satu makhluk ciptaan Allah yang bersifat gaib, yang diciptakan dari nur (cahaya), mereka selalu taat, tunduk, patuh kepada Allah, tidak pernah ingkar janji dan tidak membutuhkan makan dan minum. Malaikat menghabiskan waktu siang dan malam untuk mengabdi hanya untuk kepada Allah SWT.

Malaikat diciptakan oleh Allah SWT memiliki tujuan dan tugas tertentu. Malaikat ini merupakan makhluk gaib yang memiliki sifat dan ciri-ciri berbeda dengan manusia. Malaikat adalah makhluk yang tidak berwujud, tidak dapat disentuh, dilihat dan didengar.

Pengertian Iman kepada Malaikat Allah adalah meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah SWT telah menciptakan Malaikat sebagai makhluk gaib yang telah diutus untuk melaksanakan segalah perintah-Nya. Manusia yang mengimaninya akan selalu berhati-hati dan menjaga dirinya dalam berkata-kata dan berbuat sesuatu dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian iman kepada malaikat adalah salah satu pengertian yang harus diketahui dan dipahami oleh umat islam.

Sebelum lebih jauh memahami apa itu pengertian iman kepada malaikat ,perlu diketahui lebih dulu apa itu iman. Iman menurut bahasa artinya “tashdiq atau membenarkan”.

Sementara menurut istilah, iman artinya “keyakinan dalam hati, perkataan secara lisan, amalan dengan anggota badan, bertambah dengan melakukan ketaatan dan berkurang dengan maksiat”.

Lalu, apa pengertian iman kepada malaikat? Pengertia iman kepada malaikat artinya meyakini dengan sepenuh hati dan mengatakan dengan lisan bahwa adanya malaikat ciptaan Allah SWT, dimana para malaikat tunduk dan patuh kepada perintah-Nya dalam mengurus alam semesta.

Kemudian dengan keyakinan tersebut maka seseorang yang beriman akan mengamalkan dengan anggota tubuh atau tindakan. Ada 10 malaikat yang Allah ciptakan dengan tugasnya masing-masing.

Ketahui juga masing-masing tugas malaikat tersebut dan dalil iman kepada malaikat yang menunjukannya. Mencermati tentang pengertian iman kepada malaikat, maka kita akan tahu dan paham bahwa belumlah sempurna keimanan seseorang jika hanya meyakini saja tanpa mengamalkan.

Baca Juga : Muslim Harus Tahu, Ini Perbedaan Malaikat Jin dan Manusia

Dalil Naqli Iman Kepada Malaikat Allah

Allah menjelaskan tentang hakikat malaikat dalam Al-Qur’an dan Hadis. Malaikat yang diciptakan dari cahaya (nur), berbadan halus (gaib), dan sifatnya sangat patuh melaksanakan perintah Allah serta menjelma menjadi manusia atas izin Allah.

QS An Nahl (16) ayat 49 :

وَلِلَّهِ يَسْجُدُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مِنْ دَابَّةٍ وَالْمَلَائِكَةُ وَهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُونَ

Artinya : Dan kepada Allah sajalah bersujud segala apa yang berada di langit dan semua makhluk yang melata di bumi dan (juga) para ma]aikat, sedang mereka (malaikat) tidak menyombongkan diri.

QS AL Baqarah (2) ayat 30 :

وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيفَةً ۖ قَالُوا أَتَجْعَلُ فِيهَا مَنْ يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ

وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ ۖ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُونَ

Artinya : Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi”. Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui”.

QS Al Isra’ (17) ayat 61 :

وَإِذْ قُلْنَا لِلْمَلَائِكَةِ اسْجُدُوا لِآدَمَ فَسَجَدُوا إِلَّا إِبْلِيسَ قَالَ أَأَسْجُدُ لِمَنْ خَلَقْتَ طِينًا

Artinya : Dan (ingatlah), tatkala Kami berfirman kepada para malaikat: “Sujudlah kamu semua kepada Adam”, lalu mereka sujud kecuali iblis. Dia berkata: “Apakah aku akan sujud kepada orang yang Engkau ciptakan dari tanah?”

Hikmah Iman Kepada Malaikat

Kewajiban beriman kepada Malaikat ini memiliki beberapa hikmah yang sangat berguna bagi kehidupan manusia. Di antara hikmahi tersebut adalah :

a. Meningkatkan keimanan manusia kepada Allah, mengingat Malaikat merupakan salah satu ciptaan-Nya

b. Membentuk jiwa seorang muslim yang benar-benar bertakwa kepada Allah, karena iman kepada Allah dan iman kepada Malaikat merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan

c. Mendorong manusia untuk senantiasa bertindak hati-hati, karena dia menyadari bahwa setiap perbuatannya selalu diawasi oleh para Malaikat

d. Mendorong manusia untuk selalu meningkatkan amal baik, karena manusia menyadari bahwa sekecil apapun tindakan baiknya akan dicatat oleh Malaikat

e. Menghindarkan diri manusia dari perbuatan tercela yang akan menurunkan martabat dan derajat dari manusia itu sendiri

Perilaku Beriman Kepada Malaikat

Sebagai muslim yang memiliki iman kepada Malaikat, seseorang akan menunjukkan beberapa perilaku yang mengindikasikan dari rasa keimanannya itu sendiri. Di antara tanda-tanda perilaku dari orang yang beriman kepada Malaikat antara lain :
  • Bertindak hati-hati dalam berperilaku keseharian
  • Memiliki kepedulian social dalam hidup dengan masyarakat sekitar
  • Perilaku yang ditampilkan mampu menjadi suri tauladan bagi lingkungann
  • Selalu berusaha untuk memperbaiki diri sendiri dari waktu ke waktu
  • Berpikiran positif terhadap berbagai kejadian yang terjadi sekitarnya

Dengan beriman kepada malaikat, kita akan memiliki perilaku-perilaku yang positif bagi diri kita juga orang-orang di sekitar kita. Dari sanalah hikmah bisa kita dapatkan. Selain pengertian iman kepada malaikat, pengertian dari rukun iman lainnya juga harus diketahui, dipahami, dan diamalkan.

Kita harus selalu mengingat bahwa selalu belajar adalah salah satu wujud perilaku keimanan umat islam.

Demikian pembahasan kita kali ini tentang materi iman kepada malaikat allah lengkap. Semoga kita selalu diberi kemudahan untuk melakukan kebajikan. Sampai jumpa dan ketemu lagi di lain artikel.
Top