4 Resiko Memakai Gigi Kawat yang Tak Dihiraukan

Komentar

gigi kawat via dream.co.id

Pakai gigi kawat biar penampilan tambah kece memang sahsah saja. Dalam beberapa waktu terakhir, penggunaan gigi kawat sudah meluas. Bahkan cara ini dianggap bisa mendongkrak penampilan dan rasa percaya diri. 

Tapi sangat disayangkan, sebelum memutuskan memakai gigi kawat, sebagian orang hanya ingin terlihat gaya, sehingga pemasangan gigi kawat pun tidak didampingi dokter-dokter berpengalaman dan alat yang memadai.

Di balik fungsinya melindungi kesehatan gigi dan membuat gigi jadi lebih rata, memakai gigi kawat alias behel juga memiliki sejumlah risiko.

Jika Anda memiliki rencana untuk memakai gigi kawat, pertimbangkan dengan matang apakah hal itu merupakan keputusan terbaik Anda. Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan gigi kawat, mari kita lihat beberapa kelebihan dan kekurangan memakai gigi kawat  berikut ini.

Baca Juga : Perkiraan Biaya Pasang Behel Bagi Kamu yang Ingin Pasang Behel Gigi

Manfaat Memakai Gigi Kawat 

ilustrasi manfaat gigi kawat via miignon.com

Gigi kawat digunakan untuk memperbaiki berbagai masalah gigi dan memberikan sejumlah manfaat. Mari kita bahas beberapa kelebihan utama menggunakan gigi kawat di bawah ini :

1. Meningkatkan kesehatan gigi

Masalah ortodontik seperti gigi tidak rata, plak, gigi tidak beraturan, pola gigitan yang tidak benar, bakteri, penyakit gusi, dan lain-lain dapat diatasi dengan penggunaan gigi kawat. Gigi kawat akan menyelaraskan struktur gigi Anda dengan cara yang paling tepat dan hal ini dapat meningkatkan kebersihan gigi Anda.

2. Melindungi gigi

Orang yang memiliki pola gigitan yang tidak rata atau masalah ortodontik lainnya memiliki risiko yang lebih tinggi untuk memiliki dampak berbahaya pada gigi, seperti gigi depan menonjol, dan kerusakan atau masalah gigi dini. Oleh karena itu, orang-orang yang mengalami hal tersebut membutuhkan perisai yang kuat untuk melindungi gigi. Behel atau gigi kawat bertindak sebagai pelindung terhadap dampak buruk tersebut, dan sekaligus menjaga kesehatan gigi.   

3. Menyelesaikan masalah makan

Banyak orang yang menghadapi kesulitan dalam mengunyah atau menggigit makanan mereka. Hal itu disebabkan oleh gigi yang tidak rata. Jika hal tersebut tidak diperbaiki, maka akan menyebabkan masalah gizi dan pencernaan. Oleh karena itu, Anda dapat memakai kawat gigi untuk menyelesaikan masalah makan Anda.

4. Memiliki senyum yang indah dan gigi yang lurus

Ini adalah pengetahuan yang umum bahwa gigi kawat dapat meningkatkan penampilan keseluruhan gigi Anda. Setelah gigi yang tidak rata dan tidak beraturan diperbaiki, hasilnya adalah senyum yang indah. Efek keseluruhan dari perubahan ini juga akan meningkatkan kepercayaan diri Anda, sehingga Anda akan dengan bebas mengekspresikan diri secara terbuka tanpa ragu atau malu.

Risiko Memakai kawat gigi

ilustrasi risiko memakai kawat gigi via hellosehat.com

Selain kelebihannya, memakai kawat gigi juga memiliki kekurangan yang harus disadari sebelum Anda memulai perawatan, seperti berikut :

1. Merasakan ketidaknyamanan

Rasa tidak nyaman ini cukup bervariasi pada tiap individu. Secara umum, gigi mungkin akan terasa sedikit sakit, sedikit longgar, dan kurang memiliki tenaga untuk menggigit pada beberapa hari pertama. Bagian dari gigi kawat dapat menggesek bibir, pipi, atau lidah sehingga menyebabkan nyeri. Terkadang, ada orang yang mengalami sariawan. Selain itu, Anda mungkin juga akan mengalami peningkatan air liur dan sedikit kesulitan untuk berbicara.

2. Mengalami resorpsi akar

Resorpsi akar adalah pemendekan akar gigi. Beberapa pasien ortodontik cenderung untuk memiliki masalah ini. Perubahan pada panjang akar ini merupakan hal yang normal dalam perawatan ortodontik dan biasanya tidak menyebabkan efek buruk jangka panjang pada mulut yang sehat.

3. Mengalami cedera

Karena gigi kawat menutupi gigi Anda, maka benturan atau pukulan yang mengenai mulut dapat menggores atau bahkan menggores bagian dalam bibir atau pipi Anda. Kawat dan bracket yang longgar atau rusak dapat menggores dan mengiritasi pipi, gusi, atau bibir. Ikuti saran dokter gigi Anda mengenai kebiasaan makan yang baik atau kebiasaan lainnya untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya cedera.

4. Gigi kembali lagi ke bentuk semula

Jika Anda tidak mengikuti petunjuk dokter gigi dengan hati-hati setelah kawat gigi Anda dilepas, terutama ketika Anda harus memakai alat bernama retainer, Anda mungkin akan kehilangan beberapa perbaikan yang diperoleh selama Anda memakai gigi kawat.

Baca Juga : Cara Merawat Behel Fashion Serta Pemasangannya

Demikian penjelasan tentang manfaat dan resiko pemasangan gigi kawat. Sebaiknya Anda memikirkan matang-matang sebelum memutusan memakai gigi kawat. Kunjungi dokter, agar kesehatan dan keamanan tetap terjaga. Semoga bermanfaat dan mohon maaf jika terdapat kekurangan.
Top