10 Manfaat Jus Kurma Bagi Kesehatan

Komentar

manfaat jus kurma via islampos.com

Minum kolak, es buah, jus buaah, dan makan buah kurma adalah menu yang cocok untuk berbuka. Gak kalah segar, selain rasanya yang manis dan khas, manfaat jus kurma juga banyak bagi kesehatan. 

Kandungan zat besi pada buah kurma berguna untuk menghindari penyakit kurang darah, sementara kalsium dari buah kurma berfungsi untuk memastian pertmbuhan tulang dan gigi dapat berjalan maksimal.

Konon sudah banyak yang membuktikan manfaat jus kurma ini.

Jika mengetahui manfaat jus kurma, semua orang pasti ingin mengonsumsinya setiap hari.

Disini kami akan mencoba mengulas mengenai manfaat jus kurma bagi kehidupan. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga : Manfaat Sari Kurma yang Ternyata Sangat Bagus Untuk Ibu Hamil

10 Manfaat Jus Kurma Bagi Kesehatan

Berikut ini adalah manfaat jus kurma bagi kesehatan, tidak hanya murni jus kurma saja disini kita bisa mencampurnya dengan bahan-bahan lain, salah satunya susu.

1. Kurma Merupakan Sumber Energi

ilustrasi semangat via saliha.id

Dalam buah kurma terkandung gula alami glukosa, sukrosa, dan fruktosa tinggi yang dapat meningkatkan energi. Untuk itu, kurma sangat bagus dikonsumsi saat berbuka puasa karena dapat menggantikan kalori kita yang berkurang sesudah puasa. Kurma juga kaya akan mineral dan mengandung fitonutriwn, zat yang berkhasiat meningkatkan stamina dalam tubuh.

2. Kurma dapat Mencegah Anemia 

Kurma kering mengandung zat besi yang tinggi sehingga membantu meningkatkan kadar hemoglobin dan mencegah anemia. Kurma merupakan sumber zat besi yang sangat baik. Zat besi adalah komponen dari hemoglobin di dalam sel darah merah yang menentukan daya dukung oksigen darah.

3. Kurma dapat Mencegah Kanker Usus Besar 

ilustrasi usus besar via lifestyle.okezone.com

Buah kurma kaya serat yang mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus. Kandungan serat kurma juga membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi paparan dan mengikat bahan kimia yang menyebabkan kanker usus besar. Kurma yang berserat tinggi juga mampu mencegah terjadinya kanker usus besar.

4. Kurma dapat Mengatasi Masalah Sembelit 

Sebagai makanan laksatif (laxative food), kurma bermanfaat melancarkan buang air besar dan mencegah konstipasi. Kandungan seratnya yang tinggi dapat membantu membersihkan usus besar dan melancarkan pencernaan.

5. Kurma Dapat Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

ilustrasi stroke via medicalnewstoday.com

Kalium dalam kurma adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah, sehingga memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung koroner dan stroke.Selain itu, kurma juga mengandung mineral potasium 260 persen lebih tinggi daripada jeruk dan 64 persen lebih tinggi dibanding pisang. Dalam terapi hipertensi, kurma membuat dinding pembuluh darah tetap elastis serta mengikat karbon dioksida dalam darah. Kaum Arab Badui, yang makan kurma secara teratur, menunjukkan tingkat kejadian yang sangat rendah dari kanker dan penyakit jantung.

6. Kurma Dapat Mencegah Kanker Paru-paru dan Kanker Rongga Mulut 

Kurma kaya akan zat antioksidan flavonoid sepeti beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin. Zat-zat antioksidan ini memiliki kemampuan melindungi sel-sel tubuh terhadap radikal bebas sehingga melindungi tubuh terhadapn kanker paru-paru dan rongga mulut. Kurma juga merupakan sumber vitamin A yang diketahui membantu melindungi dari kanker paru-paru dan rongga mulut.

7. Kurma Dapat Menjaga Kesehatan Mata

ilustrasi kesehatan mata via vladtime.ru

Kurma mengandung Vitamin A yang diketahui memiliki sifat antioksidan dan merupakan mikronutrien yang penting bagi kesehatan mata. Kurma juga mengandung zeaxanthin yang penting untuk kesehatan mata dan melindungi mata terhadap degenerasi makula.

8. Kurma Dapat Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang

Kurma kaya akan kalsium dan mineral penting lainnya seperti magnesium, fosfor, kalium, tembaga, mangan, dan selenium yang berkhasiat dalam pembentukan tulang serta sendi. Kurma juga mengandung flour yang memperlambat proses kerusakan gigi. Fluor juga diketahui mencegah pembentukan plak gigi karena memperkuat enamel gigi. Enamel gigi terdiri dari hidroksiapatit (hydoxyapatite), yang jika kontak dengan fluor membentuk hidroksifluorapatit (hydroxyfluorapatite) yang tahan terhadap kerusakan gigi. Fluor tidak dapat mengembalikan kerusakan gigi, namun dapat mencegah kerusakan gigi lebih lanjut.

Baca Juga : Penjelasan Lengkap Tentang Karies Gigi, Mulai dari Gejala, Faktor, Cara Pengobatan, Sampai Cara Pencegahannya

Video cara membuat jus kurma



Itulah beberapa manfaat jus kurma untuk kesehatan. Bagi yang ingin merasakan manfaatnya, buruan buat jus kurma di rumah. Semoga artikel ini menambah wawasan Anda.
Top