Kelebihan dan Kekurangan Listrik Statis untuk Penggunaan Sehari-hari

Komentar

Listrik dinamis via slideplayer.info

Ketahui terlebih dahulu kelemahan dan kelebihan listrik statis dalam kehidupan sehari-hari, Anda bisa mengetahui beserta penjelasannya dalam artikel ini.

Sobat, listrik statis yang merupakan ilmu yang mempelajari pengumpulan muatan listrik dan sifat-sifatnya pada suatu benda ternyata memiliki beberapa kelemahan dan kelebihan, kelemahan dan Kerugian Penerapan Listrik Statis dalam  kehidupan sehari-hari akan kita bahas dalam artikel ini.

Generator Van de Graff merupakan mesin listrik statik yang menghasilkan tegangan DC yang sangat tinggi, yaitu dengan cara mengumpulkan muatan listrik.

Manfaat Listrik Statis Dalam kehidupan sehari-hari, listrik statis dapat dimanfaatkan antara lain : a. Pengendap elektrostatis/penggumpal asap Alat ini berfungsi untuk lebih lengkapnya di bawah ini akan kami jelaskan kelemahan dan kelebihan listrik dinamis dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat Listrik Statis

1. Generator Van de Graaff

Teknis dari generator Van de Graff adalah menghasilkan muatan listrik yang sangat besar dengan cara menggerakkan roda pemutar oleh motor listrik yang memutari pita karet sehingga menimbulkan gesekan dan pita karet menjadi bermuatan listrik. Muatan listrik yang terbentuk yaitu muatan listrik positif akan ditampung pada bola logam dan muatan listrik negatif akan ditanahkan.

Untuk muatan positif yang dihasilkan akan semakin besar, karena adanya pita karet yang bergerak terus menerus. Distribusi muatan listrik yang dihasilkan terdapat pada permukaan bola yang berongga dan terkumpul di bagian permukaan luar bola yang lancip atau lengkung yang tajam.

2. Penggumpal Asap

Manfaat listrik statis lainnya adalah sebagai penggumpal asap. Penggumpal asap membersihkan partikel-partikel abu hasil pembakaran gas sehingga mengurangi pencemaran udara. Biasanya alat tersebut digunakan di pabrik baja, semen, dan industri kimia yang banyak mengeluarkan asap. Komponen alat penggumpal asap terdiri dari kawat dan pelat logam.

Prinsip kerja alat ini adalah dengan membuat kawat bermuatan negatif sehingga ketika abu melewati kawat akan bermuatan negatif. Sedangkan pelat logam bermuatan positifsehingga akan menarik dan menggumpalkan partikel abu yang bermuatan negatif. Gumpalan-gumpalan partikel abu tersebut kemudian jatuh ke dasar cerobong sehingga mudah dibersihkan.

3. Mesin Fotokopi

Mesin foto kopi memiliki komponen pelat logam berlapiskan selenium yang terletak dibagian tengah dan terdapat baki pengembang dengan toner (bubuk hitam halus) didalamnya. Prinsip kerja mesin foto kopi adalah pelat  bermuatan postif dan akan menarik partikel bermuatan negatif dari toner.

Pola toner kemudian dipindahkan keatas kertas kosong dan dipanggang diatasnya. Mesin fotokopi era 1960-an menggunakan proses seperti diatas, sedangkan mesin fotokopi sekarang prinsipnya sama dengan era 1960-an namun prosesnya lebih otomatis  dengan pelat berlapiskan selenium dipasang pada drum berputar.

4. Cat Semprot

Metode dari cat semprot yaitu adanya gesekan antara butiran cat dari aerosol dengan mulut pipa semprot dan udara sehingga menghasilkan muatan. Bila benda yang akan di cat di beri muatan yang berlawanan, maka butiran cata akan tertarik ke badan benda.

5. Printer Laser

Printer laser memiliki keunggulan lebih cepat, akurat dan ekonomis dibandingkan printer inkjet. Komponen utama printer laser terdiri dari fuser, drum, photoreceptor, corona wire, laser dan toner.Mekanisme kerjanya adalah sebagai berikut:
  • Drum yang bermuatan positif berputar
  • Laser bersinar melintasi permukaan yang tidak bermuatan
  • Laser akan menggambar pada kertas yang bermnuatan negatif
  • Kertas akan melewati fuser dan mengalami pemanasan sehingga menyebabkan kertas yang keluar dari printer terasa panas

Statis via slideplayer.info

Kerugian Listrik Statis

1. Petir

Pernahkah sobat bertanya bagaimana petir dapat terjadi dan menyambar sebuah gedung atau rumah atau pohon? Adanya petir disebabkan oleh awan besar yang bermuatan listrik negatif sangat kuat. Apabila awan yang mempunyai kelebihan elektron berada di atas atap sebuah gedung, maka gedung akan terinduksi menjadi bermuatan positif sehingga terjadi loncatan elektron dan gaya tarik menarik antara keduanya.

Nah untuk menangkal petir tersebut biasanya di atap gedung dipasang alat penangkal petir . Mekanisme kerja alat penangkal petir  sbb:
  • Loncatan elektron dari awan mengalir melalui penangkal petir kemudian masuk kedalam tanah. Hal ters ebut karena adanya komponen lempeng logam dari alat pennagkal petir yang ditanam didalam tanah
  • Jika di komponen ujung runcing penangkal petir berkumpul molekul-molekul udara bermuatan listrik positif mengalir keluar, maka muatan listrik induksi pada atap berkurang dan sebagian muatan negatif pada awan menjadi netral sehingga kemungkinan sambaran petir diperkeci

2. Percikan Api

Adanya gesekan antara ban mobil atau truk dengan jalan menghasilkan muatanlistrik  yang negatif  sedangkan bagian badan logam mobil atau truk yang berdekatan dengan ban menjadi bermuatan positif karena adanya induksi.

Hal ini dapat berakibat pada munculnya percikan api dan berakibat bahaya yaitu dapat membakar muatan mobil yang mudah terbakar sepeti bensin.

Nah, itulah kelemahan dan kelebihan dari listrik statis dalam kehidupan sehari-hari, semoga bisa menambah wawasan serta bisa membantu danbermanfaat bagi Anda.
Top