Jawaban, Mengapa Malaikat Selalu Taat Kepada Allah Sedangkan Manusia Tidak

Komentar
mengapa malaikat selalu taat kepada allah via beritadunia.net

Malaikat sebagai makhluk ghaib maka keberadaannya tidak tampak oleh indra manusia. Malaikat telah diciptakan Allah SWT sebelum manusia ada. Salah satu yang membedakan malaikat dengan manusia adalah ketaatannya yang tinggi terhadap Allah. 

Mengapa malaikat selalu taat kepada Allah? Kita memang tidak pernah bertemu secara langsung dan melihat malaikat, tetapi kita harus mengetahui bahwa malaikat makhluk yang paling taat kepada Allah Swt. Mengapa demikian? Simak bersama-sama artikel ini.

Malaikat termasuk makhluk Allah SWT sama seperti kita. Namun, ada banyak hal yang membedakan kita dengan malaikat, karena Allah menciptakan makhlukNya dengan berbagai macam bentuk dan keadaan.

Mengapa malaikat selalu taat kepada Allah? Kita memang tidak pernah bertemu secara langsung dan melihat malaikat, tetapi kita harus percaya tentang keberadaannya. Allah berfirman dalam Alquran yang artinya,

“Dan milik-Nya siapa yang di langit dan di bumi. Dan (Malaikat-malaikat) yang di sisi-Nya, tidak mempunyai rasa angkuh untuk menyembah-Nya dan tidak (pula) merasa letih.”(QS. al-Anbiya :19)

Beriman kepada malaikat-malaikat Allah juga termasuk kedalam rukun iman yang kedua. Malaikat diciptakan dari nur ilahi sebagai utusan Allah yang bertugas dalam mengurusi berbagai urusan.

Nah, untuk dapat meneladaninya kita harus tahu apa saja sifat dan perilaku malaikat yang diberi oleh Allah SWT.
  • Selalu patuh kepada Allah, malaikat tidak pernah berbuat maksiat kepada-Nya.
  • Malaikat dapat berubah wujud sesuai kehendak Allah. Kadangkala Jibril datang kepada Nabi Muhammad saw. Menyamar seperti wujud sahabat yang bernama Dihyah al- Kalbi, terkadang juga seperti sahabat dari Arab Badui.
  • Malaikat tidak memerlukan makan dan tidak minum.
  • Malaikat tidak memiliki jenis kelamin.
  • Malaikat tidak pernah letih atau lelah dan tidak pula berhenti beribadah kepada Allah Swt.
  • Malaikat senang mencari dan mengelilingi majelis zikir.
  • Malaikat selalu berdoa bagi hamba yang duduk menunggu salat berjamaah.

Al-Qur’an tidak menyebutkan secara pasti berapa jumlah malaikat. Namun, ada penjelasan melalui hadis yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim dari Anas bin Malik bahwa pada saat Baginda Nabi Muhammad saw.

Isra’ mi’raj dan bertemu dengan Ibrahim a.s. yang sedang bersandar di Baitul Ma’mur, di sana terdapat 70.000 malaikat. Dari penjelasan riwayat hadis tersebut, menandakan bahwa jumlah malaikat sangat banyak.

Dengan memperhatikan sifat dan sikap para malaikat, ada beberapa hikmah yang dapat dipetik dari beriman kepada malaikat, antara lain:
  • Memberi motivasi agar selalu taat dan bertakwa kepada Allah Swt, Seperti halnya ketaatan para malaikat kepada Allah Swt.
  • Malaikat mengawasi perkataan dan perbuatan kita, terutama malaikat Raqib dan Atid. Dengan begitu kita akan berusaha menghindari perbuatan buruk.
  • Memberi rasa optimis untuk selalu berusaha, karena Allah Swt akan memberi ilmu melalui malaikat Jibril serta memberi rezeki melalui malaikat Mikail.
  • Memotivasi kita untuk selalu beramal saleh karena bekal itulah yang akan kita bawa kelak ketika meninggal dunia untuk menghadapi pengadilan Allah Swt.

Allah Swt memang menciptakan agar malaikat selalu taat kepada Allah Swt, dan Dia pun memerintahkan kita agar beriman kepada malaikat. Tentu saja dengan mengimani malaikan, kita akan semakin lebih baik lagi dalam menjalani kehidupan.

Demikianlah bahasan singkat mengenai mengapa malaikat selalu taat kepada Allah Swt. Semoga Allah mengaruniakan taufiq kepada kita untuk semakin meningkatkan ketaatan kepada Allah . Amiin
Top