Cegukan, Salah Satu Gejala Sakit Maag yang Tidak Diketahui Orang

Komentar

gejala sakit maag via solusiobatkolesterol.com

Cegukan lama tak sembuh-sembuh....

Hati-hati, karena bisa jadi Anda terserang maag. Dan ternyata banyak orang yang tidak tahu kalau cegukan adalah salah satu gejala sakit maag...

Penyakit maag banyak terjadi karena kesalahan dari pola makan. Maag adalah penyakit yang sering disepelekan. Sakit maag (indigestion) adalah istilah yang menggambarkan nyeri yang berasal dari lambung, usus halus, atau bahkan kerongkongan akibat sejumlah kondisi.

Selain nyeri pada perut bagian atas (area antara pusar dan bawah tulang dada), gejala sakit maag bisa berupa: Rasa panas pada perut bagian atas. Masih ada beberapa gejala atau ciri-ciri penyakit maag lainnya yang perlu diketahui agar penyakit maag yang Anda alami dapat dikenali dan segera diatasi.

Namun, Sakit maag datang dengan gejala yang berbeda pada setiap orang. Yuk kenali gejala sakit maag yang sering dialami penderitanya.

Gejala sakit maag penting untuk diketahui. Ini adalah untuk meminimalkan terjadinya komplikasi atau hal-hal yang mungkin membahayakan kesehatan. 

Nyeri ulu hati, mual dan muntah setelah makan, erat dikaitkan dengan penyakit maag, atau yang secara medis dikenal sebagai sindrom dispepsia.

Namun, gejala sakit maag tidak hanya itu saja. Masih ada beberapa gejala sakit maag lainnya yang perlu diketahui agar penyakit maag yang Anda alami dapat dikenali dan segera diatasi.

Gejala sakit maag penting untuk diketahui. Sebab pengenalan tersebut adalah cara awal untuk untuk meminimalkan terjadinya komplikasi, atau hal-hal yang yang mungkin membahayakan kesehatan. 

Nyeri ulu hati, mual dan muntah setelah makan, erat dikaitkan dengan penyakit maag, atau yang secara medis dikenal sebagai sindrom dispepsia. Namun, gejala sakit maag tidak hanya itu saja.

Masih ada beberapa gejala sakit maag yang perlu diketahui agar penyakit maag dapat dikenali dan segera diatasi.

Baca Juga : Begini Cara Mengatasi Asam Lambung Agar Tidak Pernah Kambuh Lagi

Gejala Sakit Maag yang Paling Umum

Setiap orang memiliki gejala yang berbeda-beda, bahkan ada penderita maag, tanpa merasa mengalami gejala apapun. Tapi, gejala yang paling umum dari sakit maag adalah sebagai berikut:

1. Sakit perut

2. Nyeri pada bagian ulu hati

3. Perut kembung

4. Mual dan muntah

5. Gangguan pencernaan

6. Cegukan

7. Kehilangan nafsu makan

8. Sembelit

9. Setelah makan, perut akan terasa sangat penuh

10. Sendawa berlebih

Agar sakit maag tak datang kembali, penting untuk menjaga pola makan sehat.

Tips Agar Terhindar dari Penyakit Maag

Berikut empat cara sehat terhindar dari serangan sakit maag:
  • Makan sedikit tetapi sering, adalah cara aman agar perut tidak kosong, seperti 4-5 kali dalam satu hari. Hal ini dapat membuat Anda terhindar dari sakit maag.
  • Hindari makanan yang dapat membuat perut Anda teriritasi, seperti pedas, asam, goreng-gorengan maupun lemak. Pilihlah makanan yang sehat serta bergizi. Tak lupa perbanyak konsumsi air putih.
  • Hindari alkohol dan merokok. Pasalnya, alkohol dapat membuat lapisan perut Anda teriritasi.
  • Menghindari stress. Karena, stress justru dapat membuat sakit maag menjadi lebih parah. Ada kalanya stress sulit untuk dihindari, tetapi Anda dapat belajar bagaimana cara mengatasinya. Lakukan beberapa jenis olahraga yang mengandung teknik meditasi, seperti yoga maupun tai chi untuk menenangkan pikiran Anda.

Gejala sakit maag perlu dikenali agar dapat dilakukan penanganan yang tepat. Sebab, jika tidak ditangani dengan baik, penyakit maag dapat membahayakan kesehatan Anda.
Top