10 Hak Anak di Rumah yang Wajib Dipenuhi Orang Tua

Komentar

hak anak di rumah via suksukagambar.blogspot.com

Hak anak di rumah yang wajib dipenuhi orang tua. Jika hak anak di rumah diabaikan maka anak terlantar menjadi nakal dan malas. Anak juga tidak akan mau menuruti nasihat dari orang tua. Pasti para orang tua tidak mau memiliki anak yang seperti itu kan? Maka dari itu orang tua wajib memenuhi har anak dirumah berikut ini!

Setiap manusia memiliki hak dan kewajiban termasuk juga anak. Selain memiliki kewajiban seorang anak juga mempunyai hak anak di rumah.

Hak adalah segala sesuatu yang kita dapatkan. Hak adalah sesuatu yang harus diterima oleh siap anak untuk dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi.

Kewajiban dan hak Anak di Rumah untuk membentuk karakter anak sedini mungkin yang akan bermanfaat bagi dirinya sendiri di masa depan.

Hak anak di rumah yang paling utama tentu saja adalah hak untuk dicintai dan disayangi, tetapi tidak hanya itu. Masih banyak hak anak di rumah yang harus dipenuhi oleh orang tua.

Sudahkah Mama dan Papa, sebagai orang tua, memenuhi hak hak anak di rumah?

Keluarga merupakan lingkungan pertama yang akan membentuk kepribadian seorang anak. Di dalam sebuah keluarga, seorang anak akan belajar bagaimana untuk bersikap yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk itu, setiap orang tua pasti memiliki cara tersendiri dalam mendidik anak. Anda mungkin sudah mengetahui bagaimana cara mendidik anak usia 6 tahun dan lain-lain.

Namun, jika ada satu hal yang bisa membantu orang tua dalam mendidik anak, itu pasti dengan mengenalkan hak anak di rumah dan masyarakat.

Tidak ada salahnya jika orang tua melakukan cara memanjakan anak selama tidak berlebihan. Begitu pula dalam mendisiplinkan anak, juga harus tetap dalam batas tegas, bukan keras. Anda harus mengetahui bagaimana cara memarahi anak tanpa menyakiti egonya.

Jika ada ketidakseimbangan perlakuan seperti terlalu memanjakan atau terlalu keras, maka akan ada dampak pada tumbuh kembang anak. Anak bisa tumbuh menjadi anak manja, cari perhatian, minder dan sifat-sifat kurang baik lainnya.

Sebagai orang tua, Anda mungkin sudah merasa telah memenuhi kewajiban Anda kepada anak. Anda bisa saja telah memasukkannya ke sekolah terbaik, memberi makan dan minum bergizi, hingga membelikan mainan-mainan yang diinginkannya.

Namun, ternyata ada hak serta kewajiban anak lainnya yang harus dipenuhi demi pembentukan karakter pada anak yang baik.

Baca Juga : Ibu, Maafkan Aku yang Pernah Berkata Kasar Pada Ibu

Hak Anak di Rumah yang Harus Dipenuhi Orang Tua

1. Dikasihi dan disayangi oleh ayah dan ibunya

kasih sayang dari orang tua via id.nctodo.com

Hak anak di rumah yang pertama adalah disayangi. Hal yang paling pertama harus diterima oleh anak dari orang tuanya, bahkan sejak dia dilahirkan, adalah rasa cinta. Seorang anak akan bisa merasakan cinta dan kasih sayang dari orang tuanya. Pelukan, ciuman dan ungkapan sayang melalui kata-kata sangat mereka butuhkan.

Bahkan, jika Anda memiliki anak lebih dari satu, jangan pernah membeda-bedakan rasa cinta Anda. Tetap tunjukkan Anda mencintai anak yang lebih besar meski dia sudah punya adik, dan sebaliknya. Ini merupakan salah satu cara menjadi orang tua yang baik untuk anak.

Dengan mengetahui bahwa orang tuanya sangat mencintainya, seorang anak akan bisa tumbuh dengan penuh kasih sayang dan cinta kepada lingkungan sekitarnya.

2. Diberi makan dan minum

Untuk melangsungkan hidup seorang anak berhak mendapatkan makanan, berilah anak dengan makanan yang bergizi yaitu empat sehat lima sempurna agar anak tumbuh dan berkembang dengan sangat baik seperti sayuran hijau, daging, susu, makanan yang mengandung protein dan lain-lain.

3. Mendapat pakaian

Hak anak di rumah selanjutnya dalah mendapatkan pakaian. Pakaian adalah asesoris yang dipakai untuk menutupi tubuh dan  sangat diperlukan agar terhindar dari terik sinar matahari, menutupi aurat dan untuk menghangatkan tubuh. Berilah pakaian yang layak supaya anak merasa senang dan bahagia.

4. Mendapat tempat tinggal

Selanjutnya, Hak anak di rumah adalah mendapatkan tempat tinggal. Kebutuhan yang satu ini memang harus diberikan kepada anak supaya dia terhindar dari bahaya yang dapat mengancam hidupnya seperti serangan hewan buas, ular, hujan, panas dan sebagai tempat istirahat.

5. Mendapat pendidikan dari orang tua

pendidikan dari orang tua via republika.co.id

Mendapatkan pendidikan dari orang tua merupakan hak anak di rumah. Hal berikutnya yang harus diterima oleh seorang anak adalah pendidikan yang baik. Pendidikan pasti diperlukan oleh anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Dengan pendidikan, anak bisa membedakan antara hal yang baik dan buruk, mengetahui bagaimana untuk melakukan sesuatu, dan lain-lain.

Namun, ternyata pendidikan yang dibutuhkan anak tidak hanya berupa pengetahuan umum saja. Anak juga sangat membutuhkan pendidikan agama yang baik.

Ini merupakan peran orang tua dalam mendidik anak yang sangat penting untuk dipenuhi, terutama di era globalisasi seperti saat ini. Jika dasar agama anak baik, maka anak akan lebih mudah terhindar dari kenakalan anak jaman sekarang.

6. Dapat bermain dengan gembira

Setiap anak berhak untuk mendapatkan waktu bermain dengan gembira. Anak bisa main bersama teman-temannya atau dengan orang dekatnya seperti orang tua. 

7. Mendapat perawatan jika sakit

Ketika anak sakit, anak memiliki hak anak untuk mendapatkan perawatan ketika sakit. Orang tua harus memperhatikan kesehatan pada anak. 

8. Dapat bersekolah

Mendapatkan pendidikan sangat dibutuhkan bagi anak baik pendidikan di sekolah atau pun pendidikan di rumah.

Dengan bertambahnya umur anak perlu mengetahui hal-hal yang baik dan buruk untuk dirinya, serta mensekolahkan anak akan mendapatkan pendidikan yang lebih luas, pengalaman dan sahabat-sahabat yang baru.

9. Mendapat perlindungan

Anak berhak mendapatkan perlindungan dari orang tua mereka. 

Masa anak-anak adalah fase di mana manusia lebih rentan karena mereka tidak selesai mengembangkan secara fisik atau mental. Selanjutnya, anak memerlukan Perlindungan Anak dari orang tua mereka.

10. Mendapat perhatian dari orang tua

Menjadi orang tua bekerja pasti merupakan pilihan terbaik bagi semua orang tua. Mereka berdalih usaha mereka bekerja di luar rumah juga bertujuan untuk kebahagiaan anak di rumah. Namun, jangan sampai pekerjaan Anda mengganggu besarnya perhatian Anda untuk anak Anda di rumah.

Anak tidak hanya membutuhkan kecukupan materi, namun lebih penting lagi mereka butuh perhatian orang tua mereka.

Perhatian orang tua bisa dalam bentuk keberadaan untuk bercerita, pemberian apresiasi kepada anak, dan lain-lain. Memberi perhatian yang cukup pada anak bisa menjadi tips menghadapi anak nakal yang paling mendasar.

Itulah hak anak di rumah yang wajib dipenuhi ornag tua. Jika hak anak diabaikan maka akibatnya anak terlantar menjadi nakal dan malas dan anak tidak akan mau menuruti nasihat dari orang tua atau guru.
Top