Ikuti Langkah Mengobati Keputihan yang Bikin Risih Tersebut dengan Alami !

Komentar
mengobati keputihan via klinikutama.com

Banyak wanita yang bingung bagaimana cara mengobati keputihan yang tepat. Tidak perlu terburu-buru memakai obat kimia. Langkah untuk mengobati keputihan secara alami dapat dilakukan dengan menggunakan herbal yang dapat diperoleh dengan mudah dan murah. Cara mengobati keputihan secara alami dijamin cepat sembuh yang dapat dicoba dengan membuatnya dengan bahan bahan alami.

Keputihan memang hal lumrah yang dirasakan oleh semua kaum hawa. Namun jika keputihan terus-menerus dan menyebabkan miss V gatal-gatal dan bau memang nggak banget.

Hal ini dapat menyebabkan rasa percaya diri Anda berkurang karena terus merasa nggak nyaman dan takut orang tahu bahwa Anda bau. Nah jika ternyata keputihan Anda berbau, bisa jadi itu tanda bahwa keputihan Anda tidak normal.

Tentu saja Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter terkait hal ini. Kenali tanda-tanda keputihan tidak normal.

Baca Juga : Anda Mengalami Keputihan? Simak Cara Menghilangkan Keputihan Secara Alami Berikut

Tanda-Tanda Keputihan Tidak Normal

Berbau

Umumnya, keputihan yang normal tidaklah bau. Ketika keputihan Anda berbau bahkan menyengat dan hampir dikatakan seperti bau busuk, maka bisa jadi ada kuman yang bersarang dan berkembang biak di miss V Anda.

Berwarna

Ketika normal, warna keputihan adalah bening dan transparan. Jika berwarna putih susu masih tidak apa-apa.

Namun jika sudah hijau pekat, kuning, atau bahkan disertai dengan darah, ini masuk dalam kategori keputihan yang tidak normal.

Menimbulkan gatal

Area V Anda gatal dan ketika mengalami keputihan? Ini juga merupakan salah satu ciri miss V dalam masalah.

Nyeri ketika kencing

Nyeri ketika kencing merupakan tanda bahaya ketika Anda sedang mengalami keputihan. Ini tanda bahwa kuman sudah sampai di kandung kemih Anda. Jika hal-hal tersebut terjadi, jangan anggap remeh keputihan yang Anda alami. Segera tindak lanjuti dengan berkonsultasi pada dokter.

Namun acap kali, wanita Indonesia masih malu jika harus pergi ke dokter kelamin. Lagi, Anda harus segera menemukan solusinya agar keputihan tak normal ini segera teratasi. Anda bingung bagaimana harus mengatasinya? Ada cara mudah dan murah sebagai pertolongan pertama mengobati keputihan yang tidak normal yakni dengan cara mengobati keputihan secara alami.

Nyatanya, alam telah menyediakan tanaman yang berguna sebagai cara mengobati keputihan secara alami. Langsung saja simak di bawah ini.

Cara Mengobati Keputihan secara Alami

Setelah mengetahui informasi mengenai perbedaan ciri-ciri keputihan yang sehat dan tidak sehat, maka berikut ini perlu diketahui beberapa cara untuk mengobati keputihan yang dapat anda coba.

Cara untuk mengobati keputihan secara alami ini sangat mudah digunakan dan efektif juga hasilnya. Simaklah daftar berikut ini untuk mengobati keputihan yang anda alami.

1. Mengonsumsi Jahe Hangat

jahe hangat via berkabar.id

Jahe merupakan salah satu jenis rempah yang banyak digunakan dalam pengolahan makanan dan minuman. Ternyata kebiasaan meminum jahe hangat merupakan salah satu cara yang dpaat dilakukan untuk mengobati keputihan.

Konsumsilah jahe hangat secara rutin, karena kandungan dalam jahe dapat mengusir bakteri jahat yang menyebabkan terjadinya keputihan tidak sehat. Bagi anda yang ingin mengolah sendiri jahe hangat anda dapat merebus kemudian menyaring air rebusannya.

Akan tetapi, bagi anda yang ingin langsung membeli jadi pun sudah banyak di jual di kedai-kedai penjual jahe hangat dan sejenisnya.

2. Menggunakan Biji Fenugreek

fenugreek via thespicehouse.com

Salah satu cara untuk mengobati keputihan secara alami dapat dilakukan dengan mengonsumsi biji fenugreek. Biji fenugreek diketahui memiliki kandungan yang baik untuk menjaga pH vagina dalam batas yang normal.

Ketika pH ada dalam batas yang normal, maka perkembangan bakteri penyebab keputihan tidak sehat pun dapat dicegah. Selain itu, konsumsi dari biji fenugreek pun diketahui dpaat menyeimbangkan hormon estrogen dalam tubuh wanita.

Keadaan yang mengganggu seperti keputihan pun dapat dicegah perkembangannya.

3. Mengonsumsi Jus Delima dan Madu

jus delima via sbelen.wordpress.com

Jus delima juga banyak digunakan manfaatnya sebagai cara untuk mengobati keputihan. Cara yang satu ini cukup mudah dilakukan dan nikmat pula rasanya.

Buah delima merupakan salah satu buah yang cita rasanya sangat nikmat. Buah ini memiliki nutrisi yang penting untuk menjaga tubuh dari perkembangan bakteri yang merugikan, seperti bakteri yang menyebabkan keputihan.

Konsumsilah jus delima ini minimal satu gelas sehari. Untuk meningkatkan cita rasanya penggunaan madu pun dapat menjadi pilihan untuk anda.

4. Mengganti Pakaian Dalam secara Rutin

Penyebab keputihan yang paling populer adalah kebiasaan pakaian dalam yang tidak terjaga dengan bersih. Kebiasaan ini harus dihilangkan untuk dapat mengobati keputihan yang tidak sehat yang menimpa anda.

Cara menjaga kebersihan pakaian dalam anda salah satunya adalah dengan rutin mengganti pakaian dalam. Gantilah pakaian dalam anda secara rutin, minimal sebanyak 3 kali dalam satu hari. Hal ini dilakukan untuk mencegah perkembangan bakteri akibat dari pakaian dalam yang kotor.

5. Menggunakan Cuka Apel

cuka apel via hellosehat.com

Penggunaan cuka apel juga dapat dilakukan dengan cuka apel. Seperti diketahui cuka apel memiliki kandungan yang dapat menjaga normalitas dari pH vagina.

Jika pH vagina tidak dalam kondisi normal, maka hal inilah yang dapat menyebabkan terjadinya keputihan pada wanita. Manfaat cuka apel untuk keputihan ini dapat dirasakan dengan mengonsumsi cuka apel.

Bagaimana anda dapat mengonsumsinya? Campurkanlah cuka apel tersebut dengan air hangat dan tambahkan madu untuk memudahkan konsumsi anda.

6. Membiasakan Menjaga Kebersihan Vagina

Cara mengobati keputihan selanjutnya adalah dengan membiasakan diri untuk menjaga kebersihan vagina. Hal ini dapat dilakukan dengan tidak membiasakan tubuh menjadi pemalas dan jorok.

Jagalah kebersihan vagina dengan mandi secara rutin dan mengganti pakaian dalam secara rutin. Jika anda biasa hidup tidak bersih, maka sangat pasti anda akan sering mengalami masalah keputihan.

Anda pun tidak boleh memiliki rasa malas untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Karena hanya kerajinan andalah yang dapat memastikan kesehatan anda dapat terjaga dengan baik.

7. Minum Rebusan Air Daun Sirih

rebusan daun sirih via sbelen.wordpress.com

Cara untuk mengobati keputihan lain menggunakan daun sirih adalah dengan meminum air rebusan dari daun sirih. Anda tidak perlu khawatir dengan konsumsi dari air rebusan daun sirih ini.

Air rebusan daun sirih aman dan tidak berbahaya. Kandungan dalam air daun sirih yang dikonsumsi pun dapat mengangkat bakteri di rongga vagina ke jalur pembuangan.

Hal ini kemudian akan menghasilkan rongga vagina yang bersih dan tidak terganggu lagi oleh keputihan. Daun sirih merupakan cara yang paling ampuh untuk membasmi keputihan. Keputihan sebenarnya merupakan hal yang umum dialami wanita, tapi jika keputihan yang kamu alami menimbulkan gejala-gejala seperti di atas, segera konsultasikan hal tersebut pada dokter. Selalu jaga kesehatan!
Top