Tips Menghilangkan Keputihan Tanpa Minum Obat

Komentar

menghilangkan keputihan via klinikginetologi.net

Keputihan adalah hal biasa yang dialami oleh semua kaum wanita. Tapi jika keputihan terus keluar berlebihan pastinya membuat wanita cemas dan tidak nyaman. Cara mengobati keputihan secara alami dijamin cepat sembuh yang dapat dicoba. 

Keputihan pada wanita adalah hal yang bersifat wajar dan normal, namun jika keputihan tersebut berlangsung secara terus menerus dengan mengeluarkan cairan yang banyak pada organ intim, memungkinkan telah terjadi keputihan abnormal atau berbahaya.

Bisa jadi keputihan disebabkan oleh virus dan bakteri yang berkembang pada daerah kewanitaan akibat kurang menjaga kebersihan.

Meskipun keputihan sendiri sering diartikan sebagai bentuk tubuh yang terlalu lelah hinggga ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh, tetapi mampu memicu penyakit kronis lainnya.

Stress yang berlebihan menjadi faktor dominan pada terjadinya keputihan, namun ada beberapa faktor lain yang memicu keputihan.

Oleh karena itu, penting bagi wanita untuk memahami keputihan yang dialaminya sehingga menemukan cara menghilangkan keputihan yang tepat.

Baca Juga : 10 Cara Cepat Menstruasi Buat yang Haidnya Tidak Teratur atau Tidak Lancar

Tips Menghilangkan Keputihan Berlebihan Secara Alami yang Bisa Kamu Coba Di Rumah:

1. Mengelap Keputihan V Dengan Tisu Bayi


tissue bayu via youtube.com

Tips menghilangkan keputihan selanjutnya adalah dengan menggunakan tisu bayi dan cobalah untuk menghapus kelebihan cairan keputihan ketika Kamu masuk ke kamar mandi.

Namun perlu Anda ingat adalah cobalah untuk tidak mengelap terlalu jauh ke dalam Miss V dan jangan gunakan tisu yang diberi wewangian karena mengandung bahan kimia yang mungkin bisa mengakibatkan Miss V Kamu malah jadi teriritasi.

2. Lebih Sering Mengganti Celana Dalam

ilustrasi pakai celana via okezone.com

Jika Anda sering mengalami keputihan berlebihan maka Anda bisa mengubah celana dalam 2 sampai 3 kali sehari karena dapat membantu menjaga bakteri agar jauh dari Miss V dan juga akan mengurangi rasa ketidaknyamanan dan bau.

Pastikan Kamu juga menggunakan celana dalam yang tepat karena memakai celana dalam yang salah dan ketat dapat menyebabkan masalah dan ada baiknya gunakan celana dalam berbahan katun dengan ventilasi yang baik.

3. Gunakan Pantyliners dan Hindari Sabun Pencuci Miss V

pantyliner via hellosehat.com

Jika Kamu merasa keputihan Kamu sudah sangat berlebihan dan sangat ekstrim maka Kamu bisa menggunakan pantyliners untuk menghilangkan keputihan, namun yang perlu Kamu perhatikan adalah ganti pantyliners sesering mungkin.

Dan satu hal lagi yang perlu Kamu ingat adalah jangan gunakan cairan pencuci Ms V karena banyak produk pencuci Ms V yang mengandung aroma atau sabun mungkin hal ini akan membuat Miss V terasa lebih bersih dalam jangka pendek.

Namun dalam jangka waktu yang panjang justru sabun pencuci Miss V hanya akan membuat masalah yang lebih buruk karena akan mengganggu pH alami pada Miss V sehingga akan mengakibatkan tingkat pH untuk bekerja lebih keras untuk kembali ke keadaan normal.

4. Cobalah Untuk Tidak Memakai CD Di Saat Tidur

ilustrasi tidur tanpa cd via blog.sittakarina.com

Tips menghilangkan keputihan selanjutnya adalah dengan cara tidak memakai CD (celana dalam) di saat tidur karena paparan udara sangat penting karena udara akan membantu menjaga kulit Miss V agar tidak mudah menjadi iritasi sehingga dapat mencegah infeksi yang menyebabkan keputihan berlebihan dan juga dapat membantu mengobati masalah itu sendiri dengan cara alami

5. Menggunakan Kunyit

kunyit via aici.co.id

Ternyata kunyit memiliki sifat antiseptik dan antioksidan yang dapat membantu Anda untuk menyingkirkan dan menghilangkan keputihan berlebihan selain itu kunyit bertindak sebagai pendorong kekebalan tubuh untuk mempercepat proses pemulihan.

Caranya sangat mudah yaitu dengan merebus satu sendok kunyit yang telah diparut dalam cangkir seperempat air dan tunggu sampai airnya berkurang menjadi satu sendok makan setelah itu bagi lah larutan ini menjadi tiga bagian yang sama.

Lalu, campur satu bagian dengan jumlah yang sama air dan minum larutan alami ini tiga kali dalam sehari selama beberapa hari karena dipercaya dapat mengatasi keputihan berlebihan.

6. Gunakan Cuka Sari Apel

cuka sari apel via hellosehat.com

Cuka sari apel dianggap bermanfaat untuk mengobati keputihan karena membantu mengembalikan keseimbangan pH alami tubuh juga sifat asam dan antiseptik membantu memulihkan kualitas asam flora vagina dan mengurangi bau pada Miss V.

Caranya adalah dengan mencampur cuka sari apel dan air lalu Gunakanlah sebagai pencuci Miss V sekali ataupun dua kali dalam sebari selama beberapa hari sampai keputihan Kamu berkurang.

Meskipun tidak semua keputihan berbahaya akan tetapi mengatasi secara dini dengan pola kehidupan sehat maka anda akan terhindar dari bakteri, jamur, dan virus penyebab terjadinya keputihan.
Top