Fungsi HEBAT Al Quran yang Menyeluruh Dalam Segala Aspek Kehidupan

Komentar

fungsi al quran via contohdakwahislam.blogspot.com

Tak cuma sebagaia pedoman hidup beragama umat Islam

Tapi Al Qur'an lebih dari itu, karena di dalamnya mengatur segala kebaikan di dunia baik kehidupan dengan manusia maupun dengan Sang Maha Pencipta

Al quran diturunkan sebagai pedoman hidup manusia. Fungsi al quran bagi kehidupan manusia sangatlah dahsyat. Pahami selengkapnya tentang fungsi al quran agar hidupmu selalu diberkahi Allah swt. 

Al-Qur'an adalah kalam (firman) Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat jibril.

Al-Qur'an sebagai sesuatu yang bersumber dari Allah Yang Maha Bijaksana, diturunkan kepada manusia memiliki maksud dan tujuan.

Sebagai umat Islam, tentu kita mengetahui Al-Quran merupakan pedoman hidup bagi manusia. Fungsi Al-Quran dalam Kehidupan sangat banyak sekali. Tentunya fungsi ini hanya dapat dirasakan oleh manusia yang beriman dan bertaqwa.

Manusia hidup tentu memiliki tujuan dan tujuan manusia diciptakan itu hanyalah untuk mengabdi kepada Allah swt. Melalui fungsi al quran maka hidup manusia tidak akan melenceng dari tujuan utamanya.

Al-quran merupakan kitab suci umat Islam dan juga merupakan Dasar Hukum Islam dan Sumber Syariat Islam yang memiliki banyak manfaat bagi umat manusia. Al-quran diturunkan sebagai petunjuk bagi seluruh manusia melalui malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW.

Sebagai Rasul yang dipercaya menerima mukjizat Al-quran, Nabi Muhammad SAW menjadi penyampai, pengamal, serta penafsir pertama dari Al-Quran.

Disadari atau tidak, Al-Quran memiliki fungsi-fungsi tertentu yang sangat memberikan petunjuk kepada kehidupan manusia.

Al-Quran jika dipahami dengan benar akan membuat manusia selamat dunia dan akhirat. Allah menurunkan Al-Quran bukan hendak mengekang atau menjermuskan manusia, justru menyelamatkan karena manusia dengan hawa nafsunya mudah sekali untuk berbuat dosa.

Baca Juga : Doa Untuk Anak yang Langsung Bersumber dari Al-Quran

Fungsi Al-Qur’an Bagi Kehidupan Manusia

Dalam Al-Qur’an Allah telah berfirman:

Artinya: “Alif, laam raa. (Ini adalah) Kitab yang Kami turunkan kepadamu supaya kamu mengeluarkan manusia dari gelap gulita kepada cahaya terang benderang dengan izin Tuhan mereka, (yaitu) menuju jalan Tuhan Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji“. (QS. Ibrahim: 1)

Di dalam Al-Qur’an telah dijelaskan bahwa ayat-ayat Allah yang ada dalam Al-Qur’an itu diperuntukkan bagi manusia sebagai petunjuk, yang dapat mengeluarkan manusia dari kegelapan menuju jalan yang terang benderang.

1. Sebagai petunjuk jalan yang lurus

Al-quran memberikan petunjuk agar umat manusia dapat terus berjalan di jalan yang lurus. Di dalam Al-quran sudah dijelaskan mana yang salah dan yang benar, serta peringatan-peringatan agar terus bertakwa kepada Allah SWT.

2. Menjelaskan kepribadian manusia dan yang membedakannya dari makhluk lainnya

Manusia juga dikaruniai akal yang membuatnya berbeda dari binatang. Allah SWT menjadikan manusia sebagai pemimpin di dunia ini. Manfaat Baca Al-quran dan mengamalkannya akan membuat kita menjadi manusia yang bertakwa dan berakhlak mulia sertaCara Meningkatkan Iman dan Taqwa Kepada Allah SWT

3. Merupakan penyempurna bagi kitab-kitab Allah yang telah turun sebelumnya

Umat Islam percaya dengan adanya kitab-kitab Allah yang telah turun sebelum Al-Quran, yaitu Taurat, Injil, dan Zabur. Namun tetap Al-Quran yang wajib dipelajari karena merupakan penyempurna dan digunakan sampai akhir zaman.

4. Menjelaskan masalah yang pernah diperselisihkan umat sebelumnya

Al-Quran turun pada saat zaman Nabi Muhammad SAW masih hidup. Firman yang turun tersebut akan berkaitan dengan kejadian pada saat itu. Misalnya saja perselisihan suatu kaum, atau cerita tentang kaum sebelumnya yang mendapatkan teguran dari Allah SWT.

Fungsi Al Quran secara umum adalah sebagai berikut:

Fungsi Al Quran sebagai petunjuk (al-Huda)

Fungsi al quran secara umum yang pertama adalah sebagai petunjuk. Al Qur’an merupakan petunjuk bagi umat Islam. Jika ingin selamat di dunia dan akhirat, maka jadikanlah al-Qur’an sebagai pedoman hidup. Kita tidak akan tersesat jika kita menjadikan Al Qur’an sebagai petunjuk dan pedoman hidup.

Sebagaimana Rasulullah bersabda yang artinya: “Aku titipkan kepadamu sekalian dua perkara. Jika kamu pegang teguh kedua perkara tersebut, maka tidak akan pernah sesat selama-lamanya; yaitu kitab Allah (Al Qur’an ) dan sunnah Rasulullah SAW“. (HR. Bukhari dan Muslim)

Fungsi Al Quran sebagai sumber hukum ajaran islam

Fungsi al quran yang kedua adalah sebagai sumber hukum ajaran islam. Al-Qur’an berfungsi sebagai sumber hukum Islam yang pertama dan paling utama, baik yang berkaitan dengan kehidupan dunia maupun akhirat, hubungan antar manusia, hubungan antar manusia dengan Allah, dan lain sebagainya.

Fungsi Al Quran sebagai rahmatal lil’alamin

Fungsi al quran secara umum yang ketiga adalah sebagai pemberi rahmat. Allah menurunkan Al-Qur’an dengan tujuan agar manusia dapat menjalani hidupnya dengan bahagia dan selamat di dunia dan akhirat. Sehingga al-Qur’an dapat memberikan rahmat kepada orang-orang yang beriman.

Kebenaran, kekuatan dan kedahsyatan al-Qur’an tidak perlu diragukan lagi, karena al-Qur’an dapat memberikan pertolongan kepada kita di dunia juga akhirat.

Fungsi Al Quran sebagai mukjizat terbesar

Fungsi al quran secara umum keempat adalah alquran sebagai mukjizat terbesar. Jelas bahwa al-Qur’an merupakan mukjizat paling luar biasa yang berlaku sepanjang masa. Al-Qur’an merupakan penyempurna kitab-kitab sebelumnya.

Bentuk al-Qur’an bisa dilihat, dibaca, disentuh, dapat kita dengarkan bacaannya, dan akan berlaku sepanjang waktu. Tidak akan punah dan tidak akan pernah berubah.

Berikut Cara Menerapkan Fungsi Al Quran Dalam Kehidupan Sehari-Hari:

1) Jadikanlah  Al-Quran sebagai petunjuk dan pedoman hidup kita
2) Jadikanlah Al-Quran sebagai landasan hukum dan etika
3) Jadikanlah Al-Quran sebagai tempat kembalinya segala permasalahan dan persoalan.
4) Jadikanlah Al-Qur’an sebagai obat atau Penawar hidup kita

Allah SWT berfirman :
Artinya :‘’Hai manusia sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Rabbmu dan penyembuh dari penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman’’ (QS. Yunus : 57).

Jadi, jelas bahwa Al-Qur’an bukan hanya sekedar mushaf, kitab atau buku saja yang hanya menjadi pajangan di dalam rumah atau tempat ibadah, juga bukan hanya sekedar bacaan tanpa pengamalan.

Al-Qur’an yang tidak digunakan, diamalkan, dipelajari dan dipahami isi dan kandungannya, maka tidak ada manfaat dan fungsinya bagi kita. Al-Qur’an dapat berfungsi sebagaimana mestinya jika kita menjadikannya sebagai pegangan, pedoman, petunjuk yang diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan demikian, mari kita jadikan Al-Qur’an sebagai bacaan rutin kita setiap hari, dan berpegang teguhlah kepada Al-Qur’an. Mudah-mudahan Allah SWT mengelompokkan kita dengan orang-orang yang selalu memuliakan Al-Qur’an. Amiin Ya Rabbal ‘Alamiin...
Top