Kewajiban Istri Kepada Suami Menurut Islam yang Tak Boleh Terlupakan

Komentar

kewajiban istri via doadankajianislami.com

Setiap istri pasti ingin menjadi istri yang baik untuk suami. Untuk mengabulkan keinginan tersebut istri wajib mengetahui kewajiban istri pada suami. Apa saja itu? Simak berikut ini!

Setiap manusia pasti memiliki hak dan kewajiban. Baik itu kepada Allah selaku Tuhan kita dan juga kepada sesama. Begitu pula sebagai istri. Istri juga memiliki kewajiban istri kepada suami.

Untuk anda para istri, berikut kewajiban istri pada suami yang harus dilakukan menurut islam dan sabda hadist nabi Muhammad SAW agar menjadi istri yang taat kepada suami.

Setiap istri pasti ingin menjadi istri yang baik bagi suami. Oleh karena itu, mengetahui kewajiban istri sangatlah penting.

Tak hanya suami yang memiliki kewajiban kepada istrinya, tetapi sang istri juga memiliki kewajiban kepada sang suami yang tidak boleh dilupakan. Karena hubungan pernikahan adalah ikatan dua orang yang saling member dan saling menerima. Rasulullah bersabda,

“Seandainya aku memerintahkan seseorang untuk sujud pada yang lain, maka tentu aku akan memerintah para wanita untuk sujud kepada suaminya karena Alla telah menjadikan begitu besarnya hak suami yang menjadi kewajiban istri.” [HR. Abu Daud, Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad]

Pada hubungan rumah tangga bakal tercipta bahagia dan rukun jika suatu pasangan tersebut melakukan tugasnya sesuai petunjuk syariat islam.

Namun buat memperoleh hal tersebut tidaklah gampang, keduanya mesti melaksanakan tugasnya sesuai kewajibannya.

Kewajiban seorang laki-laki pastinya mengasih uang kebutuhan (nafkah), melindungi dan membimbing istri kepada keabaikan, serta menjaga kehormatan keluarga.

Demikian pula untuk istri tentunya mempunyai kewajiban kepada suami. Kewajiban seorang pria terhadap istrinya adalah hak yang mesti diperoleh istri demikian untuk kewajiban istri terhadap suami ialah hak yang diperoleh oleh suami.

Berikut ini ada beberapa hal yang harus dilakukan sebagai kewajiban istri pada suami dalam islam yang perlu diketahui oleh para wanita.

Baca Juga : Suami Harus Tahu!! Ini 9 Cara Menyenangkan Hati Istri

Kewajiban Istri Kepada Suami 

Berikut ini penjelasan lebih rinci megenai kewajiban istri.

1. Mentaati Perintah suami 

Mentaati semua perintah suami merupakan kewajiban istri terhadap suaminya , dengan catatan perintah suami tersebut merupakan perkara atau hal baik yang tidak melanggar larangan Allah swt dan Rasul saw .

Berikut adalah dasar hadistnya :

ayat menaati suami via warohmah.com

2.Melayani suami secara biologis

Seorang Istri wajib melayani kebutuhan biologis suaminya .Namun ketika istri sedang ada ada udzur seperti sedang haid , nifas , atau sedang sakit , maka seorang suami hendaknya tahu dan dapat memakluminya . Dan seorang istri juga harus menjelaskan secara baik – baik .

ayat melayani suami via warohmah.com

3. Tidak keluar rumah tanp adanya izin dari suamin

Seorang istri diwajibkan untuk tidak meninggalkan rumah tanpa izin dari suaminya . Kewajiban istri yang tentang hal ini merupakan hak suami yang dijelaskan langsung atau di perintahkan oleh Allah swt dalam QS. Al-Ahzab ayat 33 :

ayat keluar rumah via warohmah.com

Jadi , dapat disimpulkan dari surah di atas bahwasannya seorang istri ketika di rumah sendirian atau ketika di tinggal suami tidak boleh meninggalkan rumah tanpa seizin suami serta tidak boleh berhias yang bertujuan untuk mengumbar kecantikan dan supaya menarik perhatian dari lawan jenis yang bukan mahranya.

Dan hendaknya ketika seorang istri di tinggal suaminya keluar , maka sibukanlah dirinya dengan shalat atau ibadah – ibadah yang di perintahkan Allah swt .

4. Tidak mengizinkan orang lain masuk ke rumah tanpa seizin suami 

Seorang istri tidak boleh sembarang menerima tamu , apa lagi yang bukan mahramnya . Hal ini dijelaskan dalam sebuah Hadist :

Rasulullah saw bersabda :

ayat izin suami via warohmah.com

5. Tidak melakukan puasa sunnah tanpa izin dari suaminya 

Menjalankan puasa sunnah adalah hal yang baik dan boleh dilakukan oleh siapa saja .Dan menjalankan puasa sunnah tanpa izin suaminya maka puasanya tetap syah

Namun , puasa sunnah hukumnya sunnah sedangkan mentaati perintah suami adalah suatu kewajiban istri. Dan menjalankan kewajiban istri adalah hal yang utama di atas hal yang di sunnahkan .

6. Seorang istri wajib memelihara dirinya ketika ditinggal suaminya 

Seorang istri ketika suaminya tidak ada di rumah atau ketika suaminya pergi , maka seorang istri harus mampu menjaga harga dirinya dan harga diri suaminya . Seperti yang dijelaskan dalam QS. An- Nisa yat 34 yang artinya :

ayat memelihara diri via warohmah.com

7. Seorang istri tidak boleh membelanjakan harta suaminya tanpa izin dari suaminya 

Seorang istri tidak boleh membelanjakan harta suaminya atau memberikan harta suaminya kepada orang lain tanpa adanya izin dari suami . Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadist di bawah ini .

Rasulullah saw bersabda :

ayat berbelanja via warohmah.com

8. Seorang istri harus selalu menjaga perasaan suaminya 

Yang di maksud adalah seorang istri harus tetap menjaga perasaan hati seorang suami , selalu membuat bahagia dan tidak boleh menyakiti hatinya . Apalagi sampai berzina atau bermesra- mesraan dengan laki – laki lain atau berbohong kepada suaminya .

ayat menjaga perasaan via warohmah.com

9. Seorang istri harus berpakaian yang bagus dan bersolek di depan suami 

Seorang istri harus selalu menjaga penampilannya di depan suami ,dan ketika dipandang suami merasa senang . Seperti sabda Rasulullah saw :

ayat berpakaian bagus via warohmah.com

10. Seorang istri tidak boleh meminta talak

Seorang istri yang baik , harus tetap menjag akeutuhan keluarganya . Dan seorang istri tidak boleh meminta talak kepada suaminya tanpa adanya alasan yang jelas. Bahkan seorang istri yang meminta talak tanpa adanya alasan yang jelas maka dia akan diharamkan mencium baunya syurga .Seperti yang dijelaskan Rasulullah saw berikut ini .

ayat tak boleh talak via warohmah.com

Sekian 10 kewajiban istri kepada suami, semoga kita semua bisa melaksanakannya dengan baik. Meskipun mungkin terdengar sepele, namun akan berdampak besar dalam kehidupan berumah tangga. Dan saling menghargai hak dan kewajiban kedua belah pihak adalah salah satu kunci menuju kehidupan pernikahan yang di Ridhoi oleh Allah SWT.
Top