Keren... Anak Bangsa Berhasil Ciptakan Mobil Desa, Begini Tampilannya

Komentar

Mobil desa karya anak bangsa, diolah dari kompas.com

Ini baru namanya anak bangsa, bukan sibuk selfie tapi menghasilkan karya yang membanggakan.

Yuk simak bagaimana tampangnya...

Sesuai namanya, mobil ini diciptakan untuk membantu aktivitas yang berkaitan dengan perekonomian desa.

Jangan terlalu banyak berharap dari sisi tampilan, karena faktor utama yang ditonjolkan lebih fungsi. Secara teknis, spesifikasi mobil yang diklaim karya anak bangsa ini dibuat khusus sebagai kendaraan multiguna.



PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) dan PT Kiat Mahesa Wintor Distributor (KMWD) resmi membawa kendaraan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan ( AMMDes) di ajang pameran GIIAS 2018. seperti dilansir dari kompas.com

Sukiyat selaku Presiden komisaris KMWI dan KMWD mengatakan; "KMW sebetulnya merupakan kendaraan multiguna yang nantinya memiliki fungsi sebagai alat transportasi dan pengangkut, dan dapat dipadukan dengan berbagai alat pengolahan pasca-panen, genset untuk penerangan, dan pompa air untuk mendukung irigasi di pedesaan,"



Dari sektor tampilan, mobil berbasis pikap ini memiliki dimensi panjang 358 cm, lebar 137 cm, dan tinggi 190 cm. Sedangkan kapasitasnya hanya mampu menampung dua orang di ruang kokpit.

BACA JUGA: Bisa Cair Puluhan Juta Rupiah, Jangan Mau Dipersulit Apalagi Dibodohi Karena ini Hak Anda



Sumber tenaga berasal dari mesin Diesel yang digadang-gadang memiliki tenaga sebesar 14 hp untuk disalurkan pada penggerak roda belakang dengan differential lock system.



Sementara kaki-kaki dibekal suspensi double arm di depan dan trailing arm di belakang yang sudah mengadopsi empat piringan cakram dan dilengkapi bun mud terrain (MT) berukuran 185/80 R13. KMW mengklaim AMMDes memiliki daya angkut sebesar 700 kg, ruang belakangnya bisa diaplikasikan dengan beragam keperluaan. Mulai sebagai mobil pengangkut biasa, genset, penggiling padi, pompa air, dan pemutih beras.

Sukiyat mengatakan peluncuran AMMDes KMWI akan menjadi hari bersejarah dunia otomotif di Indonesia.

Hal tersebut dikarenakan AMMDes KMWI merupakan kendaraan produksi anak bangsa yang sudah cukup lama diharapkan bangsa Indonesia.

"Oleh karena itu pada momen peluncuran pertama dimulainya untuk diproduksi secara massal adalah momen penting dan bersejarah bagi dunia per-otomotifan di Indonesia" ujar Sukiyat

Meskipun sebatas kendaraan pedesaan, hal ini patut kita apresiasi. Dan mudah-mudahan kedepannya, banyak inovasi-inovasi baru yang bisa di buat oleh anak bangsa dan kita tak lagi bergantung pada negara asing. Aamiin..
Top