Tak Cuma Enak, Ternyata Kismis Memiliki Manfaat Bagi Kesehatan dan Kecantikan Lho!!

Komentar

kismis via brilio.net

Siapa yang tidak tahu kismis? Buah kering yang sering kali digunakan sebagai topping, camilan dan oleh-oleh haji ini memang memiliki keistimewaan. Yuk simak keistimewaannya pada artikel di bawah ini.

Kismis adalah salah satu jenis makanan yang terbuat dari buah anggur dengan melalui proses pengeringan terlebih dahulu. Kismis dapat dimakan langsung atau digunakan dalam masakan.

Kismis punya banyak manfaat untuk tubuh, termasuk sebagai asupan energi saat lari marathon. Hal ini karena kismis mengandung serat yang tinggi, kaya antioksidan serta vitamin dan mineral.

Kismis terbagi dua, yaitu kismis hitam dan kismis kuning. Biasanya kismis hitam digunakan sebagai campuran dessert atau topping makanan manis karena kandungan gulanya yang tinggi. Sedangkan, kismis kuning sering digunakan untuk makanan yang gurih atau asin.

7 Manfaat Kismis untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bentuknya memang bisa dikatakan tidak menarik, berkeriput. Tetapi siapa yang menduga, makanan kismis memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Beberapa diantaranya seperti berikut :

1. Menambah Berat Badan

ilustrasi menambah berat badan via falony.com

Jika Anda memiliki tubuh yang bisa dikatakan kurus, sebaiknya anda harus mengkonsumsi kismis setiap hari. Makanan satu ini dikenal sebagai makanan yang sangat ampuh untuk penambahan berat badan. Selain itu, kandungan fruktosa dan glukosa dalam kismis dapat meningkatkan energi tubuh.

2. Mengatasi Kekurangan Sel Darah Merah

Secara umum, kebanyakan orang lebih suka makan daging atau hati jika sedang mengalami kurang darah atau anemia. Padahal, untuk mengatasi masalah seperti itu anda dapat mengkonsumsi kismis karena makanan tersebut juga bisa dijadikan solusi untuk mengatasi masalah kurang darah. Salah satu alasan mengapa kismis dapat digunakan sebagai solusi untuk mengatasi anemia adalah karena mengandung cukup zat besi yang bisa membantu mengobati anemia.

3. Menetralkan Asam Tubuh

Peningkatan kadar asam yang terjadi di dalam tubuh mungkin terjadi oleh beberapa orang. Untuk mengatasinya, cobalah dengan mengonsumsi kismis. Kalium dan magnesium yang terkandung dalam kismis dapat bekerja dengan baik untuk menetralisir asam dalam tubuh.

4. Pencegahan kanker

ilustrasi cegah kanker via starjogja.com

Anggur diketahui bisa mencegah kanker. Hal ini juga berlaku untuk kismis. Kismis yang dibuat dengan anggur kering memiliki kandungan antioksidan tinggi yaitu polifenol, hal ini berguna untuk memerangi radikal bebas yang dapat menyebabkan tumor dan kanker juga.

5. Menjadikan Kulit Awet Muda

Manfaat kismis ke 5 adalah dapat membuat kulit menjadi awet muda, cantik dan lembut. Ini dikarenakan Nutrisi dan vitamin dalam kismis dapat mengatasi radikal bebas dan mengurangi risiko penuaan dini. Kabar baiknya, konsumsi kismis secara teratur juga bisa membantu Anda memiliki kulit yang sehat dan kencang.

6. Menjaga kesehatan Dan Kekuatan Gigi

ilustrasi gigi sehat via casova.net

Bagi Anda yang ingin memiliki gigi sehat dan kuat, usahakan rutin mengonsumsi kismis. Kandungan nutrisi dan zat besi dalam kismis dipercaya sangat baik untuk kesehatan gigi. Kismis juga berguna untuk mencegah plak, memutihkan gigi dan menyehatkan gusi.

7. Baik Untuk Kesehatan Mata

Tak hanya dengan wortel saja, kismis juga bisa membantu menjaga kesehatan mata Anda. Kandungan antioksidan yang dimiliki kismis dapat melindungi kesehatan mata Anda dan juga meningkatkan kemampuan penglihatan.

Sehat itu bisa didapatkan dengan cara yang gampang. Selain mengonsumsi makanan sehat dan bebas pestisida, perlu dilakukan aktivitas fisik agar badan selalu sehat. Buanglah camilan tidak sehat yang mengundang penyakit datang, beralihlah pada camilan sehat seperti kismis.

Baca Juga : Manfaat Sari Kurma yang Ternyata Sangat Bagus Untuk Ibu Hamil

Nah, itulah 7 manfaat kismis untuk kesehatan, konsumsilah kismis secara teratur dan dalam porsi yang tepat agar manfaat dan khasiatnya dapat anda rasakan secara alami. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua
Top