Fakta Mencengangkan! Ternyata Kencing Batu Juga Bisa Terjadi pada Anak, Kenali Gejalanya

Komentar

Waspada kencing batu pada anak-anak, Gambar diolah dari doktersehat.com

Bunda perlu waspada, ternyata kencing batu tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja namun juga anak-anak.

Berikut gejala-gejala dan cara pencegahannya!

Kencing batu merupakan pembentukan batu dalam sistem maupun organ saluran kemih, yaitu ginjal, kandung kemih, ureter, dan uretra.

Batu bisa terbentuk akibat adanya penumpukan garam dan mineral (kalsium, amonia, asam urat, sistein) dalam urine.

Kencing batu lebih umum terjadi pada orang dewasa. Namun ternyata, kencing batu ini tidak hanya dialami oleh orang dewasa, melainkan juga anak-anak.

Di zaman serba instan seperti sekarang ini membuat penyakit semakin cepat menyerang, seperti dilansir dari alodokter.com.

Berikut ini ada beberapa gejala kencing batu yang penting diketahui oleh semua orang tua, karena gejala ini kerap muncul dan dirasakan oleh penderitanya diantaranya :

  • Rasa sakit saat buang air kecil
  • Akan merasakan nyeri yang tajam di punggung atau perut bagian bawah
  • Mual
  • Muntah
  • Adanya darah dalam urine

Biasanya rasa sakit tersebut bisa berlangsung untuk waktu yang sebentar atau pun lama.

Namun, berbagai gejala tersebut bisa saja tidak terjadi apabila batu yang terbentuk berukuran kecil dan bisa dengan mudah terbuang keluar bersama dengan urine.

Yang berbahaya jika batu berukuran besar hingga menghalangi aliran urine dan menyebabkan rasa sakit yang herbal, buah hati anda kemungkinan perlu dirawat di rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut.

BACA JUGA: Hasil Rapat MUI : Vaksin MR Boleh Digunakan Meski Mengandung Babi

Sebagian besar anak-anak penderita kencing batu dapat sembuh tanpa komplikasi jangka panjang. Tapi alangkah baiknya jika kencing batu pada anak bisa dicegah.

Untuk mencegah munculnya penyakit kencing batu pada anak-anak, ada baiknya, anak dibiasakan untuk banyak minum air putih setiap hari dan melakukan pola makan yang sehat.

Dengan melakukan hal ini, urin pun akan cenderung lebih encer dan pengendapan berbagai zat limbah yang bisa memicu batu tidak akan terjadi.

Demikian, semoga orang tua lebih waspada terhadap kesehatan anak-anaknya!
Top