Keputihan Gatal Apakah Berbahaya?! Kenali Penyebabnya!

Komentar

keputihan gatal via hellosehat.com

Keputihan dan gatal adalah masalah yang paling umum terjadi pada vagina. Keluar cairan yang dikenal dengan keputihan dari vagina adalah hal yang wajar. Jika disertai rasa gatal ini merupakan tanda keputihan abnormal yang harus segera ditangani. Keputihan gatal merupakan informasi penting yang perlu anda ketahui untuk memilih proses penanggulangan yang tepat.

Wanita akan merasa tidak nyaman ketika vaginanya terasa gatal. Vagina gatal memang sangat menagnggu, namun gatalnya vagina harus diketahui secara pasti penyebabnya. Salah satu penyebab keputihan gatal adalah keputihan. Keputihan merupakan salah satu masalah ginekologi yang sering muncul. Apa penyebab keputihan gatal pada vagina.

Keputihan dengan rasa gatal menjadi salah satu masalah yang cukup umum terjadi pada wanita. Meskipun sebenarnya keputihan merupakan salah satu masalah yang paling umum terjadi pada setiap wanita. Lendir keputihan sebenarnya sangat baik untuk menjaga kesehatan vagina wanita.

Ketika keputihan yang anda alami disertai dengan lendiri yang berbau, berwarna kuning, abu-abu, hijau, cokelat, atau bercampur darah. Maka hal itu bisa ditandai sebagai jenis keputihan yang abnormal. Keputihan tersebut ditandai adanya bakteri yang menyerang tubuh anda.

Baca Juga : 10 Cara Cepat Menstruasi Buat yang Haidnya Tidak Teratur atau Tidak Lancar

Apa Saja Penyebab Keputihan Gatal

1. Infeksi Jamur

Penyebab dari keputihan gatal yang paling umum adalah akibat infeksi jamur di sekitar vagina anda. Jamur atau juga fungsi merupakan organisme yang akan menimbulkan keputihan yang berwarna putih.

Warna keputihan ini dari teksturnya memiliki kemiripan dengan tekstur keju lembut berwarna putih. Sebenarnya keberadaan jamur adalah normal di sekita vagina, jika berada dalam batasan yang normal pula.

Sayangnya, rasa gatal yang terjadi di vagina menunjukkan ada yang tidak normal degan kondisi jamur di vagina.

Perkembangan jamur tersebut telah melebihi batas normal, dan mengganggu pH murni dari vagina anda. Jamur  terus terbentuk dan jumlahnya semakin banyak. Sebenarya, kondisi pertambahan jamur pada vagina dalam jumlah yang tidak normal dapat disebabkan oleh alasan lain.

Alasan-alasan tersebut antara lain adalah penyebab dari keputihan gatal oleh diabetes, antibiotik, dan penggunaan obat kontrasepsi.

2. Perubahan Keseimbangan Bakteri

Perubahan dalam banyaknya bakteri di organ reproduksi vagina merupakan salah satu penyebab dari keputihan gatal. Keadaan yang dinamakan Bacterial Vaginosis ini adalah kondisi infeksi pada vagina yang disebabkan oleh bakteri.

Bakteri anaerob yang jumlahnya tidak seimbang itulah yang menyebabkan bakteri baik lactobacili menjadi kalah fungsinya. Pengaruh dari bakteri anaerob pada kesehatan organ reproduksi anda adalah mempengaruhi keputihan jadi tidak sehat.

Keputihan akan memiliki ciri-ciri seperti teksturnya kental, memiliki bau tida sedap cenderung amis dan menyengat. Seperti diketahui, perilaku seksual yang tidak baik merupakan penyebab utama dari ketidakseimbangan antara bakteri baik dan bakteri jahat ini.

Itulah sebabnya menjaga keseimbangan bakteri antara bakteri baik dan jahat perlu dijaga.

3.Trikomoniasis

Selain infeksi jamur ataupun infeksi bakteri, salah satu penyebab dari keputihan gatal lainnya adalah infeksi akibat protozoa. Protozoa adalah organisme yang memiliki sel tunggal dan menyebabkan keputihan yang dialami seseorang menjadi tidak sehat. Infeksi oleh protozoa ini dikenal juga sebagai trikomoniasis.

Ciri-ciri seseorang terkena infeksi protozoa adalah keputihan memiliki warna kuning yang kehijauan, baunya menyengat, dan terjadi rasa gatal juga kulit meradang di sekitar vagina anda.

Apa yang menjadi cara penyebaran dari infeksi protozoa ini?

Biasanya perilaku seksual yang tidak sehat menjadi salah satu latar belakang terjadinya infeksi di sekitar vagina anda. Selain itu, kebiasaan bergonta-ganti handuk pun menjadi salah satu penyebab infeksi protozoa yang menyebabkan keputihan gatal.

4. Terjadi Iritasi

Iritasi akibat faktor eksternal merupakan salah satu penyebab dari keputihan gatal. Bagaimana iritasi bisa terjadi pada daerah sekitar vagina anda? Iritasi di sekitar daerah organ reproduksi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal.

Penyebab yang pertama mungkin adalah kebiasaan menyiram toilet setelah buang air. Menyiram air toilet pada daerah vagina lalu membersihkannya dengan kertas toilet mungkin menyebabkan iritasi.

Hal ini dilatarbelakangi oleh bahan kertas yang tidak nyaman atau air yang tidak bersih terhapuskan oleh kertas. Penyebab lain dari iritasi di daerah vagina adalah penggunaan dari bahan-bahan kimia seperti sabun di area kewanitaan.

Sabun yang tidak cocok akan menyebabkan daerah sekitar vagina menjadi terkena iritasi. Itulah mengapa iritasi harus dicegah dengan memilih barang-barang secara hati-hati jika akan digunakan pada daerah sekitar organ reproduksi wanita.

5. Mengalami Penyakit Kulit

Ternyata penyakit kulit adalah salah satu penyebab dari keputihan gatal yang banyak dialami oleh wanita. Penyakit kulit tersebut diantaranya adalah penyakit jenis psoriasis dan eksim.

Bagaimana hubungannya penyakit kulit ini dengan keputihan? Eksim misalnya adalah kondisi kulit yang muncul ruam-ruam dengan ciri-ciri seperti gatal, bersisik, dan kemerahan.

Awalnya ruam mungkin akan muncul di daerah paha atau selangkangan, sayangnya kondisi ini dapat menyebar hingga ke daerah vagina. Kondisi vagina dengan ruam gatal, bersisik, dan kemerahan tersebut kemudian juga akan dilengkapi oleh keputihan.

Kondisi ini memang terlihat sederhana namun sangat membahayakan jika tidak ditanggulangi. Oleh karena itu, segera lakukan pembersihan rutin pada daerah sekitar vagina anda untuk mencegah terjadinya keputihan gatal anda.

Itulah tadi beberapa penyebab dari keputihan gatal yang umum terjadi pada seseorang. Jika sudah mengetahui apa saja penyebab keputihan gatal tersebut, maka penting untuk anda kemudian dapat mengobati keputihan gatal tersebut.

Mengobati Keputihan Gatal di Rumah

1. Daun Sirih

daun sirih via go-dok.com

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi keputihan gataladalah dengan cara membasuh vagina dengan air rebusan daun sirih.

Daun sirih memiliki khasiat untuk mengatasi jamur yang ada disekitar vagina anda. Karena ekstrak daun sirih dapat menjadi antibiotik untuk mengatasi keputihan tersebut.

2. Menjaga Kelembaban Vagina

Bakteri dan jamur penyebab keputihan sangat senang hingap ketika vagina dalam kondisi yang lembab.

Ada baiknya, anda segera menjaga kelembaban pada area vagina, agar virus ataupun bakteri tidak kembali berkembang secara besar.

3. Konsumsi Vitamin C

Keputihan terjadi karena sistem imun yang lemah. Sebaiknya segera konsumsi makanan yang mengandung vitamin C cukup banyak. Karena vitamin C yang cukup dapat mengatasi keputihan anda dan meningkatkan sistem imun untuk melawan virus penyebab keputihan.

4. Mencegah Keputihan

Keputihan dapat anda cegah dengan beberapa cara yang bisa anda lakukan dengan baik. caranya adalah, anda harus selalu bisa menjaga kebersihan vagina, tidak melakukan seks secara tidak aman, dan sering bergonta-ganti pasangan seks.

Apabila hal tersebut anda lakukan, maka keputihan bisa anda atasi.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai keputihan gatal. Lakukanlah pencegahan jika anda belum pernah mengalaminya dan mintalah bantuan dokter untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat!
Top