Apa Kepanjangan SKCK? Berikut Pengertian dan Fungsi Dari SKCK Lengkap dengan Cara Membuatnya

Komentar

Kepanjangan skck via uangteman.com

SKCK adalah? Bagaimana cara membuat skck? Apa fungsi skck? Simak penjelasan lengkap mengenai fungsi, cara dan kepanjangan skck disini.

Apa kepanjangan dari SKCK? Sebelumnya dikenal sebagai Surat Keterangan Kelakuan Baik (disingkat SKKB) adalah kepanjangan SKCK saat itu, dalam surat tersebut terdapat identitas nama, alamat, tanggal lahir dan lain sebagainya.

Apa itu SKCK? Pernahkah Anda mendengarnya? Kepanjangan SKCK adalah? SKCK merupakan surat yang berisikan akan catatan-catatan dari seseorang. Salah satunya surat itu adalah Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau SKCK. Surat SKCK ini biasanya digunakan sebagai tanda bukti, dibawah ini adalah fingsi dan kepanjangan SKCK lengkap dengan cara membuatnya.

Kepanjangan SKCK

Surat Keterangan Catatan Kepolisian adalah kepanjangan dari singkatan SKCK (nama sebelumnya adalah SKKB, Surat Keterangan Kelakuan Baik). SKCK merupakan surat keterangan dari Kepolisian yang diterbitkan dan berisi tentang informasi pemohon SKCK, informasi yang dimaksud adalah informasi tentang ada tidaknya kasus kriminalitas atau kejahatan yang dilakukan oleh pemohon.

SKCK untuk pelamaran pekerjaan di perusahaan swasta diterbitkan oleh Polsek (Kepolisian Sektor), sedangkan untuk CPNS, BUMN, dan luar negeri diterbitkan oleh Polres (Kepolisian Resor).

Perlu diketahui bahwa SKCK memiliki batas waktu berlaku, yaitu 6 bulan (3 bulan untuk penerbitan dari Polsek). Jika masa berlaku habis, disarankan kepada pemilik SKCK untuk memperpanjang SKCK tersebut.


Skck vis didisahertianblog.wordpress.com

Fungsi SKCK

Kepolisian sektor adalah struktur kepolisian Republik Indonesia yang berada di tingkat kecamatan. SKCK yang diterbitkan polsek dapat digunakan untuk berbagai keperluan, antara lain untuk melamar pekerjaan non-PNS dan non-BUMN, contohnya perusahaan-perusahaan swasta. Umumnya perusahaan-perusahaan swasta memang tidak mensyaratkan SKCK dalam kelengkapan dokumen pelamar, namun ada beberapa perusahaan besar yang meminta pelamar untuk menyertakan SKCK.

SKCK yang diterbitkan polsek juga bisa digunakan untuk melengkapi persyaratan melanjutkan sekolah atau perguruan tinggi, serta sebagai persyaratan untuk pindah tempat tinggal penduduk. Di beberapa daerah, warga yang hendak pindah domisili ke daerah lain diharuskan untuk menyertakan SKCK yang diterbitkan polsek untuk membuat surat pindah penduduk.

Selain itu SKCK yang diterbitkan polsek juga diwajibkan bagi seseorang yang ingin mencalonkan diri menjadi perangkat desa serta untuk memperpanjang kontrak pegawai seperti pegawai non-PNS di rumah sakit umum daerah.

SKCK yang diterbitkan polsek dapat pula digunakan untuk membuat izin usaha dan sebagai syarat dalam pembuatan buku pelaut. Buku pelaut adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh negara yang fisiknya mirip paspor. Buku pelaut berisi identitas pelaut dan berfungsi sebagai dokumen perjalanan dan rekam kerja pelaut.

SKCK yang diterbitkan polres atau polisi resor

Kepolisian resor adalah struktur kepolisian Republik Indonesia yang tingkatannya lebih tinggi dari polsek, yaitu melingkupi wilayah kabupaten atau kotamadya. Umumnya persyaratan untuk melamar posisi sebagai pegawai negeri sipil (PNS) harus menyertakan SKCK yang dikeluarkan polres.

Syarat pendaftaran menjadi calon kepala desa, anggota DPRD, serta kepala daerah setingkat kabupaten atau kotamadya juga meliputi dokumen SKCK yang diterbitkan polres. Kalau kamu ingin melamar suatu posisi di badan usaha milik negara atau ingin menikah dengan salah seorang anggota Polri atau TNI, umumnya mereka juga meminta dokumen SKCK yang dikeluarkan polres.

SKCK yang diterbitkan polda atau kepolisian daerah

Kepolisian daerah membawahi polres pada tingkat provinsi atau daerah istimewa. Calon walikota atau DPRD tingkat provinsi disyaratkan untuk menyertakan SKCK yang diterbitkan polda. Selain itu, kalau kamu berniat berpergian atau bekerja di luar negeri, kamu harus menyiapkan SKCK yang dikeluarkan oleh polda.

Untuk tujuan yang berhubungan dengan antarnegara atau luar negeri umumnya dibutuhkan SKCK dari kepolisian daerah dengan tingkatan tertinggi. Hal ini termasuk dalam proses pembuatan visa, dibutuhkan SKCK yang diterbitkan polda atau Mabes Polri.

Cara Membuat SKCK

Cara membuat SKCK cukup mudah jika kamu menyiapkan kelengkapan dokumen sebelumnya. Berikut ini dokumen-dokumen yang harus kamu siapkan dalam proses pembuatan SKCK di polres.
  1. Surat pengantar dari kantor kelurahan tempat pemohon berdomisili, Umumnya untuk mendapatkan surat pengantar dari kantor kelurahan, terlebih dahulu kamu harus meminta surat pengantar dari RT dan RW tempat kamu tinggal.
  2. Fotokopi KTP atau SIM sesuai domisili yang tertera pada surat pengantar dari kantor kelurahan
  3. Fotokopi kartu keluarga
  4. Fotokopi akta kelahiran atau kenal lahir
  5. Pasfoto terbaru dengan latar belakang merah berukuran 4×6 sebanyak 6 lembar, Perlu diingat bahwa pasfoto yang dibutuhkan untuk membuat SKCK di polsek hanya 2 lembar.
  6. Formulir daftar riwayat hidup yang disediakan kantor polisi yang diisi dengan jelas dan benar

Demikian penjelasan mengenai fungsi dan kepanjangan SKCK beserta denan cara membuatnya lengkap, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi Anda.
Top