Perbedaan Keputihan Tanda Hamil dengan Keputihan Karena Penyakit

Komentar

keputihan tanda hamil via orami.co.id

Keputihan pada wanita telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Khususnya ketika dan menjelang masa kehamilan. Baik keputihan normal maupun abnormal. Keputihan tanda tamil 1 minggu memiliki ciri dan warna yang khas seperti susu, cairan keputihannya tidak encer. 

Sebagian besar kaum wanita di indonesia hanya mengetahui dua hal mengenai keputihan, pertama keputihan itu sebagai keluhan kesehatan wanita kedua keputihan hanya terjadi ketika akan menjelang masa menstruasi.

Padahal saat menjelang awal kehamilan pun bisa mengalami keputihan. Lalu seperti apa cirinya? Dan seperti apa tanda keputihan tanda hamil 1 minggu itu? 

Dalam artikel ini, kita akan membahas kebenaran serta berbagai hal yang berkaitan dengan keputihan tanda hamil melalui beberapa ulasan yang dijelaskan dibawah ini.

Baca Juga : 9 Jenis Keputihan yang Kerap Dialami Wanita

Keputihan Tanda Hamil 1 Minggu

ilustrasi keputihan tanda hamil via alodokter.com

Keputihan memang sering kali terjadi secara normal dan rutin pada wanita. Ada beberapa hal yang dapat membedakan ciri hamil 1 minggu keputih dengan keputihan biasa. Berikut beberapa ciri keputihan yang dikategorikan sebagai tanda kehamilan yang dijelaskan sebagai berikut.

Tekstur, keputihan yang merupakan tanda kehamilan memiliki perbedaan dari segi teksturnya yang lebih kental dibandingkan dengan keputihan normal biasa.

Warna, warna keputihan sebagai tanda kehamilan juga berbeda dengan keputihan normal pada wanita. Warna cairan yang umumnya bening akan berbeda dengan cairan keputihan yang memiliki warna putih seperti susu. Jika keputihan yang muncul saat hamil berwarna kekuningan, dapat ditengarai sebagai tanda adanya gangguan kehamilan.

Frekuensi, keputihan sebagai tanda adanya janin pada rahim seorang wanita akan keluar secara terus menerus mulai dari awal kehamilan sampai dengan akhir kehamilan. Keputihan yang keluar tersebut bisa berhenti dengan sendirinya tanpa ada tindakan medis apapun dan kemudian dapat muncul kembali.

Tanda Awal Kehamilan

ilustrasi tanda awal kehamilan via doktercrystalx.com

Selain keputihan tanda hamil 1 minggu, pada awal memasuki masa kehamilan ditandai dengan beberapa hal seperti :

1. Adanya Rasa Mual dan Ingin Muntah

Biasanya rasa mual ini selalu muncul di pagi hari. Hal ini dikarenakan hormol aktif kembali dan sangat berkembang dengan pesat setelah bangun tidur. Namun kondisi ini sangat wajar bagi wanita yang sedang hamil muda.

2. Keluar Bercak Darah Pada Vagina

Bercak darah yang keluar dari daerah kewanitaan ini disebabkan karena adanya implantasi pada dinnding rahim, dalam dunia kebidanan disebut fase implantasi bleending yaitu proses menempelnya sel telur yg sudah terbuahi pada dinding rahim.

3. Fase NGIDAM dan Mudah Lelah

Selain keputihan tanda hamil 1 minggu, NGIDAM menjadi ciri wanita akan hamil. Perubahan hormon dan metabolisme pada wanita yang akan hamil terjadi sangat mendadak sehingga menimbulkan rasa sering lemas, lelah dan mudah mengantuk. Perubahan ini pun berefek pada perubahan psikis, sehingga wanita hamil sering mendadak menginginkan sesuatu seperti Ngidam Mangga Muda atau Ngidam makanan tertentu. Tak jarang ada beberapa wanita yang NGIDAM nya tergolong aneh.

Perbedaan Keputihan Menjelang Haid dan Hamil

Keputihan tanda hamil 1 minggu yang menjadi pertanda wanita memasuki masa kehamilan sangat berbeda dengan keputihan menjelang masa menstruasi (haid). Beberapa perbedaan keputihan menjelang haid dan hamil diantaranya sebagai berikut :

Ciri-Ciri Utama dan Tanda Keputihan Menjelang Haid

ilustrasi keputihan tanda haid via satujam.com

1. Cairan Lendir Yang Keluar Lebih Banyak dan Lebih Sering

Ketika wanita ada pada masa subur kapasitas cairan keputihan meningkat dan lebih banyak dari biasanya. hal ini menyebabkan menjelang haid daerah kewanitaan lebih sering lembab.

2. Warna Cairan Keputihan Kecoklatan

Biasanya pada fase mejelang masa haid keputihan yg pertama keluar berwarna bening, namun setelah beberapa hari cairan lendir keputihan ini akan berubah warna menjadi kecoklatan.

3. Adanya Rasa Kram Pada Otot Bagian Perut

Kram pada bagian perut yang disertai keluarnya keputihan menjelang masa haid wajar terjadi pada wanita. ini disebut juga sebagai tanda PMS. Penyebab utamanya karena pada masa ini dinidng perut mengalami proses peluruhan sehingga wajar timbul rasa kram dan nyeri. Akan tetapi jika rasa nyeri yg muncul teramat sakit perlu diwapadai.

4. Munculnya Rasa Sakit pada Bagian Punggung dan Payudara

Rasa pegal dan kadang sakit pada punggung dan payudara ketika akan menstrusi disebabkan tingginya kadar esterogen pada wanita ketika masa ini. Ini Normal terjadi selama beberapa hari.

Ciri-Ciri Keputihan Tanda Hamil 1 Minggu

ilustrasi keputihan tanda hamil via alodokter.com

1. Cairan Keputihan Keluar Terus Menerus

Keputihan berlebih ini akan keluar terus menerus selama beberapa saat tanpa jeda. Berbeda dengan tanda keputihan menjelang haid, lendir keputihan yg keluar disertai jeda.

2. Warna Cairan Keputihan Lebih Keruh

Cairan keputihan tanda hamil 1 minggu cenderung berwarna keruh. biasanya berwarna putih susu tidak bening.

3. Rasa Sakit dan Kram Otot Lebih Ringan

Pada masa menjelang kehamilan, keputihan tanda hamil 1 minggu juga disertai adanya kram dan sakit pada otot perut. Namun tidak separah ketika akan menstruasi.

4. Disertai Flek atau Bercak Darah

Keputihan tanda hamil 1 minggu umumnya disertai adanya flek atau bercak darah. Hal ini terjadi karena adanya implantasi pada dinding rahim, Dan ini normal terjadi pada wanita yang akan hamil.

Baca Juga : Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami agar Cepat Sembuh dan Aman

Itulah beberapa ulasan mengenai keputihan tanda hamil yang harus diperhatikan. Untuk mempertegas tanda tersebut, lakukan konsultasi dengan bidan dan dokter spesialis kandungan yang menangani. Semoga bermanfaat.
Top