Tips Mengatasi Asam Lambung Cuma dengan Minum Teh

Komentar

mengatasi asam lambung via mediagizi.com

Tubuh menggunakan asam lambung untuk mencerna makanan. sam lambung tinggi akan membuat tubuh menjadi lemah, tidak bersemangat dan mudah sakit. Berikut beberapa tips untuk mengatasi asam lambung naik secara alami.

Mengidap penyakit asam lambung atau maag yang berlebih tentunya tidaklah mengenakkan.

Kondisi ini disebabkan adanya kontak langsung antara cairan asam lambung yang diproduksi dengan dinding dalam lambung. Pemicunya adalah gangguan pada pelindung yang melapisi sisi bagian dalam lambung tersebut.

Menggunakan obat pereda asam lambung adalah cara yang paling umum untuk menangani penyakit ini. Selain itu, jenis obat-obatan maag juga tersedia bebas di pasaran sehingga Anda tidak membutuhkan resep dokter untuk mendapatkannya. Meski demikian, apakah obat merupakan satu-satunya solusi?

Tentu saja jawabannya adalah tidak! Jika Anda ingin mengatasi asam lambung dengan cara yang lebih alami, ada berbagai jenis makanan yang dapat dikonsumsi.

Baca Juga : Pantangan Asam Lambung yang Berbahaya Jika Dilanggar Penderita Maag

Tips Mengatasi Asam Lambung

Berikut ini beberapa cara mengatasi asam lambung Tanpa Obat Secara Alami Dijamin Ampuh

1. Jahe 

jahe via hellosehat.com

Jahe merupakan bahan makanan yang serbaguna, selain sebagai rempah untuk melezatkan makanan jahe juga bisa berguna sebagai obat alami yang bisa menyembuhkan beragam penyakit salah satunya adalah asam lambung.

Jahe bisa memiliki kandungan antioksidan tinggi yang bisa melancarkan aliran darah di pencernaan, jahe juga bisa membuang gas berlebih di perut yang merupakan pemicu utama asam lambung naik.

Selain itu, jahe juga memiliki sifat anti-imflamasi yang kuat yang berguan menyembuhkan radan di lambung. Anda bisa memanfaatkan jahe sebagai teh.

2. Baking soda

baking soda via resepkoki.id

Baking soda merupakan bahan yang tingkat basa yang tinggi, sifat inilah yang berguna melawan asam di perut Anda.

Cara memanfaatkan baking soda juga termasuk mudah yakni anda tinggal memasukan 2 sendok baking soda kedalam satu gelas air hangat lalu larutkan hingga merata. Setelah itu anda tinggal meminum air campuran tersebut untuk menyembuhkan asam lambung Anda.

3. Lidah buaya

lidah buaya via muslimarket.com

Lidah buaya merupakan tanaman serbaguna selain untuk kecantikan kulit Anda, lidah buaya juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk menyembuhkan atau mengatasi penyakit tertentu seperti salah satunya adalah asam lambung.

Anda tinggal mengambil gel lidah buaya lalu potong kecil dan dibuat jus, untuk menambah rasa Anda bisa menambahkan madu sesuai selera.

4. Minum teh chamomile

the chamomile via khasiat.co.id

Teh chamomile sangat baik untuk orang yang menderita gangguan asam lambung. Teh ini dipercaya bisa mengatasi asam lambung dan membuat lambung bisa bekerja secara normal.

Bahkan teh chamomile bisa membantu membuang gas dalam perut akibat asam yang terlalu tinggi. Cara membuat teh chamomile untuk mengatasi asam lambung adalah dengan merendam teh chamomile dengan air mendidih yang sudah matang.

Kemudian tunggu beberapa saat hingga lebih dingin dan baru diminum. Jika Anda minum teh chamomile yang panas maka justru bisa membuat asam lambung naik dengan cepat.

5. Makan almond saat lapar

almond via healthline.com

Ketika Anda merasa lapar maka perut Anda harus segera menerima makanan. Menahan rasa lapar sangat buruk untuk pencernaan karena bisa menyebabkan asam lambung naik dengan cepat.

Makan almond ketika lapar sebagai makanan sementara sangat baik untuk mengatasi asam lambung. Kebiasan ini juga sangat baik untuk membantu agar perut lebih netral karena asam lambung yang bisa dikendalikan dengan baik.

6. Hindari mengkonsumsi makanan dengan pemanis buatan

Secara tidak disadari banyak orang yang sudah terbiasa mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung bahan pemanis.

Semua jenis makanan yang mengandung bahan pemanis akan membuat perut terasa kenyang sesaat lalu bisa menekan rasa lapar dalam waktu yang lama.

Kebiasaan ini kemudian akan membuat produksi asam lambung naik sehingga Anda tidak bisa makan dengan baik. jadi hindari makanan ini untuk mengatasi asam lambung secara alami.

7. Makan buah yang menenangkan lambung

Mengkonsumsi buah biasanya banyak dihindari oleh orang yang menderita asam lambung tinggi. Namun ketika Anda  bisa memilih buah yang memang sangat baik untuk lambung maka asam lambung akan turun.

Beberapa jenis buah ini seperti apel, anggur, pisang, pir, melon, semangka dan cranberry. Semua buah ini mengandung nutrisi termasuk cairan yang banyak dan serat. Selain bisa menurunkan asam lambung maka buah ini juga bisa membuat perut Anda tidak terlalu sakit.

8. Hindari buah asam dan panas

Buah yang tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang sedang mengalami asam lambung adalah seperti buah jeruk, lemon, nanas, limau dan stroberi asam. Semua buah yang mengandung asam bisa menyebabkan asam lambung menjadi lebih buruk.

Termasuk untuk semua jenis buah asam yang diolah dalam bentuk buah beku, buah kering dan buah kaleng. Pertimbangkan untuk menghindari semua buah ini dan pilih buah yang disarankan untuk mengatasi asam lambung .

Semua cara mengatasi asam lambung tanpa obat ini bisa dicoba sesuai dengan kondisi penyakit. Namun jika kondisi asam lambung sudah sangat parah atau berada dalam kondisi yang riskan maka lebih baik untuk mendapatkan perawatan dari dokter.
Top