10 Isi Hantaran Pernikahan yang Unik dan Berkesan

Komentar

hantaran pernikahan via sarungpreneur.com

Acara pernikahan merupakan upacara yang suci dan mulia teruntuk setiap pasangan kekasih atas rahmat dari Allah Ta’ala. Dalam pengucapan akad, malaikat menyaksikan dan bergetarlah langit atas janji suci yang terucap oleh mempelai pria. 

Pada acara pernikahan atau lamaran biasanya ada prosesi pemberian hantaran pernikahan. Tradisi yang sudah lama dilakukan sejak dulu ini menjadi prosesi wajib dalam setiap acara pernikahan. 

Hantaran pernikahan atau seserahan dalam lamaran pernikahan adalah simbol kesanggupan laki-laki untuk mencukupi kehidupan perempuan yang akan dipinangnya. Barang-barang yang dibawa, memiliki makna dan doa untuk kesejahteraan kedua calon mempelai di kehidupan mendatang. Sekarang ini dalam pemilihan benda seserahan, pihak perempuan dapat meminta dan memilihkan langsung benda-benda yang ingin dibawa saat lamaran. Sehingga benda-benda itu benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan kemauan calon istri. 

Isi hantaran pernikahan memang bisa berbeda-beda untuk setiap daerah di Indonesia karena biasanya ada pakem-pakem yang harus diikuti. Akan tetapi, jaman sekarang semakin banyak calon pengantin yang memilih untuk tidak mengikuti adat dan memilih isi seserahan yang lebih bisa mereka pakai sehari-hari.

Baca Juga : Dear Calon Pengantin, Ketahuilah ini Amalan yang Baik Dilakukan Menjelang Pernikahan

10 Hantaran Pernikahan Penuh Makna 

Isi hantaran pernikahan yang biasanya dibawa sebagai hantaran dari keluarga pria untuk sang wanita sebagai simbol bekal untuk kehidupan kelak sang wanita.

1. Al-Qur'an dan seperangkat alat shalat

ilustrasi hantaran seperangkat alat sholat via bukalapak.com

Bagi pasangan Muslim, benda ini masuk daftar wajib dalam hantaran pernikahan. Hantaran yang biasanya berisi Al-Qur'an, mukena, sajadah, dan tasbih ini melambangkan pernikahan yang dilakukan harus bertumpu pada nilai agama.

2. Set perhiasan


ilustrasi hantaran perhiasan via hipwee.com

Hantaran berisi set perhiasan ini bermakna agar perempuan sebagai calon istri selalu bersinar dan berkilau sepanjang hidupnya. Bagi para lelaki, perhiasan diusahakan terbuat dari emas kalau mampu, berlianagar makna yang dibawa barang ini terkabulkan.

3. Setelan pakaian


ilustrasi hantaran pakaian via kreasimimi.blogspot.com

Ada berbagai macam jenis setelan yang bisa dikasih pihak laki-laki ke perempuan, seperti pakaian kerja, pakaian tidur, bahkan pakaian dalam. Namun untuk pasangan dengan adat Jawa, biasanya pakaian dalam hantaran pernikahan berupa bahan kebaya dan kain jarik bermotif batik. Simbol dibalik hantaran ini adalah harapan agar rahasia rumah tangga pasangan dapat disimpan dengan baik.

4. Makeup dan skincare


ilustrasi hantaran makeup via bukalapak.com

Hantaran pernikahan ini pasti sangat disukai perempuan, setuju, Bela? Namun benda-benda ini juga menyimpan doa yang baik, loh. Makeup dan skincare, baik untuk wajah maupun tubuh, dimaksudkan agar perempuan dapat menjaga penampilan dan senantiasa tampil cantik di depan pasangannya.

5. Alas kaki dalam ragam jenis


ilustrasi hantaran alas kali via relationship.popbela.com

Entah sepatu, sendal, selop, dan sebagainya, hantaran pernikahan ini bermakna agar kedua pihak dapat menjalani kehidupannya bersama dengan langkah mantap, di jalan yang benar. Biasanya, alas kaki selalu dibarengi dengan tas.

6. Namun tas, bisa diberikan dalam nampan sendiri

Tas, di sisi lain, bisa berada dalam satu nampan sendiri. Benda hantaran pernikahan ini pun memiliki arti berbeda dengan sepatu, yaitu perlambang calon suami mampu menafkahi segala keperluan pasangannya, termasuk memberikan aksesori ini.

7. Makanan tradisional


ilustrasi hantaran makanan via relationship.popbela.com

Kuliner yang dipilih sebagai hantaran pernikahan biasanya memiliki tekstur basah dan lengket, seperti kue lapis, lemper, jenang, dan sebagainya. Membawa kue ini sebagai hantaran pernikahan diyakini sebagai harapan agar kedua mempelai selalu lengket sampai akhir hayat, serta silaturahmi antara kedua keluarga berlangsung dengan baik selamanya.

8. Daun sirih atau suruh ayu


ilustrasi hantaran daun sirih via solosouvenir.co.id

Daun ini memang nggak termasuk dalam kebutuhan dasar perempuan. Namun hantaran pernikahan ini bermakna doa untuk keselamatan dan kebahagiaan calon mempelai untuk kehidupan baru yang akan dijalani.

9. Buah-buahan


ilustrasi hantaran buah via parcel-surabaya.com

Hantran pernikahan buah biasanya diisi dengan jeruk, pisang, apel, dan anggur. Makanan alam penuh gizi ini melambangkan harapan pada pasangan yang akan menikah nantinya dapat menghasilkan buah berlimpah bagi orang-orang di sekitarnya.

10. Set cincin pernikahan


ilustrasi hantaran cincin sepasanag via souvenirnikah.co.id

Kalau ingin ikatan cinta berumur abadi, masukkan set cincin pernikahan dalam hantaran. Hantaran pernikahan ini adalah wujud doa pengikat kedua pasangan agar selalu hidup bersama sampai maut memisahkan.

Untuk jumlah bendanya sendiri, dalam adat Jawa menyarankan untuk membawa dalam jumlah ganjil. Namun kini, hal itu dapat disesuaikan berdasarkan kesepakatan kedua pihak. Nah di dalam adat Sunda sendiri, calon pengantin perempuan turut memberikan hantaran pernikahan pada lelaki. Isi hantaran pernikahan berupa pakaian dan perlengkapan pernikahan, serta keperluan sehari-hari untuk pasangannya.

Hantaran pernikahan bukan hanya untuk wanita loh, namun ada juga isi hantaran pernikahan pria yang biasanya menjadi prosesi simbolik tukar seserahan antar keluarga.

Untuk isi hantaran pria biasanya lebih simpel dan tidak sebanyak isi hantaran wanita. Isi hantaran pria mulai dari parfum, dompet, pakaian kerja / formal, jan tangan, hingga sepatu. Tergantung sang wanita ingin memberikan apa saja karena sebenarnya isi seserahan untuk pria tidak wajib.

Demikian penjelasan mengenai hantaran pernikahan baik bagi wanita maupun pria. Semoga bermanfaat dan lancar dalam melaksanakan pernikahan Anda. Mohon maaf jika ada kekurangan.
Top