Mengungkap Mitos Kista Rahim yang Dihubungkan dengan Kesuburan Wanita

Komentar
Kista via bukumedis.com

Kista rahim memang sangat mengkhawatirkan bagi para wanita. Kenali penyebab dan cara mengatasi kista rahim secara alami disini, yuk simak bersama.

Tiap wanita pasti takut jika mendengar penyakit bernama kista rahim. Penyakit ini menjadi hal yang menakutkan karena kehadirannya di tubuh bisa saja datang kapan saja. Kista rahim yaitu penyakit yang paling banyak ditemui pada wanita yang menjelang masa menopause, pascamenopause. Masalah kista rahim memang sering membuat wanita cemas. Untuk mengatasinya, cobalah cara alami berikut ini.


Kista rahim banyak dihubungkan dengan kesuburan. Wanita yang mempunyai kista, kadang takut tidak bisa hamil. Penyebab kista Rahim akan kami ulas secara detail berdasarkan teori yang dikemukakan oleh banyak ahli medis dan para dokter. Bagi kaum wanita, mengetahui penyebab kista pada rahim merupakan sebuah keharusan. Dengan mengatahui berbagai macam penyebab penyakit kista rahim beserta cara mengatasi kista rahim secara alami dibawah ini.

Kista rahim via obatherbalpolib.web.id

Penyebab Kista Rahim:

1. Penyebab Penyakit Kista Dari Sistem Imun Yang Abnormal

Salah satu teori yang telah kami nukil dari beberapa buku medis mengatakan bahwa salah satu penyebab kista di rahim yang umumnya ditemui pada khalayak ramai adalah sistem kekebalan tubuh atau imun yang abnormal. 

Sistem imun dan metabolisme tubuh kita merupakan hal penting yang setiap tubuh manusia harusnya miliki. Melencengnya sistem imun, dalam kasus penyebab penyakit kista biasanya berefek kepada jaringan menstruasi yang bekerja di daerah lain (bukan di daerah sensitif). sistem kekebalan tubuh yang abnormal itu sendiri bisa disebabkan oleh banyak faktor.

2. Penyebab Yang Berasal dari Faktor Keturunan

Beberapa ahli juga berpendapat bahwa genetika dan faktor keturunan menjadi salah satu faktor terbesar yang bisa disebut sebagai tersangka utama dari penyakit kista rahim ini. Biasanya faktor genetik dalam kasus ini banyak ditemukan pada wanita yang dalam sistem metabolisme tubuhnya memiliki trigger dengan kepekaan yang terlalu sensitif pada endometriosis. 

Pada proses menstruasi, biasanya secara normal ovarium akan menciptakan suatu hormon yang memberikan rangsangan sel pada layer rahim. Wanita yang memiliki sifat peka yang berlebihan pada endometriosis tidak bisa melepaskan diri dari jaringan yang terangsang oleh hormon tersebut selama fase mens tersebut, hingga berujung pada pendarahan ringan. 

Bila Anda memiliki ibu atau saudara wanita yang memiliki gejala demikian, maka anda memiliki kemungkinan besar mengalami resiko yang sama dan itu adalah penyebab kista di rahim yang terjadi pada Anda.

3. Retrograd: Penyebab Dari Fase Mens Yang Bergerak Mundur

Salah satu teori yang paling terkenal diantara teori teori penyebab kista di rahim adalah teori retrograd. Teori ini mengatakan bahwasanya kista rahim bisa disebabkan oleh proses atau fase menstruasi yang bergerak mundur. 

Pada saat proses datangnya tamu bulanan wanita, umumnya sel endometrium memberikan respon pada hormon yang dikeluarkan oleh ovarium. Namun kejanggalan terjadi pada proses rangsangan sel tersebut. Sel-sel yang dilepaskan bergerak menuju tuba falopi yang bermuara dibagian panggul.


Itulah tiga teori tentang penyebab utama dari penyakit kista rahim. Setelah kita mengetahui penyebabnya, sekarang kita akan membahas cara mengatasi kista rahim secara alami.

Mengatasi kista via aryanto.id

Cara Mengatasi Kista Rahim Secara Alami:

1. Minyak jarak

Minyak jarak merupakan obat kuno yang dipercaya dapat mengatasi penyakit kista ovarium. Minyak esensial ini berfungsi sebagai pembersih tubuh dari racun serta jaringan berlebih. Minyak jarak juga dapat merangsang sistem peredaran darah dan limfatik sehingga berdampak pada pengurangan serta pelarutan kista ovarium. 

Caranya, cukup teteskan minyak jarak pada handuk. Kemudian lipat kain tersebut hingga beberapa lapisan dan taruh di atas perut hingga tertutup semua. Pengobatan ini dapat dilakukan kapan pun, kecuali saat sedang menstruasi dan setelah ovulasi.

2. Teh hijau

Teh hijau adalah salah satu bahan alami yang ampuh untuk mengatasi miom. Manfaat teh hijau sebagai obat miom bahkan telah dibuktikan oleh sebuah penelitian dari Meharry Medical College di Nashville di Amerika Serikat. 

Tim peneliti membuktikan bahwa ekstrak teh hijau dapat digunakan untuk menyembuhkan miom rahim dengan membunuh sel leimyoma dan menyembuhkan luka fibroid setelah diuji pada hewan. Untuk mengobati miom, cukup dengan meminum dua sampai tiga cangkir teh hijau sehari.

3. Cuka apel

Bahan alami lainnya yang dapat mengobati miom dengan efektif adalah cuka apel. Cuka apel dipercaya mampu melarutkan dan mengecilkan kista yang disebabkan oleh kurangnya kandungan kalium pada tubuh. Cuka yang dibuat dari sari apel ini kaya akan kandungan kalium untuk mengatasi kista. 

Caranya, campurkan satu sendok makan cuka apel dengan segelas air hangat. Untuk mengobati kista dengan ampuh, minumlah campuran ini sebanyak dua gelas sehari.

4. Bit

Akar bit yang berwarna merah mengandung senyawa betasianin yang mampu membantu hati untuk membersihkan racun, termasuk kista ovarium dalam tubuh. Selain itu, sifat asam bit juga mampu melarutkan dan mengecilkan ukuran kista secara alami. 

Buatlah jus bit dengan memilih yang masih segar. Kemudian, blender bit dengan stroberi, jambu merah, dan wortel. Minum jus ini setiap pagi saat perut masih kosong untuk menghilangkan kista ovarium dengan cepat.

5. Bantal atau handuk panas

Selain lewat makanan, mengompres perut dengan bantal atau handuk panas adalah cara yang cukup efektif untuk mengurangi kram otot dan nyeri perut karena kista. Selain mengurangi nyeri, kompres ini juga merupakan metode yang baik untuk mengecilkan kista. 

Caranya, cukup celupkan handuk kecil pada air panas, lalu peras. Letakkan handuk pada bagian perut atau bawah panggul sambil berbaring dan diamkan hingga 20 menit. Lakukan sesering mungkin untuk hasil yang lebih cepat. Metode ini sangat ampuh untuk kista yang masih berukuran kecil.

Penyakit kista via beritahati.com


Nah, itulah penyebab dan cara  mengatasi kista rahim, semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan Anda serta bisa membantu dan bermanfaat bagi Anda. Bagi Anda yang terkena kista rahim, Anda juga bisa mencoba cara alami diatas, atau bisa berkonsultasi langsung kepada dokter.
Top