MasyaAllah, Inilah 11 Khasiat Istimewa Kurma Ajwa (Kurma Nabi) Bagi Kesehatan

Komentar

kurma ajwa via blog.tokobagus.biz.id

Setiap bulan ramadhan kita pasti dihadapan dengan sebuah kebiasaan untuk bisa mengonsumsi buah kurma. Dari berbagai macam kurma yang ada di pasaran, kurma Ajwa atau dikenal sebagai kurma nabi inilah yang paling banyak dicari dan paling besar manfaatnya bagi kesehatan.

Kurma ajwa berasal dari Madinah, dan konon pohonnya ditanam sendiri oleh Rasulullah SAW.

Kurma ajwa merupakan salah satu jenis buah kurma yang paling unggul dengan harga yang tidak terlalu mahal dan cita rasa yang pas di lidah. Kurma ajwa adalah kurma dengan varietas unggul yang dapat dijadikan pilihan.

Kurma ajwa berbeda dengan jenis kurma lain baik dari segi rasa, khasiat, harga dan bentuknya.

11 Khasiat Kurma Ajwa (Kurma Nabi) untuk Kesehatan

Dari beberapa kandungan utama buah kurma tersebut, setidaknya ada 3 nutrisi utama yang ada didalam buah kurma, kandungan yang ada didalamnya sudah barang tentu memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Seperti diantaranya :

1. Khasiat Buah Kurma Ajwa untuk Ibu Hamil

ilustrasi ibu hamil via nakita.grid.id

Didalam buah kurma, juga terdapat zat alami bernama potassium yang berguna untuk mengatasi stress, sembelit dan lemah otot. Selain itu, zat besi dan kalsium yang terkandung pada kurma bisa menanggulangi risiko penyakit jantung dan kencing manis.

Selain manfaat diatas, kurma ternyata juga baik untuk ibu yang sedang mengandung, utamanya untuk si calon anak nantinya.

Rasulullah Saw menyarankan supaya ibu yang sedang hamil untuk mengkonsumsi buah kurma, hal ini nantinya akan memberikan efek baik kepada bayi ketika lahir.

Berilah makan buah kurma kepada isteri-isteri kamu yang sedang hamil. Karena sekiranya wanita hamil itu memakan buah kurma, niscaya anak yang akan lahir kelak akan menjadi anak yang penyabar, bersopan santun serta cerdas. Sesungguhnya makanan Siti Maryam takkala melahirkan Nabi Isa a.s adalah buah kurma. Sekiranya, Allah Swt., menjadikan suatu buah yang lebih baik dari pada buah kurma, maka Allah telah memberi makan buah itu kepada Siti Maryam.” (H.R. Bukhari)

2. Khasiat Buah Kurma untuk Memenuhi Nutrisi Tubuh

Salah satu yang paling umum dari manfaat buah kurma ajwa ialah bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh serta memulihkan energi. Secara umum, semua kurma sangat bagus untuk manfaat yang satu ini.

Di setiap harinya tubuh manusia tentu membutuhkan asupan gizi dan nutrisi dalam proses metabolisme tubuh dan untuk tetap bisa segar dan bugar dalam beraktifitas sehari-hari.

Sehingga siapapun bisa mengkonsumsi buah kurma ajwa ini, mulai anak dibawah umur hingga orang yang sudah tua.

Seperti yang sudha kita ketahui, kandungan utama dari buah kurma ajwa sangat bermanfaat untuk kesehatan dan daya tahan tubuh, diantaranya vitamin A dan C, protein, zat besi dan kalsium.

Dan masih banyak kandungan baik yang alinnya seperti glukosa alami, serat yang baik untuk dikonsumsi sehari-hari.

3. Buah Kurma Bermanfaat bagi Ibu Menyusui

ilustrasi menyusui anak via lancarasi.net

Manfaat baik selanjutnya buah kurma ajwa adalah sangat membantu melancarkan produksi ASI bagi ibu menyusui. Ibu menyusui adalah bagian yang harus dialami oleh setiap wanita yang sudah berhasil dan selamat untuk melahirkan buah hatinya ke dunia.

Sehingga, ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung banyak nutrisi. Salah satunya dengan memperbanyak mengkonsumsi buah kurma ajwa.

Buah kaya akan nutrsi serta bisa membantu memproduksi banyak ASI. Nutrisi dari buah kurma juga akan masuk ke ASI yang sangat dibutuhkan oleh bayi.

4. Buah Kurma Bagus untuk Mengatasi Masalah Pencernaan

Manfaat kurma ajwa bagi bagi kesehatan tubuh yaitu, buah ajwa ini bagus untuk membantu menyehatkan pencernaan kita. Sistem pencernaan dalam tubuh merupakan hal pokok yang begitu penting dalam proses metabolisme tubuh.

Saat sistem pencernaan terganggu, tubuh akan menjadi lemas dan tidak sehat karena tidak bisa mengolah makanan yang telah dikonsumsi sebelumnya dengan baik.

Jika sistem pencernaan baik, maka akan lancar pula pencernaan makanan dalam tubuh. Jika pencernaan kurang lancar, kamu bisa mengkonsumsi buah kurma ajwa.

Kandungan potassium yang ada pada kurma ini juga berguna untuk menyehatkan sistem pencernaan, otot yang lemah, mengalami stress, dan sebagainya.

5. Buah Kurma Bagus untuk Tumbuh Kembang Anak-anak

ilustrasi tumbuh kembanga anak via baliexpress.jawapos.com

Bagi anak yang dalam masa tumbuh kembang, hal yang wajib dperhatikan oleh orang tua selain dari pengajaran karakter dan kasih sayang juga perlunya asupan nutrisi yang baik bagi si anak.

Anak-anak adalah masa dimana tumbuh dan berkembang. Sehingga pola makan anak harus dijaga dan dikontrol dengan baik.

Untuk itu anak-anak bisa dianjurkan untuk mengkonsumsi buah kurma ajwa. Karena buah kurma ajwa ini sangat baik untuk perkembangan otak dan melatih konsentrasi.

Nutrisi buah kurma bisa menyehatkan badan dan juga pikiran karena didalamnya terkandung nutrisi yang bisa menghilangkan stres. Dengan begitu anak akan aktif dan tumbuh menjadi anak yang cerdas.

Anak-anak bisa diberi kurma rutin untuk dikonsumsi dengan dibantu oleh orangtua.

6. Buah Kurma Bisa Mencegah Usus Terkena Bakteri dan Mengobati Sakit Maag

Makan makanan yang tidak sehat serta pola yang tidak baik bisa menyebabkan terjadinya gangguan pencernaan, selain itu akan banyak timbul penyakit didalamnya salah satunya adalah karena gangguan bakteri.

Hal ini rentan sekali terjadi bila kita tidak memperhatikan makanan apa saja yang masuk ke dalam mulut kita.

Seperti misalnya makanan yang kurang bersih, jajan diluar yang mungkin tempat makannya tidak bersih dan lainnya, tentunya makanan-makanan tersebut sangat mungkin mengandung virus dan bakteri.

Untuk itu, kita harus memperhatikan pola makan diri kita dan keluarga kita dengan baik. Kamu bisa menjaikan buah kurma ajwa untuk dikonsumsi rutin.

Seperti yang sudah dijelaskan dipoin sebelumnya, masalah pencernaan bisa diatasi dengan buah ini. Karena buah kurma ajwa ini dapat menghilangkan bakteri jahat yang ada di dalam sistem pencernaan.

Sehingga buah kurma ajwa dapat membantu untuk mencegah penyakit sembelit ataupun diare karena makanan yang tidak sehat.

Selain itu, gangguan pencernaan seperti sakit maag juga bisa diobati dan dihilangkan dengan membiasakan makan buah kurma ajwa.

7. Kurma Bagus untuk Mengatasi Penyakit Anemia

ilustrasi anemia via sehatnesia.com

Seperti yang sudah diketahui, buah kurma bagus untuk pencernaan. Selain itu gangguan anemia atau kekuangan sel darah merah juga bisa diatasi dengan memperbanyak konsumsi kurma ajwa.

Penyakit anemia adalah penyakit kekurangan sel darah merah. Sedangkan penyakit maag bisa diakibatkan karena faktor telat makan ataupun keturunan. Untuk membantu menyembuhkan penyakit anemia dan maag.

Kedua masalah kesehatan ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi makanan-makanan alami, salah satunya dengan mengkonsumsi buah kurma ajwa.

Buah kurma ajwa ini merupakan buah alami dan sangat baik bila dikonsumsi dalam tubuh. Seperti halnya seseorang yang terkena sakit demam berdarah, trombosit dalam tubuh juga menurun drastis.

Buah kurma ajwa juga sangat ampuh untuk meningkatkan trombosit dalam darah dan membantu pemulihan seseorang yang sakit DB.

Tidak ada efek samping negatif untuk buah kurma ajwa bila dikonsumsi. Buah kurma ajwa sangat bermanfaat untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat.

8. Kurma juga Berkhasiat untuk Mencegah Penyakit Jantung dan Diabetes

Manfaat buah kurma ajwa selanjutnya untuk kesehatan adalah bisa mencegah penyakit jantung dan diabetes mellitus. Kedua penyakit itu adalah penyakit yang sangat berbahaya jika sudah menyerang manusia.

Hal ini karena organ jantung, seperti halnya baterai kehidupan kita, sumber listri agar manusia bisa beraktivitas dan hidup. Tentunya jika seseorang terjangkit serangan jantung akan sangat berbahaya jika tidak ditangani secara serius.

Selain itu juga penyakit diabetes mellitus yang juga berbahaya bagi kesehatan tubuh perlu dilakukan penanganan. Penyakit ini bisa menyebabkan gangguan kadar gula dalam darah tidak normal

Jika kadar gula darah tidak normal akan berdampak buruk bagi tubuh dan organ-organ vital lainnya seperti jantung dan ginjal.

Salah satu penanganan dalam mencegah penyakit diabetes mellitus dan penyakit jantung dengan mengkonsumsi kurma ajwa.

Karena buah kurma ajwa mengandung zat besi, kalsium, niacin, kalium yang baik untuk menjaga kesehatan dan mengatasi masalah jantung dan kadar gula dalam darah.

9. Buah Kurma Bagus untuk Mencegah Osteoporosis dan Menjaga Kesehatan Tulang

ilustrasi kesehatan tulang via ournal.20fit.co.id

Mencegah osteoporosis dan menjaga kesehatan tulang juga dapat diporeleh dari manfaat buah kurma ajwa. Osteoporosis dan kepadatan tulang dipengaruhi oleh kalsium yang dikandung dalam tubuh.

Untuk menghindari penyakit osteoporosis dan membantu menjaga kesehatan tulang, kamu bisa mengkonsumsi buah kurma ajwa.

Karena buah kurma ajwa mengandung kalsium yang sangat dibutuhkan untuk menjaga tulang agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai masalah pada tulang.

10. Buah Kurma juga Dapat Digunakan untuk Penurunan Berat Badan

Manfaat buah kurma ajwa yang kesepuluh ialah bagus digunakan untuk membantu penurunan berat badan.

Bagi sebagian orang yang memiliki kelebihan berat badan bisa memilih mengkonsumsi buah kurma ajwa ini secara rutin dan teratur.

Karena buah kurma ajwa ini memiliki kandungan rendah kolesterol yang baik untuk kesehatan tubuh. Karena kolesterol yang menyebabkan seseorang menjadi gemuk dan kelebihan berat badan.

Selain itu kolesterol juga bisa menyebabkan berbagai macam penyakit lainnya.

11. Kurma Bagus untuk Membantu Meningkatkan Libido

ilustrasi pasangan kekasih via sepenggal.info

Manfaat buah kurma ajwa berikutnya adalah membantu untuk meningkatkan libido. Libido adalah bagian dari gairah saat beribadah malam hari untuk melakukan hubungan dengan pasangannya.

Libido ini berbeda-beda setiap orangnya. Jika ada orang yang libidonya lemah, bisa dianjurkan untuk mengkonsumsi buah kurma ajwa.

Karena buah kurma ajwa dapat meningkatkan libido dengan cara yang alami. Sehingga kamu bersama pasangan bisa menikmati dengan nyaman jika berhubungan dengan pasangannya.

Buah kurma ajwa ini sifatnya alami dan lebih baik mengkonsumsi bahan alami daripada mengkonsumsi obat-obatan berbahaya yang efek sampingnya berdampak pada tubuh.

Baca Juga : Manfaat Sari Kurma yang Ternyata Sangat Bagus Untuk Ibu Hamil

Demikianlah uraian dari 11 khasiat buah kurma ajwa yang menakjubkan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita dalam menjaga kesehatan dengan memanfaatkan khasiat buah yang sehat pula.

Pola makan dan hidup yang sehat akan lebih menguntungkan Anda nantinya di masa depan, karena kesehatan jaman sekarang merupakan mahal, jadi jaga kesehatan Anda dari sekarang.
Top