Buat Idul Adha, Berikut 7 Inspirasi Olahan Daging Kambing yang Enak dan Praktis

Komentar

olahan daging kambing via youtube.com

Sebentar lagi kita akan menjumpai hari raya idul adha lho! Sudah siap mau bikin apa dengan daging kambing dan sapi yang akan kamu dapatkan? Inilah inspirasi olahan daging kambing untuk idul adha nanti.

Tidak perlu bingung dalam mengolah daging kambing. Pemilihan daging kambing untuk dijadikan berbagai macam olahan makanan tidak lain karena rasanya yang lezat dan memiliki banyak kandungan.

Berikut ini adalah beberapa resepnya dan juga tips mengolah daging kambing. Bukan sate atau gulai yang mainstream, kamu akan menemukan olahan lain dari daging kambing di sini!

Idul Adha akan datang sebentar lagi, jadi pastikan kamu sudah punya persiapan yang matang untuk menyambutnya. Salah satunya adalah resep olahan daging kambing.

Karena sebenarnya olahan daging kambing itu susah-susah gampang. Bisa jadi masakanmu masih berbau kambing yang tidak enak, atau malah rasanya kurang lezat. Akhirnya masakanmu jadi sia-sia.

Setelah mendapatkan daging, kita pasti seringkali berpikir berpikir keras mau diolah seperti apa daging kambing ini. Belum lagi memikirkan kolesterol dan lemak dari daging kambing.

Olahan daging kambing  memang susah-susah gampang ya. Bisa saja kamu sudah merasa benar mengolahnya, tapi hasilnya malah menjadi kurang menarik dan akhirnya terbuang sia-sia. Duh, jadinya sayang banget kalau begitu kan.

Kadang mungkin kamu sering bingung juga mau mengolah daging kambing menjadi makanan apa yang enak, apalagi ketika idul adha tiba, stok daging kambing tiba-tiba melonjak, namun tetap tidak ada ide mau membuat apa.

Berarti itu tandanya kamu perlu mendapatkan pencerahan nih mengenai menu makanan apa yang akan kamu buat dengan daging kambing.

Namun, selain itu, banyak juga para pecinta daging yang mengeluhkan bau kambing yang masih tetap tercium sangat tajam walaupun setelah di olah menjadi sebuah menu makanan. Sehingga yang memakannya menjadi tidak selera.

Bingung bagaimana mengolah daging kambing agar daging kambing tidak lagi berbau yang tajam? Atau kamu termasuk orang yang kesulitan mengolah kambing karena dagingnya yang tidak mudah empuk? Tidak usah khawatir, berikut ini adalah resep olahan daging kambing  yang bisa kamu coba di rumah. Tak perlu repot untuk membuatnya.

Kamu hanya cukup menyiapkan bahan-bahan di bawah ini, dan pastinya siapkan daging kambingnya ya. Selain itu, masalah-masalah kamu yang sering di hadapi saat mengolah daging kambing juga bisa kamu temukan jawabannya disini. Yuk disimak! Semoga bermanfaat!

Inspirasi Olahan Daging Kambing

1. Sop kaki kambing.

sop kaki kambing via flickr.com

Sop kambing di Indonesia yang paling populer memang adalah sop kambing dengan kuah santan. Namun beberapa ahli kuliner menyebutkan bahwa sop kambing bening lebih menyehatkan daripada yang bersantan.

Nah, buat kamu yang nggak mau berisiko menambah berat badan atau kolesterol sop kaki kambing ini bisa jadi pilihanmu. Resep lengkapnya bisa kamu cek di sini nih.

2. Sate pentul kambing.

sate pentul kambing via backpackerjakarta.com

Bosan dengan olahan daging kambing  yang begitu-begitu aja? Kenapa nggak mencoba untuk mengolahnya menjadi sate pentul kambing nih. Resepnya pun gampang banget.

Kamu tinggal menyiapkan 350 g daging kambing yang sudah dipotong-potong, 4 sendok kecap manis, dan 1 ½ sendok makan air asam Jawa untuk menetralisasi lemak dalam daging kambing. Siapkan juga 13 buah tusuk sate.

Untuk bumbu-bumbunya, siapkan 8 butir bawang merah, 2 siung bawang putih, 2 sendok teh ketumbar bubuk, lengkuas secukupnya, 1 cm jahe, 2 batang serai ambil bagian putih dan kemudian iris-iris. Lalu, siapin ¼ sendok teh jintan, garam dan merica bubuk secukupnya.

Nah, untuk cara membuatnya juga simpel banget kok, kamu bisa cek selengkapnya di kreasi resep Bango di sini nih.

3. Kambing rica cabe hijau.

Kambing rica cabe hijau via resepmasakanindonesiaku.com

Nah, berapa di antara kalian yang kepikiran untuk mengolah daging kambing menjadi rica-rica di Idul Adha ini? Kalau biasanya orang-orang cuma bikin sate atau gulai dan mentok-mentoknya dibikin sop, kali ini cobain deh kambing rica cabai hijau ini.

Bahan-bahan yang simpel dan cara membuatnya yang mudah bisa segera kamu terapkan di rumah bersama ibu. Jangan lupa untuk mengolah dagingnya dengan tepat yakni dengan cara membuang air rebusan pertama dulu ya sebelum diolah menjadi rica-rica. Resep selengkapnya bisa kamu cek di sini nih.

4. Nasi goreng kambing kebuli.

nasi goreng kebuli via food.detik.com

Nah, kalau resep yang satu ini, cocok buat kamu yang maunya praktis-praktis aja nih. Bahan membuat Nasi Goreng Kambing Kebuli sangat simpel dan terjangkau.

Di antaranya adalah 300gr daging kambing, kemudian bumbu halus yang terdiri dari bawang bombay, bawang merah, bawang putih, jahe, ketumbar, merica dan garam.

Pertama-tama goreng daging yang sudah dipotong dadu di atas minyak beserta irisan bawang bombay. Lalu masukkan pala, cengkeh, kapulaga, kayu manis dan bumbu halus. Masak hingga daging empuk dan masukkan Nasi Basmati yang sudah matang. Aduk hingga rata dan tambahkan kecap untuk menyempurnakan citarasa.

5. Rabeg Spesial.

rabeg spesial via food.detik.com

Dalam membuat olahan daging kambing , ada baiknya memilih rempah-rempah seperti lada hitam, cengkih, jahe, atau kayu manis. Nah, salah satu masakan khas kaya akan rempah adalah Rabeg spesial ini. Apalagi dengan tambahan kecap  yang bisa menambah cita rasa masakan semakin lezat. K

6. Kambing goreng sambal kecap.

kambing goreng sambal kecap via cookpad.com

Menu olahan daging kambing lainnya yang bisa kamu coba adalah kambing goreng sambal kecap. Bahan utama kambingnya dengan aroma jahe, bawang putih serta kecap serta bumbu-bumbu segar dari tomat merah dan hijau dan daun kemangi tentunya bisa menjadi pilihan kamu yang bosan dengan olahan daging kambing  biasanya di Idul Adha.

7. Kambing masak lada hitam.

kambing masak lada hitam via falony.com

Kalau menu olahan daging kambing  yang satu ini mungkin biasanya kamu temui di iga sapi, ya. Kali ini kamu bisa memasak olahan daging kambing  dengan bumbu lada hitam.

Pilih daging kambing bagian has yang tidak banyak uratnya. Dijamin sajian ini bakal diserbu dan laris manis saat libur Idul Adha ini.

Wah, ternyata nggak sulit dong untuk memasak makanan berbahan daging kambing tapi tetap jaga kolesterol dan lemak?

Asalkan kamu ingat untuk tidak menggunakan kaldu kambing yang pertama, memakan bahan-bahan atau bumbu yang bisa menetralisir lemak jenuh pada kambing, serta menghindari santan, maka kamu bisa dengan aman memakan masakan olahan daging kambing .

Banyak sekali olahan daging kambing  yang bisa Anda coba memasak di rumah, mulai dari resep yang sederhana sampai yang perlu kesabaran lebih agar masakan menjadi lezat.

Dari 7 inspirasi olahan daging kambing, Anda dan keluarga tentunya tidak akan bosan dengan daging kambing yang diolah dengan resep yang itu-itu saja. Selamat mencoba dan menikmati lezatnya daging kambing dengan cita rasa berbeda-beda dari resep ini.
Top