Heboh Bumbu Masak Sampai Indomie Mengandung Babi, Begini Fakta Sebenarnya

Komentar

Beredar isu produk masakan dan mie instan mengandung babi, begini faktanya.

Beredar pesan di media sosial bumbu dapur dan indomie goreng mengandung babi...

Ibu-ibu harus tahu, ini penjelasannya!

Baru-baru ini masyarakat Indonesia, terutama ibu rumah tangga dihebohkan dengan kabar adanya bumbu masakan dan mie instan yang dituduhkan mengandung daging babi.

Informasi itu beredar luas di berbagai media sosial. Dari informasi tersebut ada sejumlah bumbu masakan dan makanan yang dituduh mengandung babi.

Diantaranya adalah sebagai berikut;

  • Masako
  • Micin sasa
  • Micin ajinomoto
  • Indomie goreng

Berikut isi postingan informasi tersebut;




Dari sekian banyak barang yang dituduh menggunakan babi, baru indofoot yang buka suara terkait hal tersebut.

PT Indofood Sukses Makmur menyatakan semua produk yang diproduksi perusahaannya dipastikan halal.

Head of Corporate Public Relation Indofood Novi Arlaida mengatakan, pesan berantai itu sebelumnya pernah menyebar, dan sudah ada klarifikasi terkait itu.

Oh yang itu, itu isu lama. Desember 2016 kalau enggak salah ingat ada klarifikasi dari Pondok Wali Barokah, BPOM, dan LPPOM MUI,” kata Novi.

Nama MUI dan Pondok Wali Barokah memang turut dicatut dalam pesan itu.

Pondok Wali Barokah sudah mengeluarkan klarifikasi yang menyatakan tidak benar pihaknya mengeluarkan pernyataan seperti dalam pesan berantai.

Di Indonesia sudah ada lembaga resmi yang berhak mengeluarkan sertifikasi halal yang harus sama-sama kita hormati,” bunyi salah satu poin dalam surat klarifikasi itu.

BACA JUGA: Tahukah Anda? Islam Melarang Membuat Orang "Bodoh" Menjadi Viral dan Terkenal

MUI juga dengan tegas menyatakan tak pernah mengeluarkan informasi yang tercantum dalam pesan berantai.

Sementara, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga menegaskan produk yang diisukan mengandung babi sudah dicek dan masih terregistrasi sebagai produk yang halal berdasarkan data Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika (LPPOM) MUI.

Layanan konsumen Bagi para konsumen yang memiliki keluhan, pertanyaan, atau informasi terkait produk Indomie dapat menghubungi Layanan Konsumen Indomie yang tertera pada setiap kemasan produk. seperti dilansir dari kompas.com

Jangan mudah percaya hoax

Bagi masyarakat Indonesia terutama ibu rumah tangga, jangan percaya jika mendapatkan informasi tentang adanya bumbu masakan dan mie instan yang dituduhkan mengandung daging babi.

Karena, sebenarnya informasi itu hanya menyesatkan alias berita bohong atau hoax.
Top