Hati-Hati Dengan Daging Qurban Bergelembung, Indikasi Terinfeksi TBC dan Cacing Pita

Komentar

Daging bergelembung indikasi penyakit berbahaya, diolah dari healdetik.com

Baru-baru ini beredar pesan berantai bahaya daging yang bergelembung merupakan indikasi adanya penyakit berbahaya.

Lantas benarkah demikian? Berikut penjelasannya.

Mendekati hari raya Idul Adha, pemerintah mengimbau agar warga memilih hewan kurban yang sehat dan bersertifikat.

Berkaitan dengan hal tersebut beredar juga pesan berantai yang meminta warga berhati-hati terhadap daging kurban dengan bintil atau gelembung putih.

Jika sampai kita menemukan daging dengan gelembung atau bintil-bintil berwarna keputihan, ada baiknya kita tidak mengonsumsinya karena daging ini sudah terkontaminasi bakteri tuberkulosis atau TBC, salah satu penyakit menular yang sangat berbahaya.

Di media sosial Twitter, akun @verisajc juga mengunggah pesan berantai mengenai daging berbintik putih ini, lengkap dengan tangkapan layar tentang pesan kepada siapa saja untuk tidak mengolah apalagi mengonsumsi daging ini.

Lantas benarkah demikian?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada kemungkinan gelembung putih pada daging hewan ini memang menandakan adanya infeksi tuberkulosis.

Hanya saja, daging ini harus diteliti di laboratorium terlebih dahulu untuk dipastikan apakah memang benar sudah terinfeksi TBC atau tidak.

Akun Twitter @marganiade yang merupakan calon dokter hewan dari Universitas Brawijaya justru mengungkap hal yang berbeda.

Menurut Ade yang menanggapi unggahan dari akun @verisajc, gambar ini menandakan daging ini telah terinfeksi cacing pita.

Ade justru menyebut daging ini masih bisa dikonsumsi asalkan dimasak hingga benar-benar matang, seperti dilansir dari doktersehat.com.

BACA JUGA: Bagaimana Hukumnya Ketika Orang Memakan Dading Qurbannya Sendiri? Ini Penjelasan UAS

Setelah ditelusuri, dihasilkan fakta bahwa gambar daging bergelembung ini awalnya berasal dari situs milik pemerintah negara bagian Michigan, Amerika Serikat.

Di situs ini, dijelaskan tentang tanda infeksi TBC pada daging rusa ekor putih dengan gambar ini.

Nah, untuk berjaga-gaga ada baiknya daging yang seperti ini memang tidak di konsumsi.

Demikian, semoga bermanfaat.
Top