Beberapa Hadits Tentang Akhlak Menjelaskan Manusia yang Haram Masuk Neraka

Komentar

hadits tentang akhlak via waydeemuslim.com

Islam juga membawa ajaran moral atau akhlak yang berlaku untuk semua. Namun, ada banyak hadits Nabi dan atsar para ulama mengenai akhlak yang tidak atau jarang dikutip. Maka untuk menambah pengetahuan dan keimanan kita khususnya tentang akhlaq mulia kami cantumkan hadits tentang akhlak ini.

Sebagai seorang muslim yang beriman dan bertaqwa kepada ALLAH SWT. tentu kita harus selalu menjaga sikap, etika dan akhlak kita kepada siapapun dan dimanapun agar setiap gerak gerik kita selalu diridhoi oleh ALLAH SWT.

Wajib bagi seorang muslim berakhlak yang baik dalam sepanjang hidupnya, karena selain diwajibkan untuk taat dan beribadah menyembah kepada ALLAH SWT, kita juga wajib berbuat terpuji kepada sesama manusia dengan menyempurnakan akhlak kita.

Contoh terbaik dalam masalah akhlak tentu saja Nabi kita semua Rasulullah Muhammad SAW.

Beliaulah makhluk dengan akhlak terbaik yang harus kita teladani. banyak dalil dalil yang menjelaskan akan ketinggian dan kesempurnaan ahklak Nabi Muhammad SAW baik ayat ayat Al Quran maupun dalam hadist.

Dengan begitu kita sebagai umatnya haruslah mengikuti beliau karena pahala dan balasan yang dijanjikan oleh ALLAH SWT kepada orang orang yang berakhlakul karimah sangatlah besar.

Sebagaimana kita jelaskan bahwa mengenai permasalahan akhlak ini banyak sekali dibahas dalam Al-Quran dan hadits Nabi SAW.

Maka dari itu haruslah kita pelajari hadist hadits tentang akhlak untuk selanjutnya kita terapkan dalam kehidupan sehari hari agar akhlak kita menjadi baik dan mulia terutama dimata ALLAH SWT.

Akhlak baik dan terpuji haruslah kita terapkan dalam segala lini kehidupan terutama dalam sosial pergaulan kita sesama manusia baik dalam rumah tangga, dengan tetangga serta dengan siapapun.

Wajib pula bagi kita seorang muslim untuk menjauhi dan menghindari akhlak tercela yang tidak baik seperti sombong, iri, dengki, pemarah, suka berbohong dan lain sebagainya.

Untuk lebih memperjelas lagi bagaimana pentingya menjaga akhlak yang baik, berikut ini daftar kumpulan hadits tentang akhlak lengkap dalam versi teks/tulisan arab beserta arti/terjemahan bahasa indonesianya . .

Baca Juga : Astaghfirullahal Adzim, Gerhana dan Gempa Tanda Kiamat Sudah Dekat Sesuai Hadist Rasulullah

Kumpulan Hadits Tentang Akhlak

Berikut ini ada beberapa hadits tentang akhlak.


إِنَّمَا بُعِثْتُ ِلأُتَمِّمَ صَالِحَ اْلأَخْلاَقِ. 
“Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang baik. (HR. Ahmad)


قال رسولُ اللهِ -صلى الله عليه وسلم- : "إِنَّ لِكُلِّ دِيْنِ خُلُقًا وَخُلُقُ الإسلامَ الْحَيَاءُ 
Dari Anas -semoga Allah meridhoinya- dia berkata : Nabi -shalallahu 'alaihi wa sallam- bersabda : "Sesungguhnya setiap agama memiliki akhlak, dan akhlak Islami adalah rasa malu." (HR. Ibnu Majah)


إِنَّ اللهَ كَرِيْمٌ يُحِبُّ الْكَرَمَ وَمَعَالِيَ اْلأَخْلاَقِ وَيُبْغِضُ سِفْسَافَهَا
“Sesungguhnya Allah Maha Pemurah menyukai kedermawanan dan akhlak yang mulia serta membenci akhlak yang rendah/hina. (HR. Bukhori, HR Muslim)


إنَّ مِنْ خِيَارِكُمْ أَحْسَنَكُمْ أَخْلاَقًا 
Sesungguhnya yang terbaik di antara kalian adalah yang terbaik akhlaknya. (HR. Ahmad)


عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَكْمَلُ الْمُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا وَخِيَارُكُمْ خِيَارُكُمْ لِنِسَائِهِمْ خُلُقًا (الترمذى 
“Orang mukmin yang paling sempurna keimanannya adalah ia yang memiliki akhlak terbaik. Yang terbaik di antara kalian adalah yang terbaik akhlaknya kepada pasangannya.” (Hadits riwayat Tirmidzi)


إِنَّ الرِّفْقَ لَا يَكُونُ فِي شَيْءٍ إِلَّا زَانَهُ وَلَا يُنْزَعُ مِنْ شَيْءٍ إِلَّا شَانَهُ 
“Sesungguhnya kelembutan itu tidak berada pada sesuatu kecuali menghiasinya dan tidak dicabut dari sesuatu kecuali memperburuknya.” (HR. Muslim).


أَلَا أُخْبِرُكُمْ بِمَنْ يَحْرُمُ عَلَى النَّارِ أَوْ بِمَنْ تَحْرُمُ عَلَيْهِ النَّارُ عَلَى كُلِّ قَرِيبٍ هَيِّنٍ سَهْلٍ 
“Maukah kalian aku beritahu tentang orang yang diharamkan masuk neraka atau neraka diharamkan terhadap setiap orang yang gampang dekat, lembut perangai, dan mudah.” (HR. Tirmidzi)


كاَنَ خُلُقُهُ الْقُرْآنَ 
“Akhlak Rasulullah adalah al-Qur’an.” (HR. Muslim)


إِنَّ اللهَ كَرِيْمٌ يُحِبُّ الْكَرَمَ وَمَعَالِيَ اْلأَخْلاَقِ وَيُبْغِضُ سِفْسَافَهَا 
“Sesungguhnya Allah Maha Pemurah menyukai kedermawanan dan akhlak yang mulia serta membenci akhlak yang rendah/hina.” [HR. Al-Hakim].


إِنَّ الْمُؤْمِنَ لَيُدْرِكُ بِحُسْنِ خُلُقِهِ دَرَجَةَ الصَّائِمِ الْقَائِمِ 
“Sesungguhnya seorang mukmin akan mendapatkan kedudukan ahli puasa dan shalat dengan ahlak baiknya.” (HR. Abu Daud).

Sekian mengenai Kumpulan Hadits Tentang Akhlak. Seluruh hadist diatas adalah menunjukkan kemuliaan, keutamaan, manfaat bagi mereka yang berakhlak terpuji.

Juga menunjukkan kerugian bagi mereka yang memiliki sifat tercela. Semoga bermanfaat dan menjadikan kita semakin baik, semakin taat dan semakin dekat dengan ALLAH SWT. wallahu a'lam.
Top