Doa Setelah Sholat Wajib yang Singkat Tapi InsyaAllah Ilmu dan Rezeki Barokah

Komentar

doa setelah sholat wajib via hidupsimpelcom

Bagaimana doa setelah sholat wajib singkat? Kebanyakan bacaan doa setelah sholat wajib itu panjang. Nah inilah doa setelah sholat wajib singkat namun bermakna besar.

Bila mana kita sehabis melaksanakan shalat fardlu/wajib yang lima waktu jangan dulu bergegas-gegas meninggalka tempat. Setelah melaksanakan sholat fardhu ataupun shalat sunnah, hendaknya untuk tidak meninggalkan doa setelah sholat.

Setelah salam (selesai sholat), bacalah dzikir setelah sholat, kemudian panjatkanlah doa setelah sholat wajib. Inilah bacaan doa setelah sholat wajib singkat namun bermakna besar.

Setelah melaksanakan sholat fardhu ataupun shalat sunnah rawatib, hendaknya untuk tidak meninggalkan doa setelah sholat wajib. Setelah salam (selesai sholat), bacalah dzikir setelah sholat, kemudian panjatkanlah doa seteleh sholat wajib.

Sholat fardhu dan sholat sunnah memiliki kekhususan doa masing-masing, meskipun secara umum tidak mengapa meninggalkan kekhususan doa itu.

Namun akan lebih baik jika doa yang kita panjatkan sesuai dengan sholat dan kepentingan dari sholat yang kita laksanakan.

Misalnya dalam sholat tahajud, sholat tahajud memiliki kekhususan doa tersendiri yang sesuai dengan kepentingan dan keutamaan sholat tahajud itu sendiri.

Dalam sholat dhuha pun demikian, sholat dhuha juga memiliki kekhususan doa yang berkaitan dengan kepentingan dan keutamaan dari sholat dhuha itu sendiri.

Begitu juga dalam sholat wajib, tentu juga memiliki kepentingan dan keutamaannya sendiri. Mengingat sholat wajib 5 waktu merupakan sholat yang paling sering kita lakukan dan telah menjadi rutinitas kita sebagai muslim, tentu kepentingan doa dan keutamaannya lebih hebat lagi.

Doa seteleh sholat wajib  ini merupakan kumpulan dari beberapa doa, Anda pun bisa menambahkan doa Anda secara pribadi. Namun akan lebih baik jika doa setelah sholat wajib ini merupakan doa yang bersumber dari Nabi SAW.

Baca Juga : Doa Sesudah Sholat Sunnah Tasbih Sesuai Sunnah Nabi Lengkap dengan Arab, Latin dan Artinya

Doa Setelah Sholat Wajib


Doa setelah sholat wajib diatas adalah himpunan dan kumpulan dari beberapa doa. Apabila doa diatas dirasa terlalu panjang Anda bisa meringkasnya dengan memilihnya pada bagian yang cocok untuk Anda.

Namun yang terpenting, dalam berdoa diawali dengan bacaan “Hamdalah” dan “Sholawat Nabi”, kemudian ditutup dengan “Sholawat Nabi” dan “Hamdalah”.

Dan pilihlah doa yang secara global berisi untuk kebaikan diri, baik di dunia dan akhirat, kebaikan orang tua, tetapnya Islam dan Iman sampai akhir hayat serta doa meminta khusnul khatimah.

Secara ringkasnya adalah sebagai berikut:

Doa Setelah Sholat Wajib Singkat

بسم الله الرحمن الرحيم
ألحمد لله رب العالمين اللهم صل على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
١. اللهم صل على سيدنا محمد صلاة تنجينا بها من جميع الآفات و تقضي لنا بها من جميع الحاجات وتطهرنا بها من جميع السيآت و ترفعنا بها عندك أعلى الدرجات و تبلغنا بها أقصى الغايات من جميع الخيرات في الحياة وبعد الممات
٢. أللهم إنا نسألك سلامة في الدين وعافية في الجسد وزيادة في العلم وبركة في الرزق وتوبة قبل الموت ورحمة عند الموت ومغفرة بعد الموت
٣. اللهم هون علينا في سكرات الموت والنجاة منالنار والعفو عند الحساب
٤. ربنا لاتزغ قلوبنا بعد إذهديتنا وهب لنا من لدنك رحمة إنك أنت الوهاب
٥. اللهم اغفرلي ذنوبي ولوالدي وارحمهما كما ربياني صغيرا
٦. ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الأخرة حسنة وقنا عذاب النار
وصلى الله على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه وسلم والحمد لله رب العالمين

Doa Setelah Sholat Wajib Singkat Latin

'Bismillaahirohmaanirrohiim. Alhamdulillaahirobbil ‘aalamiin. Allaahumma sholli ‘alaa sayyidina Muhammadin wa’alaa aali sayyidina Muhammad.

1. Allaahumma sholli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin sholaatan tunjiinaa bihaa min jamii’il aafaat. Wa taqdhii lanaa bihaa min jamii’il haajaat. Wa tuthohhirunaa bihaa min jamii’is sayyi_aat. Wa tarfa’unaa bihaa ‘indaka a’lad_darojaat. Wa tuballighunaa bihaa aqshol ghooyaat. Min jamii’il khoirooti fil hayaati wa ba’dal mamaat.

2. Allaahumma innaa nas_aluka salaamatan fid_diin. Wa ‘aafiyatan fil jasadi. Wa ziyaadatan fil ‘ilmi. Wa barakatan fir_rizqi. Wa taubatan qoblal maut. Wa rahmatan ‘indal maut. Wa maghfirotan ba’dal maut.

3. Allaahumma hawwin ‘alainaa fii sakaraatil maut. Wan_najaata minan_naari wal ‘afwa ‘indal hisaab.

4. Robbanaa laa tuzigh qulubanaa ba’da idz_hadaitanaa wahab lanaa min ladunka rahmah. Innaka antal wahhaab.

5. Allaahummaghfirlii dzunuubi waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii soghiiroo.

6. Robbanaa aatinaa fid_dun_yaa hasanah wafil aakhiroti hasanah waqinaa adzaaban_naar.

Washollallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin Wa’alaa aali sayyidinaa Muhammad. Walhamdulillaahi robbil ‘aalamiin.

Arti Doa Setelah Sholat Wajib

1. Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, yang dengan rahmat itu Engkau akan menyelamatkan kami dari semua bahaya, yang dengan rahmat itu Engkau akan mendatangkan hajat kami, Yang dengan rahmat itu Engkau akan membersihkan kesalahan kami, Yang dengan rahmat itu Engkau akan mengangkat derajat kami, Yang dengan rahmat itu pula Engkau akan menyampaikan kami kepada kesempurnaan semua maksud dari semua kebaikan pada waktu hidup dan setelah mati, karena sesungguhnya Engkaulah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

2. Ya Allah kami meminta kepadamu keselamatan Agama, kesehatan jasmani, tambahan Ilmu, keberkahan dalam rizqi, Taubat sebelum mati, Rahmat ketika hendak mati dan Ampunan setelah mati.

3. Ya Allah, ringankanlah kami ketika sedang sakaratul Maut, selamatkan dari api neraka, dan ampunilah ketika sedang proses hisab.

4. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami menyimpang pada kesesatan setelah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, karena sesungguhnya Engkau Maha Pemberi (Karunia).

5. Ya Allah, ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku, dan belas kasihilah mereka berdua sebagaimana mereka berbelas kasih kepadaku di waktu aku kecil.

6. Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan selamatkanlah kami dari siksa neraka.

Nah teman-teman itulah doa seteleh sholat wajib yang dapat saya bagikan, silahkan teman-teman pilih mau doa yang mana yang mau di amalkan, mau satu yang di amalkan bagus mau lebih dari satu yang di amalkan lebih bagus, apalagi kalau semuanya dibacakan.

Nah untuk pertemuan kali ini saya cukupkan sampai disini dulu, Akhir kata saya ucapkan wasallam,
Top