Cara Mengajari Nama-nama Malaikat dan Tugasnya Kepada Anak Agar Mudah Hafal

Komentar

nama nama malaikat via pasberita.com

Rukun iman ke 2 adalah beriman kepada malaikat. Malaikat adalah makhluk ciptaan Allah yang diberi keistimewaan dan wewenang tertentu. Malaikat jumlahnya sangat banyak, tapi ada 10 nama nama malaikat yang wajib diketahui dan diimani. Kali ini kita akan bersama belajar apa yang akan kita jelaskan kepada sang anak supaya anak memiliki pemahaman iman kepada malaikat.                     

Aqidah yang perlu kita ajarkan kepada anak-anak adalah diantaranya bagaimana mereka mengenal Allah, bagaimana mengenal Rasulullah dan malaikat-malaikat Allah. Pada kajian kali ini yang dibahas adalah tentang mengenalkan anak untuk mengimani adanya malaikat.

Kita harus mengenalkan tauhid rububiyah kepada anak-anak kita sejak dini. Penanaman pemahaman tauhid Rububiyah ini sudah dapat kita mulai pada rentang usia 0-6 tahun. Pada rentang usia ini.

Kita bisa mengajak mereka untuk mentadaburi alam. Ajak mereka untuk melihat benda-benda langit : bintang , bulan dan terangkan bahwa semua itu adalah Allah yang menciptakan.

Ceritakan kepada mereka berbagai macam kekuasaan Allah. Dan ceritakan kepada mereka tentang surga dan nikmat-nikmat yang terdapat di dalamnya.

Pada rentang usia 6 tahun ke atas  kita mulai dapat menceritakan kepada mereka tentang neraka dan sebab akibat.

Baca Juga : Pengertian Beriman Kepada Malaikat Beserta Hikmah

Pada usia ini kita juga sudah dapat mengenalkan mereka kepada hal-hal yang ghaib seperti malaikat. Kita ajak anak-anak kita mengenal malaikat serta mengimaninya sebagai implementasi rukun iman percaya kepada Malaikat-Malaikat Allah.

Jadi sebagai orang yang beriman kita harus mempercayai perkara-perkara ghaib. Adapun Iman kepada malaikat adalah merupakan rukun iman yang kedua dari enam rukun iman yang ada. Sehingga iman seorang hamba tidak dianggap sah tanpa meyakininya.

Keimanan seorang mukmin terhadap malaikat harus mengandung hal-hal berikut :
  • Beriman terhadap wujud (keberadaan) para malaikat.
  • Beriman terhadap nama-nama malaikat.
  • Beriman terhadap sifat-sifat malaikat.
  • Beriman terhadap amalan-amalan dan tugas-tugas malaikat. (Syarhu Ushuulil Iman, Syaikh Ibnu ‘Utsaimin)

Nah sekarang saatnya mengenalkan anak dengan nama nama malaikat beserta tugasnya. Berikut adalah nama nama malaikat dan tugasnya yang wajib ketahui dan kita imani. Karena meyakini mereka adalah bagian dari rukun iman. Dihafal ya adik-adik.

10 Nama Nama Malaikat dan Tugasnya Masing-masing:

1. Malaikat Jibril bertugas menyampaikan wahyu
2. Malaikat Mikail bertugas membagikan rezeki
3. Malaikat Isrofil bertugas meniup sangkakala
4. Malaikat Izroil bertugas mencabut nyawa
5. Malaikat Munkar dan Nankir bertugas menanyakan dan memeriksa amal manusia di alam kubur/barzah
6. Malaikat Rokib bertugas mencatat amal baik manusia
7. Malaikat Atit bertugas mencatat amal buruk manusia
8. Malaikat Malik bertugas menjaga pintu neraka
9. Malaikat Ridwan bertugas menjaga pintu surga
Atau untuk lebih mudah menghafal nama nama malaikat dan tugasnya tersebut, amati tabel dibawah ini agar cepat hafal.


nama nama malaikat dan tugasnya via plus.google.com


Atau dengan cara lagu berikut ini anak akan lebih cepat nama nama malaikat beserta tugasnya.



Nah, itulah 10 Nama Nama Malaikat dan cara menghafal dengan mudah yang harus dieketahui dan dipelajari anak, karena mempelajarinya merupakan bagaian dari ilmu. Ajarkan ilmu tersebut kepada anak agar kelak menjadi anak yang beriman dan bertaqwa kepada Allah swt. Dan yang namanya menuntut ilmu itu adalah sesuatu yang Harus/Wajib kita lakukan.

Mungkin ini saya yang bisa saya sampaikan tentang nama nama Malaikat dan Tugasnya, semoga bisa menjadi manfaat buat teman-teman dan juga saya sendiri.
Top