10 Nama Malaikat dan Tugasnya yang Wajib Kita Imani

Komentar

malaikat dan tugasnya via dodoprastyoko.wordpress.com

Iman kepada malaikat Allah SWT merupakan rukun iman kedua. Malaikat adalah makhluk yang memiliki kekuatan dan tugas tugas yang patuh pada ketentuan dan perintah Allah SWT. Malaikat memiliki jumlah yang banyak, namun yang wajib kita ketahui ada 10 nama malaikat dan tugasnya. Yuk pahami nama malaikat dan tugasnya!

Malaikat itu jumlahnya sangat banyak, namun ada 10 malaikat yang wajib untuk diketahui dan diimani. Di dalam artikel ini akan dijelaskan tentang pengertian malaikat dalam islam, nama malaikat dan tugasnya dari 10 malaikat tersebut.

Pengertian

Malaikat adalah ciptaan Allah yang ghaib, yang tidak mempunyai nafsu dan pikiran, tidak berbapak dan tidak beribu, juga tidak beranak. Malaikat hanya mengerjakan apa yang diperintahkan Allah kepada mereka. Malaikat ada baaaaanyak banget, tapi yang wajib diimani hanya ada sepuluh.

Keimanan kepada malaikat masuk ke dalam rukun Iman yang kedua, maka setiap orang islam yang mengaku muslim harus mengimani keberadaan malaikat.


Sifat Malaikat
Malaikat merupakan makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT tanpa hawa nafsu, sehingga yang mereka tahu hanya ketaatan kepada Allah.

Dibawah ini merupakan sifat-sifat Malaikat yang disebutkan di dalam al-Quran dan hadits:
  • Malaikat selalu patuh dengan segala sesuatu yang diperintahkan oleh Allah SWT dan tidak membantah perintah tersebut sama sekali.
  • Malaikat tidak pernah melakukan apapun yang dilarang oleh Allah SWT.
  • Malaikat selalu beribadah kepada Allah SWT dengan bertasbih, bersujud atau dengan apapun yang diperintahkan oleh-Nya.
  • Malaikat tidak mempunyai sifat sombong atau berbangga sama sekali, meskipun mereka senantiasa beribadah kepada Allah hingga hari kiamat. Hal ini sangat berbeda dengan manusia yang terkadang memiliki perasaan ujub atau berbangga dengan amal ibadah yang telah dilakukan.
  • Malaikat senantiasa memohonkan ampun kepada orang-orang beriman.
  • Malaikat akan merasa bahagia saat ada seorang Muslim berhasil meraih lailatul qadar.
  • Malaikat bisa berubah wujud menjadi manusia atau sesuai yang mereka kehendaki atas izin Allah.

Nama-nama Malaikat dan Tugasnya

Jumlah dari malaikat sangatlah banyak dan tidak ada yang tau pasti tentang jumlah malaikat yang ada kecuali hanya Allah Ta’ala saja yang mengetahui jumlah mereka.

Namun ada 10 malaikat yang wajib kita ketahui yang mana mereka memiliki tugas masing masing yang berbeda, dan berikut ini nama-nama malaikat dan tugasnya:

1. Malaikat Jibril

Malaikat yang ditugaskan untuk menyampaikan wahyu kepada Rasul-rasul Allah dan juga ditugaskan untuk meniupkan ruh pada setiap janin pada saat didalam kandungan Ibu.

“Dan tidaklah kami (jibril) turun, kecuali denga perintah Tuhanmu, Kepunyaan-Nya lah apa-apa yang ada dihadapan kita, apa-apa yang dibelakng kuta, dan apa-apa yang ada di antara keduany adan tidaklah Tuhanmu lupa”(QS Mawyam:64)

“(Dialah) yang Maha tinggi derajat- Nya, yang mempunyai Arsy, yang emngutus Jibril dengan (membawa) perintah-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya diantara hamba-hamba Nya supaya dia memperingatkan (manusia) tentang hari pertemuan (hari kiamat).” (QS al Mukmin: 15)

2. Malaikat Mikail

Malaikat yang ditugaskan yang ditugaskan memberikan rizki kepada makhluk yang ada didunia, serta malaikat Mikail juga yang bertugas mengatur hujan, angin, serta tanaman.

3. Malaikat Israfil

Malaikat yang ditugaskan unuk meniup sangkakala pada hari kiamat kelak.

4. Malaikat Izrail

Malaikat yang ditugaskan untuk mencabut seluruh makhluk hidup.

5. Malaikat Munkar

Malaikat Munkar dan Nakir ini memiliki tugas yang sama yaitu menanyai perkara manusia dialam kubur semasa hidupnya.

6. Malaikat Nakir

Tugasnya sama dengan Malaikat Munkar, yaitu menanyai perkara manusia dialam kubur semasa hidupnya.

7. Malaikat Raqib

Malaikat yang ditugaskan untuk mencatat amalan baik manusia semasa di dunia.

8. Malaikat Atid

Malaikat yang ditugaskan untuk mencatat amalan buruk manusia semasa di dunia.

“Tiada satu ucapan pun pang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir.” (QS Qaf: 18).

9. Malaikat Malik

Malaikat yang ditugaskan menjaga pintu Neraka Allah Ta’ala.

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan kelmrgamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS At Tahrim: 6).

10. Malaikat Ridwan

Malaikat yang ditugaskan menjaga pintu Surga Allah Ta’ala.

“Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezeki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan “Inilah yangpernah diberikan kepada kami dahulu”. Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada istri-istri yang suci dan mereka kekal di dalamnya.” (QS Al Baqarah: 25).

Itulah informasi lengkap mengenai pengertian malaikat dan tugasnya. Sebagai umat Islam tentu kita diwajibkan untuk mengimani keberadaan malaikat Allah sebagai makhluk yang taat dan patuh kepada perintah Allah, karena hal ini juga termasuk dalam rukun iman kedua.
Top