Ternyata Konsumsi Kurma Untuk Ibu Hamil Memiliki Banyak Manfaat

Komentar

kurma untuk ibu hamil via kanzaoriginal.blogspot.com

Ibu hamil butuh asupan gizi yang menyehatkan tubuhnya sekaligus perkembangan janin. Ternyata kurma memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan dan kehamilan. Manfaat makan kurma saat hamil bisa memberi nutrisi yang dibutuhkan ibu dan bayi. Bahkan bisa melancarkan proses persalinan.  Simak pembahasan tentang mandaat kurma untuk ibu hamil berikut ini!

Mengonsumsi buah kurma dengan kandungan-kandungan tersebut dipercaya dapat memberikan berbagai manfaat, salah satunya ditengarai dapat membantu membentuk kehamilan yang sehat dengan membantu mengurangi mual, mengontrol gula darah, dan mencegah anemia.

Ibu hamil butuh asupan gizi yang menyehatkan tubuhnya sekaligus perkembangan janin. Selain mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran, ada baiknya mempertimbangkan kurma sebagai camilan selama hamil.

Tak banyak yang tahu, kurma memiliki segudang manfaat positif bagi kehamilan dan perkembangan janin.

Saat trimester pertama dan kedua kehamilan, ibu rentan sembelit dan diabetes gestasional sehingga ibu hamil bisa mengudap kurma untuk mengatasi hal itu.

Sedangkan saat trimester ketiga, mengonsumsi kurma akan membantu proses kelahiran lebih mudah.

Untuk itu, ibu hamil dapat mengonsumsi kurma saat janin berusia 36 minggu yaitu 4 minggu sebelum estimasi hari kelahiran.

Buah yang rasanya manis ini kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti protein, serat dan vitamin sehingga menjaga kehamilan tetap sehat.

Baca Juga : Bagaimana Cara Hamil Cepat Setelah Menikah? Berikut Tipsnya

Kandungan Dalam Buah Kurma

Kurma digemari oleh banyak kalangan masyarakat bukan hanya dikarenakan rasanya yang manis saja. Tapi ada faktor lain yang menyebabkan kurma digemari. Yaitu karena faktor kandungan gizi yang terdapat dalam kurma.

Kurma mengandung banyak sekali kandungan yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Berikut ini akan disebutkan kandungan atau nilai gizi yang terdapat dalam buah kurma dengan takaran 100 gram :

Air – 18.27
Energi – 251 kkal
Vitamin A – 9 IU
Protein – 2.81 g
Vitamin B1 – 0.046 mg
Karbohidrat – 66.78 g
Vitamin B2  – 0.059 mg
Serat – 7.1 g
Vitamin B3 – 1.134 mg
Gula – 56.38 g
Vitamin B5 – 0.525 mg
Total lemak – 0.35 g
Vitamin B6 – 0.147 mg
Lemak jenuh – 0.0028 g
Vitamin B9 – 17 mcg
MUFA – 0.0032 g
Vitamin B12 – 0 mcg
PUFA – 0.017 g
Vitamin C – 0.4 mg
Kolesterol – 0 mg
Vitamin E – 0.04 mg
Vitamin K – 2.4 mcg
Kalsium – 35 mg
Zat Besi – 0.91 mg
Beta karoten – 5 mcg
Magnesium – 38 mg
Fosfor – 55 mg
Likopen – 0 mcg
Kalium – 484 mg
Lutein dan zeaxantin – 67 mcg
Sodium – 2 mg
Seng – 0.26 mg

Dari sekian banyak kandungan gizi yang terdapat dalam buah kurma seperti yang telah disebutkan di atas. Maka tentu saja manfaat kurma berguna bagi tubuh manusia bahkan untuk ibu hamil.

Manfaat Buah Kurma Untuk Ibu Hamil

Apa sajakah manfaat kurma, berikut adalah contoh khasiat buah kurma secara umum :
  • Kurma memiliki kandungan Zinc, hal ini terdapat buah kurma yang dikonsumsi dapat menambah atau meningkatkan kebugaran pada laki-laki. (Baca juga : cara cepat hamil)
  • Kalium adalah salah satu yang terkandung dalam buah kurma. Kalium itu sendiri berfungsi membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah. Maka mengkonsumsi kurma dapat menurunkan resiko terhadap penyakit jantung koroner dan juga stroke.
  • Manfaat kurma untuk ibu hamil diperkaya dengan kandungan manfaat zat besi untuk ibu hamil serta vitamin B kompleks. Hal ini berfungsi dalam proses pembentukan sel darah merah sehingga mampu mencegah anemia.
  • Kurma juga dapat membantu kita dalam meningkatkan kesehatan mata, hal ini dikarenakan kurma diperkaya dengan Vitamin A.
  • Makanan sehat untuk ibu hamil yang mengandung tanin ini, akan membantu tubuh dalam menghadapi infeksi, karena tanin dalam kurma berguna sebgai anti infeksi. Selain sebagai anti infeksi, tanin juga berfungsi sebagai anti inflasi.
  • Kurma juga dapat membantu memperlancar buang air besar atau mengobati sembelit.
  • Kandungan energi yang cukup banyak di dalam buah kurma menjadikan buah ini sebagai makanan pelengkap yang cukup favorit di saat bulan puasa, baik untuk makanan saur maupun saat berbuka.
  • Kurma juga sangan bermanfaat untuk menangkal racun. Hal ini karena kurma memiliki kandungan vitokimia dan juga diperkaya dengan zat antioksidan.
  • Manfaat alpukat untuk ibu hamil, karena banyaknya serat di dalamnya yang ternyata sangat berguna dalam membantu selaput lendir usus. Hal ini juga terdapat pada kurma yang mampu mengikat bahan kimia yang ada, sehingga buah kurma dapat mencegah sembelit pada ibu hamil.


Di atas telah disebutkan dan dijelaskan mengenai manfaat yang dapat kita peroleh jika kita mengkonsumsi buah kurma. Selanjutnya kita akan membahas mengenai manfaat buah kurma untuk ibu hamil. Manfaat-manfaat buah kurma untuk ibu hamil secara spesifik adalah:
  • Kalium – Nutrisi gizi ibu hamil ini, menjadi salah satu kandungan kurma ini tentu sangat berguna, karena kandungan tersebut sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada calon bayi yang sedang dikandung.
  • Karbohidrat – Glukosa dan juga fruktosa yang terkandung dalam buah kurma berperan cukup penting untuk menambah kekuatan sang ibu saat proses persalinan berlangsung.
  • Hormon oksitosin – Kandungan ini menambah daftar manfaat kurma untuk ibu hamil, di mana nutrisi ibu hamil tersebut berguna dalam memperlancar proses persalinan dan memperlancar asi (air susu ibu).

Manfaat yang baru saja disebutkan adalah manfaat buah kurma secara spesifik bagi ibu hamil. Namun yang perlu kita ingat bahwa semua manfaat baik yang baru saja disebutkan maupun manfaat yang sebelumnya telah disebutkan terlebih dahulu itu semua dapat berlaku bagi ibu hamil.

Seperti halnya kandungan energi yang dapat menambah energi dalam tubuh, antioksidan, penawar racun, yang juga diperlukan oleh ibu hamil.
Top