Ketahuilah, 10 Cara ini Efektif Atasi Susah Tidur

Komentar
Anda susah tidur di malam hari?? Ini solusinya..

Tidur merupakan kebutuhan vital untuk tubuh kita. Kekurangan tidur ataupun mendapatkan tidur yang tidak berkualitas akan membuat kesehatan tubuh kita terganggu.

Seseorang yang kurang tidur juga akan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Nah, untuk mengatasi hal itu, berikut beberapa cara mengatasinya..



Image from ruangmuslimah.com

Susah tidur merupakan masalah yang cukup serius. Mengingat, ketika seseorang kesulitan tidur, maka akan mengganggu waktu istirahatnya, seperti yang dikutip dari ruangmuslimah.com.

Dimana, niatnya yang ingin mengistirahatkan tubuh dari penatnya aktivitas, malah terganggu. Sehingga, kualitas istirahatnya tidak membaik. Lantas, bagaimana cara mengatasi sulit tidur?

Baca juga : Ketahuilah, 10 Cara ini efektif Atasi Susah Tidur

Di antara hal yang dapat membantu mengatasi sulit tidur adalah dengan menerapkan sleep hygiene (kebiasaan tidur yang sehat), seperti:

1. Cobalah untuk memulai tidur pada waktu yang sama setiap malamnya, dan bangun juga pada waktu yang sama di pagi harinya.

2. Cobalah untuk tidak tidur lama di siang hari, karena hal itu dapat membuat susah mengantuk di malam harinya.

3. Hindari kafein, nikotin, dan alkohol di sore hari. Kafein dan nikotin adalah stimulan yang dapat membuat sulit tidur, sedangkan alkohol dapat menyebabkan terbangun di malam hari dan mengurangi kualitas tidur. Terlebih lagi, keduanya haram untuk dikonsumsi.

4. Berolahragalah secara teratur, namun jangan lakukan menjelang waktu tidur karena dapat menstimulasi saraf dan menyebabkan terjaga lebih lama.

Para ahli menyarankan untuk menghindari olahraga minimal 3-4 jam sebelum tidur.

5. Jangan mengonsumsi makanan pada waktu larut, kecuali sedikit snack ringan menjelang tidur.

6. Buatlah ruangan tidur menjadi nyaman; pastikan pencahayaan redup, suasana tenang, dan tidak terlalu panas atau dingin. Jika takut gelap, cobalah tidur dengan menggunakan masker tidur.

Jika masalahnya adalah kebisingan, cobalah menggunakan sumbat telinga, kipas angin, atau mesin yang mengeluarkan “white noise” untuk menutupi suara bising tersebut.

Baca juga : Tips Buat Bunda, 8 Cara Mengobati Radang Tenggorokan Pada Anak dengan Cepat

7. Lakukan ritual rutin yang dapat merilekskan tubuh menjelang tidur. Membaca buku, atau mandi.

8. Hindari menggunakan tempat tidur untuk kegiatan lain selain tidur atau untuk yang sudah menikah, hubungan suami istri.

9. Jika sulit tidur dan tidak mengantuk, bangunlah dan lakukan kegiatan tenang seperti membaca atau yang tidak terlalu menstimulasi sampai merasa mengantuk.

10. Jika sulit tidur karena mengkhawatirkan sesuatu, cobalah membuat to-do list sebelum pergi tidur. Kegiatan ini dapat membantu untuk mengalihkan fokus dari mengkhawatirkan hal tersebut sepanjang malam.

Demikian, semoga bermanfaat.
Top