Peluang Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga

Komentar

peluang usaha sampingan via reminetwork.com

Usaha sampingan memiliki manfaat banyak. Selain untuk menambah penghasilan bisa untuk mengisi waktu luang. Untung yang didapatkan dari usaha sampingan pun juga lumayan besar. Simak peluang usaha sampingan bermodal kecil berikut ini!

Bagi kalian yang ingin memiliki penghasilan lebih, usaha sampingan adalah jawabannya. Peluang usaha yang ada di sekitar kita dengan modal yang terjangkau yang bisa dijadikan kerja sampingan oleh karyawan ataupun ibu rumah tangga.

Tak heran bila banyak orang yang melirik peluang bisnis sampingan untuk menambah pundi-pundi tabungan.

Memiliki usaha sampingan bukan hanya bermanfaat untuk menambah penghasilah namun juga untuk mengisi waktu kosong yang terbuag sia-sia. Ada banyak jenis peluang usaha sampingan yang bisa ditekuni.

Apakah Anda adalah salah satu karyawan tetap di sebuah perusahaan dan ingin memiliki penghasilan lebih? Usaha sampingan merupakan jalan keluarnya. Usaha sampingan merupakan pilihan bebas untuk karyawan dan perusahaan tidak melarangnya, selama tidak bertentangan dengan peraturan atau bisnis dari perusahaan.

Kendala yang selalu menjadi alasan utama mengapa banyak karyawan tidak memulai usaha sampingan adalah modal.

Banyak diantara kita beranggapan tanpa modal yang kuat atau besar, maka bisnis sampingan tersebut tidak akan mulai. Jika Anda memiliki gaji pas-pasan sebagai karyawan maka pinjaman dana tunai dari bank merupakan harapan modal bisnis.

Memang benar, pinjaman bank dapat dijadikan salah satu modal bisnis yang dapat diandalkan. Akan tetapi, ada juga cara lain untuk memulai peluang usaha sampingan  Anda tanpa membutuhkan pinjaman.

Dengan adaanya ulasan tentang peluang usaha sampingan dengan modal kecil ini dapat membantu Anda yang ingin mendapat ide bisnis yang potensial dan dapat dilakukan di rumah. Seringkali usaha mengalami gulung tikar sebelum berkembang disebabkan karena pemilihan jenis usaha dan perencanaannya yang kurang matang.

Oleh karena itu kami ingin berbagi inspirasi peluang usaha sampingan dengan modal kecil. Hanya dengan modal ratusan ribu pun Anda sudah bisa mulai berbisnis dengan laba yang menggiurkan dan prospeknya yang cerah tentunya.

Ketika kita baru mencoba untuk belajar berwirausaha, memang sebaiknya memulai dari usaha bermodal kecil.

Dengan begitu maka kemungkinan resiko yang ditanggung pun menjadi semakin kecil. Ini penting karena banyak orang yang akhirnya terlilit hutang ketika memulai usaha dan gulung tikar.

Penyebabnya orang tersebut belum menguasai seluk-beluk usaha yang digelutinya, sehingga kucuran modal besar tidak banyak membantu. Selain itu, kurangnya perencanaan bisnis juga menjadi faktor besar penyebab kegagalan.

Untuk itu kami menyarankan untuk mencoba peluang usaha ini. Bahkan beberapa usaha bisa dikerjakan sebagai usaha kecil-kecilan paruh waktu.

Sehingga ini cocok bagi Anda yang masih berstatus karyawan swasta, pegawai kantoran, PNS, mahasiswa hingga ibu rumah tangga yang ingin memulai usaha tanpa meninggalkan pekerjaan sebelumnya.

Meskipun bisnis sampingan namun jika dikelola secara baik, usaha-usaha ini menjanjikan profit yang tinggi.

Baca Juga : Peluang Bisnis Online Rumahan yang Minim Modal dan Cocok bagi Pemula

Lalu apa saja peluang usaha sampingan kecil-kecil dengan prospek menjanjikan tersebut? Ini dia.

Peluang Usaha Sampingan dengan Modal Kecil

1. Jual makanan untuk sarapan

sarapan via pemburuombak.com

Jika Anda memiliki keterampilan dalam memasak, maka Anda dapat memulai peluang usaha sampingan kecil-kecilan ini. Kita semua tahu betapa sibuknya kehidupan sebagai karyawan di pagi hari. Terlebih lagi untuk menyediakan sarapan, itu merupakan sesuatu yang mustahil.

Bagi Anda yang memiliki waktu kantor yang fleksibel atau masuk lebih siang maka usaha sampingan menjual sarapan mungkin dapat menjadi sumber penghasilan tambahan Anda.

Anda tidak perlu memasak sesuatu yang sangat rumit untuk bisnis ini. Cukup masakan masakan sederhana yang memiliki nilai jual tinggi seperti bubur ayam, gorengan dan indomie rebus atau goreng.

Mengenai lokasi, Anda dapat memulai usaha ini di depan rumah Anda sebagai awalnya dan menyajikan makanan untuk tetangga Anda.

Untuk memulai usaha ini Anda akan memerlukan bahan baku seperti telur, beras, daging ayam, tahu, tempe, dan sayuran.

Anda juga akan perlu membeli minyak goreng, gas, dan kompor jika Anda belum memilikinya. Modal yang diperlukan diperkirakan sebesar Rp 3 Jutaan per bulan dengan keuntungan dapat mencapai Rp 2 Juta per bulan jika penjualan tinggi.

2. Jasa laundry

jasa laundry via scentsyblog.com

Percaya atau tidak, jasa laundry kiloan merupakan salah satu peluang usaha sampingan  dengan modal yang cukup rendah dan dapat memberikan keuntungan yang lumayan. Cukup dengan perkiraan modal sebesar Rp 6 jutaan Anda dapat memulai bisnis ini.

Modal ini untuk mesin cuci, mesin pengering, deterjen, pewangi, timbangan, setrika dan plastik. Untuk memperkecil modal Anda dapat memilih mesin cuci yang sudah tergabung langsung dengan mesin pengering.

Di zaman dimana semua orang ingin serba praktis, permintaan untuk layanan mencuci dan menyetrika pakaian pun meningkat. Terutama di kalangan mahasiswa dan karyawan.

Dengan menempatkan usaha laundry ini di daerah yang dekat dengan tempat tinggal karyawan atau mahasiswa, Anda dijamin tidak akan kehabisan pelanggan. Kemungkinan besar Anda dapat meraih keuntungan 15%-25% dari tarif laundry per kilo. Asumsi tarif laundry sekitar Rp 4.000 sampai Rp 6.000 per kilogram.

3. Usaha kecil-kecilan Jasa pengetikan yang dilakukan di sela kesibukan

jasa ketik via sketchkatmukai.blogspot.com

Punya komputer dan tidak produktif ?

Kenapa tidak mencoba untuk membuka jasa pengetikan?

Anda bisa bergabung dengan berbagai platform yang menyediakan proyek pengetikan yang akan membantu memasarkan jasa Anda secara online. Dengan bisnis ini, Anda dapat memperoleh uang tambahan tanpa harus keluar banyak keringat.

Jika Anda rasa kurang, membuka bisnis semacam ini di area kampus akan lebih menjanjikan lagi. Mahasiswa yang dikejar dedline tugas makalah atau skripsi adalah target pasa Anda.

Jika ada 10 mahasiswa saja, dengan tarif pengetikan 1500 per lembar dikali rata-rata 10 lembar, maka dalam sehari sudah bisa memperoleh Rp. 150.000,-

4. Membuka Jasa jahit di rumah

jasa jahit via nohanshirt.com

Anda memiliki ketrampilan menjahit? Jika iya Anda tak perlu ragu untuk membuka usaha jasa jahit pakaian. Ini juga salah satu usaha “abadi”, maksudnya usaha yang tidak akan pernah kehilangan konsumennya.

Bagaimana tidak, mode pakaian yang terus berganti, pakian kesayangan yang rusak, serta mengubah ukuran hingga bentuk pakian yang baru saja dibeli adalah kegiatan yang sering dilakukan banyak orang.

Untuk meningkatkan omset, Anda bisa menjajakan jasa ini secara keliling dari komplek ke komplek. Anda juga bisa merekrut beberapa tenaga terampil untuk membantu memperluas jejaring pelayanan.

5. Jasa Penerjemah

Anda punya kemampuan berbahasa inggris atau bahasa asing lain? Membuka jasa terjemah bisa menjadi pilihan peluang usaha sampingan loh. Bahkan bisa dimulai tanpa modal.

Anda bisa tawarkan jasa penerjemah untuk pembuatan summary pada skripsi, thesis atau disertasi. Selain itu, untuk menambah jejaring Anda bisa juga bergabung dengan platform penerjemah berbasis online seperti projects.co.id dsb.

Poin-poin yang telah disebutkan di atas hanyalah sebagian kecil dari peluang usaha sampingan yang berkembang dan populer beberapa tahun belakangan ini.

Bagaimanapun juga, masih ada ratusan bahkan ribuan peluang usaha sampingan lain yang masih belum terungkap dan menunggu seseorang untuk segera menjalankannya.

Selalu berpikir kreatif akan mengantarkan Anda pada sebuah ide yang belum pernah ada sebelumnya sehingga peluang sukses pun semakin besar.
Top