Trik Mendapatkan Kerja Freelance Populer yang Cepat Menghasilkan Uang

Komentar

Freelace via machinedesign.com

Sekarang ini banyak orang yang mencari kerja freelance, terutama untuk orang yang memiliki banyak waktu. Kerja freelance ini juga tidak terlalu terikat oleh peraturan, jadi kita bisa lebih santai.

Temukan pekerjaan freelance paling populer saat ini, kini menjalani kerja secara freelance menjadi pilihan yang menarik bagi banyak orang. Kebebasan dalam bekerja tanpa batas waktu dan tempat menjadi minat sendiri untuk beberapa orang yang memiliki banyak waktu luang.

Mau punya penghasilan tambahan tanpa terikat jam kantor? Cari pekerjaan yang tepat buatmu di situs lowongan kerja freelance ini.

Pekerjaan freelance kerap kali dicari oleh mereka yang mau jam kerjanya fleksibel dan tidak harus bepergian keluar rumah. Apa saja sih kerja freelance yang populer saat ini? Buat Anda yang ingin mengambil kerja freelance ini ketahui terlebih dahulu kerja freelance yang paling populer dan trik mendapat kerja freelance dengan cepat yang bisa Anda coba.

Kerja Freelance yang Paling Populer:

1. Penulis

Jika Anda merasa memiliki talenta dalam menulis, jangan sia-siakan begitu saja. Menulis adalah salah satu pekerjaan freelance atau paruh waktu yang paling banyak dibutuhkan, dan juga sekaligus diminati. Kalau Anda merasa dapat mengekspresikan apa yang diketahui melalui penyusunan kata-kata, cobalah untuk menjadi seorang penulis lepas.

Selain pekerjaan tersebut tidak banyak memakan waktu dan tenaga, hobi Anda pun tersalurkan. Setidaknya kini tulisan tidak hanya duduk berdebu di buku harian, tetapi dapat di share untuk banyak orang di luar sana, kan? Menulis freelance cocok untuk dilakukan bagi kalian para mahasiswa, pekerja paruh waktu, atau bahkan yang sudah pensiun. Fleksibel, kan?

Banyak info mengenai lowongan pekerjaan penulis lepas yang bisa ditemukan di internet atau harian koran. Umumnya perusahaan membutuhkan penulis untuk menulis artikel-artikel sesuai orderan. Atau bisa juga di beberapa website online. Cara lainnya adalah Anda bisa buka lapak di forum-forum jual beli online, dan jual jasamu untuk menulis.

2. Pemandu Wisata

Jika Anda berasal dari perguruan tinggi pariwisata, pekerjaan freelance sebagai pemandu wisata di travel agent atau tempat-tempat wisata adalah pilihan yang cocok. Bukan dari jurusan pariwisata? Tidak apa-apa. Kalau Anda menyukai dan adalah penggiat travelling dan memiliki wawasan luas mengenai dunia pariwisata, Anda bisa tetap coba melamar sebagai pemandu wisata.

Cobalah ambil waktu di akhir pekan, agar fleksibel dan bebas, dan juga tidak menggangu jadwal perkuliahan atau kerja tetap Anda, karena seorang pemandu wisata membutuhkan waktu sangat banyak. Tapi jangan khawatir, karena pekerjaan ini memberikan Anda kesempatan jalan-jalan gratis dan bertemu banyak orang baru setipa minggunya, kan? Lowongan pekerjaan sebagai pemandu wisata sangat banyak untuk musim liburan. Layak dicoba, kan?

Baca Juga : Ketahui Kerja Sampingan dengan Modal Kecil dan Tidak Terlalu Menyita Waktu

3. Guru Les Privat

Anda memiliki ilmu salah satu pelajaran atau mata kuliah yang Anda telah pelajari? Karena selain uang yang didapatkan, Anda pun menimba tambahan ilmu lagi. Ingat, mengajari orang adalah salah satu cara belajar untuk diri Anda sendiri yang ampuh, loh.

Memiliki kemampuan berbahasa asing yang mumpuni? Coba lamar kerja di tempat kursus bahasa asing. Pandai matematika? Banyak anak SMA yang membutuhkan les privat pelajaran tersebut.

Orangtua kebanyakan rela mengeluarkan uang banyak demi anak-anak mereka mendapatkan bimbingan tambahan di luar sekolah. Memang dibutuhkan kesabaran yang ekstra, tapi apa yang Anda pelajari di bangku kuliah bisa digunakan untuk mendapatkan penghasilan, kan?


Kerja freelance via getthegloss.com

4. Reporter atau Kontributor

Kalau Anda kuliah di bidang jurnalistik, atau setidaknya memiliki minat di dunia jurnalistik, coba untuk bekerja sebagai reporter freelance di media. Zaman sekarang seorang jurnalis tidak harus bekerja full time dan tetap di satu kantor.

Berkat internet, citizen jurnalis sekarang mampu memberikan kontribusi untuk memberitakan berita pula. Banyak media cetak maupun elektronik yang membuka lowongan part time atau freelance di daerah-daerah lokal.

Tugasnya cukup sederhana namun menantang, yaitu seperti memberikan laporan kejadian di tempat yang telah ditentukan, atau membuat berita mengenai daerah tempat tinggal Anda.

5. Proofreader

Anda merasa diri cukup teliti dalam editing atau proofreading sebuah karya tulisan? Ada loh beberapa media atau penerbit yang membutuhkan part time dan freelance sebagai proofreader! Tugas Anda adalah mengecek dan mengoreksi naskah untuk penggunaan bahasa, mencari apakah terdapat kesalahan penulisan, apakah sesuai EYD, dan lainnya. Maka dari itu dibutuhkan ketelitian dan kejelian yang tinggi.

6. Barista

Suka nongkrong di coffee shop bareng teman-teman, dan mencoba beragam jenis minuman baru? Kenapa tidak coba jadi baristanya saja? Lowongan sebagai barista banyak ditawarkan di coffee shop, khususnya untuk part time. Persyaratannya juga cukup mudah kok. Kirimkan CV dan resume, dan biasanya tidak dibutuhkan pengalaman khusus. Jam kerja pun disesuaikan dengan jam kuliah atau jadwal keseharian Anda.

7. Fotografer

Di zaman kini banyak kebutuhan foto yang semakin mendesak, untuk keperluan berbagai macam acara. Mulai dari pesta pernikahan, pesta ulang tahun, acara wisuda, dan event-event khusus lainnya. Jika hobi fotografi Anda didukung dengan kemampuan memotret dan skill editing foto yang baik, kenapa tidak coba tawarkan jasa foto?

Mulailah dengan menawarkannya kepada teman-temanmu dahulu. Dengan bermodalkan kamera DLSR dan kemampuan-kemampuan di atas sudah cukup, kok. Lagi pula, bekerja sebagai fotografer Anda juga bisa sekaligus mengembangkan skill fotografimu. Bisa juga ini jadi salah satu upaya dan usahamu untuk merintis bisnis kecil-kecilanmu nanti.


Kerja via online-writing-jobs.com

Trik Mendapat Kerja Freelance dengan Cepat:

1. Gali Minat dan Bakatmu

Mungkin Anda berpikir tidak memiliki sesuatu yang bisa ditawarkan pada klien di dunia kerja freelance nanti. Coba ingat apa saja hal yang pernah Anda minati. Terkadang Anda menyepelekan minatmu pada sesuatu karena Anda belum tahu apa yang bisa Anda dapat dari menyukai hal tersebut. Pikirlah apa yang bisa Anda lakukan di dunia kerja freelance dengan menggunakan minatmu tersebut.

Suka melihat foto-foto apik di majalah ternama? Tantang dirimu untuk mengambil jepretan foto sendiri. Tidak punya kamera? Pinjam kamera dari temanmu atau pergilah ke tempat penyewaan. Suka membaca novel romantis? Mengapa tidak menulisnya sendiri? Coba tulis cerita-cerita pendek dari pengalaman pribadi atau mungkin sahabatmu.

Pada awalnya mungkin Anda merasa tidak percaya diri dengan hasil karyamu. Tapi hal tersebut wajar, karena Anda memang masih pemula dalam bidangmu. Coba cari referensi-referensi baru, dan tirulah.

Belajar dari tips-tips yang tersebar di dunia maya. Pinjam buku-buku tentang hobimu di perpustakaan. Jangan ragu untuk menghabiskan waktu, tenaga, dan bahkan uang untuk mempelajari dan mencoba hal-hal baru. Pikirkan hal tersebut sebagai bentuk investasimu sebelum memasuki dunia kerja freelance.

2. Bagilah Pengalamanmu Sebelumnya

Setelah Anda tahu apa yang Anda minati dan kuasai, mulailah mengincar suatu jenis proyek kerja freelance tertentu dari hal tersebut apakah itu tulisan, terjemahan, desain, atau fotografi. Apapun yang pernah Anda lakukan dengan skill yang akan Anda tawarkan pada klien bisa menjadi modal awal bagi Anda dalam memasuki dunia kerja freelance, sesederhana apapun pekerjaan yang Anda pernah lakukan.

Pernah membuat desain poster suatu event di kampus? Menulis di sosial media? Diminta menerjemahkan suatu makalah akademik? Setiap pekerjaanmu bisa jadi sangat berarti. Terkadang klien tidak melihat pengalamanmu bekerja untuk seseorang, tapi murni hanya dari keahlian yang Anda miliki.

3. Buatlah Portofoliomu Sendiri

Banyak orang takut terjun dalam kerja secara freelance karena merasa belum berpengalaman dalam pekerjaan yang akan digeluti. Satu hal yang harus Anda pahami, Anda tidak perlu berpengalaman untuk bisa menjadi seorang freelancer.

Namun, beberapa jenis pekerjaan seperti penulis, penerjemah, dan desainer biasanya memang membutuhkan bukti berupa portofolio pekerjaan yang pernah Anda lakukan sebelumnya. Nah, di sini kreativitasmu diuji. Anda tidak perlu bekerja pada proyek milik seorang klien untuk membuat portofolio. Buatlah portofoliomu sendiri. Buatlah proyekmu sendiri.

Jika Anda ingin mendapat proyek kerja freelance sebagai penulis, buatlah tulisan. Bisa berupa artikel, cerita fiksi, atau mungkin puisi. Tulislah hal-hal yang Anda suka dan minati. Atau mungkin Anda merasa ahli dalam desain grafis? Buatlah desain apapun yang Anda suka, seperti logo, poster, atau undangan.

Baca Juga : 6 Keuntungan Kerja Part Time Bagi Pelajar, Nggak Susah Seperti yang Dibayangkan

Anda bisa mencari kontennya dari referensi di buku, koran, dunia maya atau bahkan karanganmu sendiri. Buktikan bahwa Anda memang benar-benar mampu dengan membuat sesuatu, lalu biarkan karyamu yang bicara.

4. Promosikan Dirimu

Setelah Anda siap dengan portofolio, kini saatnya Anda mencari proyek kerja freelance pertamamu dengan cara mulut ke mulut. Tawarkan keahlianmu pada orang-orang terdekat seperti keluarga, teman kuliah, teman kantor, tetangga, atau siapapun yang mungkin bisa menjadi klienmu di masa depan.

Temui mereka, dan cari tahu kebutuhan mereka yang mungkin bisa Anda penuhi dengan keahlianmu. Mungkin awalnya Anda merasa tidak percaya diri dan takut bertemu dengan orang-orang yang tidak Anda kenal sebelumnya dan membicarakan bisnis. Tapi percayalah, cepat atau lambat, Anda akan membutuhkannya.

5. Manfaatkan Internet

Internet tentu bisa mempermudah Anda untuk mendapatkan klien pertamamu. Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan dalam menggaet proyek kerja freelance dengan internet. Cara pertama, Anda bisa lowongan pekerjaan di situs-situs kerja freelance ternama, seperti Freelancer atau Upwork.

Namun biasanya, mencari pekerjaan di situs-situs tersebut tergolong susah. Anda harus bersaing dengan orang-orang yang jauh lebih berpengalaman untuk memenangkan suatu proyek kerja freelance. Dan apabila Anda mendapatkan proyek, biasanya Anda akan dibayar dengan gaji yang lebih kecil daripada standar untuk freelancer profesional.

Cara kedua, Anda bisa membuat blog atau website sebagai platform Anda dalam memajang portofolio untuk mendapatkan proyek kerja freelance. Untuk Anda yang tertarik terjun ke dunia desain, Anda juga bisa menggunakan Behance. Selain itu, Anda yang hobi membuat video atau film-film pendek, tentu YouTube adalah pilihan utama agar karya-karyamu dilihat oleh banyak orang.

Jadikan websitemu mudah dicari dan menarik untuk dikunjungi dengan mengisinya dengan portofolio yang Anda miliki. Jangan lupa cantumkan kontak yang mudah dihubungi oleh calon klienmu serta apa saja layanan yang  Anda tawarkan.

Satu lagi cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan proyek kerja freelance pertamamu, yaitu dengan cara mengirim email sebanyak-banyaknya ke calon-calon klien. Pertama, kumpulkan daftar alamat email yang menjadi target klienmu berdasarkan bidang pekerjaan yang Anda minati.

Kemudian, tulislah email yang menunjukkan apa yang Anda bisa tawarkan kepada mereka. Buat email yang menarik dan sesuaikan isinya untuk masing-masing klien yang Anda tuju. Bila perlu lakukan riset terlebih dahulu tentang hal spesifik yang mungkin dibutuhkan oleh klien. Di akhir email tersebut, sekali lagi, cantumkan kontak yang bisa dihubungi jika mereka tertarik menggunakan jasamu dalam suatu proyek kerja freelance.


Waktu luang via antijobless.com

Kerja freelance memang sangat menjanjikan, terutama untuk Anda yang memiliki banyak waktu luang dan ingin memaksimalkannya dengan produktif.  Tapi tentu semua itu butuh usaha dan proses yang harus Anda jalani. Jangan ragu dalam menilai setiap potensi dalam diri Anda.

Karena siapa tahu apa yang Anda minati dan kuasai bisa mendatangkan banyak uang. Tips-tips di atas saya harap bisa membantu Anda memulai karier kerja di dunia freelance dalam apapun bidang yang Anda tekuni, baik menulis, desain, fotografi atau yang lainnya.

Demikian artikel ini kami buat, semoga bisa sangat membantu dan bermanfaat bagi Anda yang sudah membacanya.
Top