Mengembangkan Usaha Melalui Bisnis Online

Komentar

Mudahnya mengembangkan usaha secara online via Unsplash.com/Rawpixel

Bisnis online semakin menjamur dalam beberapa waktu belakangan. Menjamurnya bisnis online dipengaruhi oleh semakin tersedianya sarana pendukung online presence seperti platform e-commerce maupun marketplace untuk berjualan. Di samping itu, maraknya penggunaan gawai (gadget) dalam kehidupan sehari-hari juga menjadi faktor pendorong utama.

Bisnis online di sini merujuk pada aktivitas bisnis/komersil yang menggunakan media internet sebagai perantara utama. Berjualan produk atau menawarkan jasa secara online merupakan praktik yang paling sering dilakukan di sini.

Mengapa Harus Bisnis Online?

Di antara banyak cara berbisnis lain, mengapa Anda harus berbisnis secara online?

Hal paling pertama yang harus diketahui, saat ini sangat mudah jika Anda ingin memulai bisnis online. Anda bahkan dapat memulai bisnis dengan modal relatif kecil. Meskipun terdengar main-main, jika serius benar, hasilnya bisa berlipat-lipat bukan main untuk Anda.

Selain mudah, ada banyak alasan lain mengapa Anda sebaiknya memulai bisnis online. Alasan lengkapnya kami beberkan di bawah ini.

1. Tidak Memerlukan Lokasi Fisik
Benar, bisnis online tidak membutuhkan lokasi fisik agar dapat berjalan. Tentu akan lebih baik jika Anda memiliki alamat lokasi fisik, namun sebenarnya lokasi ini tidak mutlak diperlukan. Anda dapat mulai menjalankan bisnis online dengan “lokasi dunia maya” yaitu alamat domain dan berlangganan paket web hosting untuk website.

2. Memangkas Biaya
Jika dibandingkan dengan bisnis offline, atau istilahnya bisnis brick and mortar, bisnis online jelas mengurangi banyak biaya yang perlu Anda keluarkan. Seperti yang sudah disinggung dalam poin pertama, biaya sewa ruko untuk lokasi fisik, misalnya. Dari sini bisa merambat ke bidang lain, misalnya soal pegawai. Karena Anda tidak memerlukan toko fisik, Anda jadi tidak perlu membayar gaji karyawan. Selain itu, biaya penggunaan listrik juga dapat Anda kurangi secara signifikan.

3. Jangkauan Pemasaran Lebih Luas
Website dapat diakses selama 24 jam non-stop. Ini artinya, Anda secara otomatis memiliki kesempatan lebih besar dalam menjual produk maupun mendapatkan proyek atas jasa yang Anda tawarkan. Siapa saja dapat mengakses konten dalam website Anda dan melakukan transaksi!

4. Potensi Pendapatan Lebih Besar
Jangkauan pemasaran yang lebih luas juga menjamin potensi pendapatan yang lebih besar. Salah satu hal yang disukai banyak orang memang aspek skalabilitasnya. Anda bisa memperoleh pendapatan sangat besar, bahkan mengembangkan bisnis Anda ke taraf yang tidak pernah Anda duga sebelumnya.

Jika ingin memulai, apa yang bisa Anda jual? Apa yang bisa Anda tawarkan?

Ada bermacam-macam hal yang bisa Anda tawarkan karena pada dasarnya apapun barang maupun jasa yang Anda tawarkan memiliki peminat masing-masing di internet. Di bawah ini kami sudah merangkum beberapa “jalan” yang bisa Anda tempuh untuk menjadi sukses di internet.

1. Jual Produk Anda Sendiri
Apakah Anda suka membuat kerajinan? Ataukah Anda memiliki resep masakan paling enak yang tidak bisa ditandingi siapapun? Produk yang Anda buat sendiri tentu memiliki sentuhan unik yang tidak bisa disamai oleh orang lain. Nah, berbekal koneksi internet, Anda dapat mulai menawarkannya kepada khalayak luas.

2. Menjual Produk di Marketplace
Saat ini tersedia banyak website marketplace atau jual-beli yang bisa Anda manfaatkan untuk berdagang di internet. Buat akun dan daftarkan diri sebagai seller di beragam website e-commerce besar seperti Tokopedia, Lazada, maupun Bukalapak untuk memaksimalkan peluang sukses di bisnis online.

3. Berjualan Ala Dropshipper
Tidak punya modal dan tanpa stok barang? Tenang, Anda tetap bisa berjualan menggunakan sistem dropship. Tugas Anda hanya mencari pembeli saja. Jika sudah deal, barang akan dikirimkan ke alamat pelanggan secara langsung oleh distributor. Mantap, bukan?

4. Merintis Jalan Sebagai Blogger
Apakah Anda merasa kurang berbakat dalam hal jualan? Anda bisa menjadi blogger. Tentu Anda pernah mendengar ungkapan “pena lebih tajam dari pedang,” bukan? Rintis kesuksesan Anda dengan tulisan! Buat blog dan pasang space iklan di sana. Keuntungan akan menjadi milik Anda sepenuhnya.

5. Microstock
Pilihan yang terakhir ini sangat cocok bagi Anda yang suka berkecimpung di dunia kreatif. Sudah bukan rahasia lagi apabila internet adalah surga bagi konten visual. Anda dapat berkontribusi di dalamnya dengan menawarkan foto hasil jepretan sendiri maupun ilustrasi buah karya imajinasi Anda melalui internet.

Selanjutnya giliran Anda. Tidak ada benar atau salah di sini. Pilihlah jalan yang dirasa paling sesuai dengan minat dan keahlian yang Anda miliki.

Apapun jalan yang Anda pilih, percayalah kesuksesan Anda memerlukan platform milik Anda sendiri dan tidak hanya menumpang punya akun di sana-sini.

Satu-satunya jalan ialah memiliki website sendiri. Mengapa?

Memiliki website sendiri (lengkap dengan domain) berarti Anda telah menandai wilayah sendiri di tengah belantara internet yang sedemikian luas. Ini juga berarti Anda memiliki keleluasan serta kontrol penuh atas konten apa saja yang Anda terbitkan.

Kunci dari kesuksesan website Anda terletak di kualitas web hosting. Tanpa web hosting berkualitas baik, segala upaya yang Anda lakukan dalam hal pengembangan website bisa jadi sia-sia.

Kami dengan senang hati merekomendasikan Hosting Indonesia dari Niagahoster sebagai partner bisnis Anda. Servernya terletak di Indonesia, lengkap dengan fasilitas unlimited disk space, unlimited bandwidth, dan domain .COM gratis. Semua lengkap, segala yang Anda butuhkan dalam satu paket!
Top