Cara Pengaduan PLN yang Mudah dan Lebih Cepat

Komentar

pengaduan pln via youtube.com

Masalah listrik seringkali menjadi topik dalam masyarakat. Padahal, PLN selalu berusaha memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. Lantas, bagaimana caranya agar kita mudah melakukan pengaduan PLN?

Mayoritas masyarakat Indonesia menggunakan listrik resmi dari PLN. PLN merupakan sebuah Badan Usaha Milik Negara yang mengelola segala aspek kelistrikan di nusantara.

Dalam kehidupan sehari-hari, tak jarang kita mengalami gangguan atau hal-hal yang tidak diinginkan terkait pemakaian listrik. Contoh kasus yang pernah jadi berita hangat adalah seringnya mati listrik disuatu daerah (sehari bisa sampai beberapa kali), masalah mati listrik mendadak di rumah, dan sebagainya.

Kehidupan kita sangat bergantung pada listrik. Bila terjadi masalah sedikit saja terkait listrik, maka dapat mengganggu kelancaran pekerjaan atau kegiatan sehari-hari.

Bingung mau ngapain saat terjadi gangguan listrik? Sebaiknya tenangkan diri dan jangan panik. Kini, Anda dapat melakukan pengaduan PLN melalui sistem online lho. Cara pengaduan PLN Online pun sangat mudah. Penasaran? Simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Pengaduan PLN Online

ilustrasi pengaduan pln via bandung.merdeka.com

Melakukan pengaduan PLN terkait masalah listrik yang Anda alami, sekarang tidak perlu repot datang ke kantor PLN langsung. Mungkin bagi Anda yang memiliki banyak waktu luang, dapat melakukan hal tersebut. Akan tetapi untuk Anda yang sibuk dengan pekerjaan, rasanya kurang praktis dan sedikit merepotkan.

Anda bisa melakukan pengaduan PLN lewat website. Caranya, pilihlah menu kontak mereka di kanan atas. Isi formulir dengan lengkap dan benar kemudian ajukan, maka pengaduan Anda akan segera diproses.

Selain melalui website, PLN juga membuka akses lewat media sosial seperti Facebook dengan nama PLN 123, Twitter di @pln_123, serta email ke alamat pln123@pln.co.id. Perlu diketahui bahwa layanan kontak PLN 123 memberikan pelayanan 24 jam setiap hari.

Dengan adanya kontak PLN pusat bermanfaat untuk menumpas korupsi dan pungutan biaya tambahan oleh petugas, hingga percaloan. Kontak PLN pusat 123 ternyata tidak hanya menampung informasi keluhan atau pengaduan pelanggan saja. Layanan lain yang disediakan, antara lain adalah pengurusan keperluan daya listrik seperti ingin pasang baru dan mengatasi bermacam gangguan listrik. Sementara untuk aplikasi pelayanan PLN yang sudah terpusat yaitu Aplikasi Pengaduan dan Keluhan Pelanggan (APKT) serta Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T).

Cara Pengaduan PLN lewat telepon

Saat listrik bermasalah di waktu yang kurang tepat, misalnya malam hari, tentu tidak mungkin lagi untuk menunggu lama. Kasus seperti ini biasanya membutuhkan penanganan yang cepat.

Ketika ada pada situasi tersebut, Anda dapat melakukan pengaduan PLN lewat telepon dengan nomor pengaduan PLN 123. Menurut pengalaman beberapa orang, bila Anda melakukan panggilan lewat ponsel maka Anda harus menyertakan kode area lebih dahulu supaya bisa tersambung dengan operator.

Jadi formatnya adalah kode area+123, barulah dapat terhubung dengan PLN. Ikuti saja petunjuk dari operatornya dan Anda dapat langsung mengajukan keluhan atau pengaduan mengenai permasalahan listrik yang terjadi di rumah.

Jenis-jenis Gangguan Listrik

ilustrasi ganngun listrik via nusabali.com

Ada banyak jenis gangguan listrik yang sering terjadi. Kita berkenalan dengan bermacam gangguan listrik, supaya tahu masalah yang terjadi dengan listrik yang ada di tempat tinggal kita, yuk!

1. Power Failure

Gangguan listrik yang pertama adalah power failure. Ini masalah yang kerap kali terjadi. Power failure adalah kondisi matinya sumber listrik pusat (utama).Gangguan tersebut umumnya dikenal dengan mati lampu atau mati listrik.

Nah, apabila ada perlengkapan elektronik di rumah Anda yang tengah beroperasi saat terjadi mati listrik, gangguan yang satu ini dapat berdampak pada kerusakan alat-alat elektronik. Beberapa sebab listrik mati adalah pemadaman bergilir, beban berlebih, hubungan arus pendek.

2. Power Surge

Power surge atau spike terjadi jika tiba-tiba voltase naik melebihi angka 100% dalam waktu singkat. Penyebab terjadinya spike kemungkinan adalah petir yang menyambar serta kita mematikan perlengkapan listrik yang bebannya cukup berat. Terjadinya power surge juga berdampak pada kerusakan peralatan listrik.

3. Power SAG

Power SAG terjadi ketika voltase turun tiba-tiba. Dari yang mulanya 220 volt, bisa turun hingga 80%. Terjadinya power SAG juga dapat membuat peralatan listrik rusak, lho. Penyebab gangguan ini yaitu pengoperasian alat elektronik yang mempunyai daya agak besar atau di atas daya listrik rumah kita.

4. Over Voltage

Over voltage adalah kondisi tegangan listrik yang melewati batasan normal dalam kurun waktu cukup lama dan kerap terjadi (bisa setiap hari). Keadaan over voltage membuat alat elektronik jadi panas dan komputer lekas rusak, hingga menghilangkan data yang ada.

5. Under Voltage

Keadaan lawan dari over voltage. Under voltage yang dikenal juga dengan brown out ini adalah keadaan berkurangnya tegangan listrik yang terjadi bisa hanya beberapa menit hingga berhari-hari. Kondisi ini pun membuat alat elektronik lekas rusak.

6. Frequency Variation

Frequency variation adalah keadaan frekuensi listrik yang naik turun atau tak stabil dan berdampak pada kerusakan alat elektronik.

7. Electrical Line Noise

Electrical line noise adalah gangguan gelombang listrik yang disebabkan oleh frekuensi radio, sambaran petir, atau instalasi listrik kurang baik.

8. Switching Transient

Switching transient adalah turunnya voltase dalam kurun waktu sangat cepat (hanya beberapa nano detik saja), lebih cepat dari kasus spike.

Cara pengaduan PLN online tidaklah rumit karena akses komunikasi bisa melalui website PLN atau media sosial. Mulai sekarang gak usah takut ataupun khawatir ya, langsung saja lakukan pengaduan PLN sesuai cara di atas.

Baca Juga : Pasti Tagihan Irit! Berikut ini Cara Menghemat Listrik yang Efektif

Demikian informasi mengaenai cara pengaduan PLN secara online dan jenis-jenis gangguan listrik. Semoga informasi di atas bermanfaat, khususnya bagi Anda yang hendak melakukan pengaduan PLN secara cepat dan mudah.
Top