Luar Biasa, Berikut 10 Manfaat Buah Kurma yang Menakjubkan

Komentar

manfaat buah kurma via manjadda.com

Anda pasti sudah tidak asing dengan kurma, tapi ada hal yang perlu Anda ketahui, yakni manfaat buah kurma untuk kesehatan tubuh. Buah kurma ternyata memiliki manfaat sehat bagi tubuh jika dikonsumsi dengan rutin setiap hari. 

Banyak kandungan yang ada pada buah kurma, yaitu mineral, vitamin, dan fitonutrien yang bermanfaat bagi kesehatan. Berikut ini beberapa hal penting yang wajib kamu ketahui tentang manfaat dan efek samping kurma.

Anda pasti sudah tidak asing dengan kurma, meskipun buah yang satu ini bukanlah buah asli dari Indonesia karena kurma umumnya tumbuh pada daerah padang pasir. Negara utama penghasil kurma adalah Arab Saudi.

Ada banyak sekali varian kurma saat ini dan jenis kurma yang paling mahal adalah kurma Nabi atau kurma Ajwa. Bahkan, harga kurma Nabi perkilonya diatas 500rb, sangat berbeda dengan kurma lain di pasaran yang harganya sekitar 50rb.

Disini saya tidak akan membahas jenis kurma ataupun harganya. Karena saya lebih suka membahas manfaat buah kurma. Manfaat buah kurma memang sangat banyak, sehingga tidak salah jika Nabi Muhammad menjadikan kurma makanan favoritnya.

Setelah diteliti kandungan nutrisi dan zat pada kurma memang sangat kompleks dan sangat baik untuk kesehatan. Lebih detail mengenai manfaat buah kurma untuk kesehatan bacalah penjelasan dibawah ini.

Baca Juga : Manfaat Sari Kurma yang Ternyata Sangat Bagus Untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan

1. Mencegah anemia

Kandungan kurma yang kaya akan zat besi yang tinggi sangat ampuh mencegah anemia. Kamu yang memiliki kecenderungan darah rendah disarankan untuk mengonsumsi kurma secara teratur.

Kandungan zat besi yang ada di buah kurma bisa menggantikan zat besi yang hilang di tubuh. Selain itu manfaat buah kurma untuk tubuh lainnya adalah mengurangi perasaan lelah dan lesu.

2. Memelihara kesehatan jantung

Khasiat buah kurma lainnya adalah memelihara dan meningkatkan kesehatan jantung. Kurma mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk jantung.

Selain zat besi kandungan buah kurma lainnya adalah magnesium yang bisa membantu tekanan darah. Buah kurma juga mengandung kallium yang berfungsi menurunkan tekanan darah.

3. Mengurangi kadar kolestrol

Mungkin kamu kaget dengan manfaat buah kurma yang satu ini. Buah yang kecil ini ternyata juga bisa mengurangi kadar kolestrol jahat di dalam tubuh. Mengonsumsi kurma secara teratur bisa mengurangi tingkat kolestrol LDL dalam tubuh.

4. Memperbaiki sel kulit rusak

Manfaat buah kurma bagi tubuh lainnya adalah memperbaiki sel kulit yang rusak. Manfaat buah kurma yang satu ini juga baik untuk memelihara kecantikanmu loh. Kurma ternyata juga memiliki kandungan asam panthothenic yang termasuk dalam kelompok vitamin B.

Asam panthothenic ini berfungsi efektif mencegah kerusakan kulit yang dipicu radikal bebas. Kulit akan terasa lebih kenyal dan bersinar setelah kamu rutin mengonsumsi kurma.

5. Menjaga elastisitas kulit

Kurma juga bisa menjaga elastisitas kulit dan mencegah penuaan dini. Kandungan vitamin C pada kurma lah yang bisa mengatasi dua masalah kulit yang sering dialami oleh wanita. Pasti enggak mau dong kulit yang tidak elastis dan ada tanda-tanda penuaan dini.

6. Mencegah diabetes

Kurma memang memiliki rasa yang sangat manis tapi ternyata buah ini bisa mencegah diabetes loh. Alasannya kurma memiliki kandungan gula alami yang baik untuk tubuh. Kandungan serat dalam kurma ternyata malah bisa membantu mengontrol gula darah.

Penelitian ini pernah diterbitkan di Nutrition Journal tahun 2011 dalam penelitian ini kurma memiliki kandungan yang bisa mencegak meningkatkan kada gula darah setelah dimakan.

7. Mengatasi masalah pencernaan

Kurma juga bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan. Kandungan serat dalam kurma yang cukup tinggi dapat membantu memenuhi kebutuhan serat harianmu.

Mengonsumsi 2 buah kurma setiap hari bisa melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan siste pencernaan. Kurma ini juga bisa mengatasi sembelit, diare, bahkan mengurangi risiko kanker usus.

8. Membantu mengatasi kebotakan

Bukan hanya buahnya saja, manfaat biji kurma juga ternyata baik loh untuk mengatasi kebotakan. Banyak percaya kalau biji kurma ini bisa mengatasi kebotakan dengan cara yang alami.

Khasiat biji kurma yang satu ini sudah lama diketahui dan kamu juga bisa langsung mencobanya. Kamu hanya perlu mencampurkan biji kurma yang sudah dibersihkan dengan miyak zaitun.

9. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat buah kurmauntuk kesehatan jantung sudah teruji. Itu karena pada kurma terdapat zat yang bisa membuat kondisi jantung menjadi lebih baik.

Anda cukup mengkonsumsi kurma setiap hari agar jantung anda sehat. Pastinya anda tidak mau jantung anda tidak sehat karena jantung adalah bagian utama dalam tubuh kita.

10. Menanggulangi Alergi

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2002, senyawa sulfur organik dapat memberi dampak positif pada sejumlah penderita yang mengalami rinitis alergi musiman atau SAR (Seasonal Allergic Rhinitis).

Itulah mengapa kita bisa menganmbil manfaat buah kurma untuk kondisi tersebut, karena kurma mengandung sulfur organik yang tidak umum ditemukan pada makanan.

Efek Samping Buah Kurma

Meskipun begitu, mengkonsumsi kurma tetap tidak boleh berlebihan. Terutama bagi Anda yang telah memiliki penyakit sebelumnya seperti penyakit gula. Sebab kurma memiliki kadar gula yang cukup tinggi.

Atau jika Anda sedang diet, mengkonsumsi kurma akan cepat menaikkan berat badan. Sebab kurma memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi.

Berikut efek samping kurma bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui:

Kenaikan berat badan

Kurma dengan ukuran kecil setidaknya memiliki 111 kalori. Jika dikonsumsi secara berlebihan, akan terjadi penumpukan kalori yang pada akhirnya berujung pada kenaikan berat badan.

Jangan lupa untuk mengkonsumsi kurma dalam porsi yang wajar agar Anda tetap sehat dan bugar.

Meskipun ada segudang manfaat buah kurma serta nilai gizi yang luar biasa, kita harus memberikan perhatian besar dalam hal menyeleksi buah ini sebelum mengonsumsinya. Karena permukaannya yang sangat lengket, maka seringkali menarik banyak kotoran. Oleh karena itu, sebaiknya kita hanya mengonsumsi buah kurma yang diolah dan dikemas dengan benar.
Top