Doa Sesudah Sholat Fardhu Berjamaah Maupun Sholat Munfarid

Komentar

doa setelah sholat fardhu berjamaah via konsultasisyariah.com

Doa sesudah sholat fardhu berjamaan biasanya panjang. Nah kali ini kami berhasil mengutip doa sesudah sholat fardhu berjamaan maupun sendiri yang lengkap namun singkat. Simak terus!

Waktu setelah sholat fardhu termasuk pada saat yang istimewa untuk berdoa. Maka dari itu, Setelah melaksanakan sholat fardhu ataupun shalat sunnah, hendaknya untuk tidak meninggalkan doa setelah sholat.

Doa setelah sholat sangat penting untuk dilakukan karena itulah adab kita kepada Allah. Doa setelah sholat fardhu adalah anjuran bagi setiap muslim yang telah berkewajiban menunaikan sholat.

Bacaan doa setelah sholat fardhu berjamaah dan Munfarid sudah menjadi kewajiban kita untuk menghafalkannya. Karena setelah kita sholat wajib sudah menjadi tuntunan untuk membaca doa setelah sholat.

Baik saat kita sholat sendiri maupun sholat secara berjama’ah. Bacaan doa sesudah sholat wajib pun bermacam – macam. Anda dapat memilih lafal bacaan doa yang pendek maupun yang panjang. Disesuaikan dengan kebutuhan anda.

Namun sebaiknya saat membaca doa sesudah sholat wajib kita memilih yang lafalnya panjang. Karena kita sebagai umat muslim yang merupakan hamba allah SWT tak pernah luput dengan dosa. Selain itu, keinginan kita yang banyak juga turut haturkan dalam doa kita setiap hari.

Saat membaca doa setelah sholat fardhu berjamaah. Maka sebagai imam harus paham dengan arti dari bacaan doa yang kita baca.

Maka dari itu, yang membaca doa secara berja’ah yang mimpin tersebut adalah orang yang paham persoalan agama. Seorang imam harus paham maksud dan tujuan dari bacaan doa yang dibacakannya.

Hal ini senada dengan apa yang pernah saya dengar dari guru ngaji saya bahwa seorang imam yang memimpin bacaan doa harus paham arti dengan doa yang di bacanya.

Namun jika tidak tahu arti dari lafal yang dibaca tersebut maka seorang imam tersebut pada esensinya sama dengan makmum yang hanya membaca Aminn.

Baca Juga : Lafal Adzan Beserta Doa Sesudah Adzan, Lengkap dengan Artinya

Bacaan Doa Sesudah Sholat Fardhu Berjamaah dan Sendiri

Jika di antara jama’ah tidak ada yang tahu bahasa arab. Maka sebaiknya imam yang membaca bacaan doa sesudah sholat fardhu memilih bacaan yang singkat namun paham artinya.

Bukan lafal bacaan doa sesudah sholat wajib yang panjang tapi tidak tahu artinya. Saya rasa bacaan doa selamat dunia dan akhirat memiliki artinya yang cukup mudah di pahami.

Sehingga para imam yang membaca doa setelah sholat fardhu tersebut cukup memilih doa yang singkat tersebut seperti doa selamat, doa memohon ampun, doa minta rizki, doa untuk orang tua, doa untuk keturunan sholeh dan sholehah dan beberapa pilihan doa pendek lainnya.

Doa setelah sholat fardhu berjamaah memang dapat dijadikan sebagai alternatif buat anda karena doa setelah sholat fardhu berjamaah  yang pendek ini sangat mudah untuk dihafalkan.

Selain itu, kita juga cukup mudah untuk memahami artinya. Namun sebaiknya doa sholat fardhu 5 waktu baik yang pendek maupun yang panjang juga seharusnya dihafalkan oleh setiap muslim. Setidaknya saat waktu luang anda dapat menghafalkannya.

Berikut adalah bacaan doa setelah sholat fardhu berjamaah dan munfarid lengkap dengan bahasa arab, latin dan artinya. Sehingga memudahkan anda untuk menghafalkannya.

A. Doa Sesudah Sholat Wajib 5 Waktu

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. حَمْدًا يُوَافِىْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ. يَارَبَّنَالَكَ الْحَمْدُ وَلَكَ الشُّكْرُ كَمَا يَنْبَغِىْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ
BISMILLAAHIRRAHMAANIRRAHIIM. ALHAMDU LILLAAHI RABBIL 'AALAMIIN. HAMDAY YU-WAAFII NI'AMAHUU WA YUKAAFI'U MAZIIDAH. YAA RABBANAA LAKALHAMDU WA LAKASY SYUKRU KA-MAA YAMBAGHIILIJALAALIWAJHIKA WA 'AZHIIMISUL-THAANIK.

Artinya :
Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam. Pujian yang sebanding dengan nikmat-nikmatNya dan menjamin tambahannya. Wahai Tuhan kami, bagi-Mu-lah segala puji, dan bagi-Mu-lah segalah syukur, sebagaimana layak bagi keluhuran zat-Mu dan keagungan kekuasaan-Mu.

B. Sholawat Kepada Nabi Dan Doa Lain

اَللهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. صَلاَةً تُنْجِيْنَابِهَا مِنْ جَمِيْعِ اْلاَهْوَالِ وَاْلآفَاتِ. وَتَقْضِىْ لَنَابِهَا جَمِيْعَ الْحَاجَاتِ.وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ. وَتَرْفَعُنَابِهَا عِنْدَكَ اَعْلَى الدَّرَجَاتِ. وَتُبَلِّغُنَا بِهَا اَقْصَى الْغَيَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ اِنَّهُ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ وَيَاقَاضِىَ الْحَاجَاتِ.
ALLAAHUMMA SHALLIWASALLIM 'ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIW WA 'ALAA AALI SAYYIDINAA MUHAMMAD. SHALA ATAN TUN AJIHNAA BÍHAA MINJAMII'IL AHWAALI WAL AAFAAT. WA TAQDHII LANAA BIHAA JAMII'AL HAAJAAT. WA TUTHAHHIRUNAA BIHAA MIN JAMII'IS SAYYI'AAT. W ATARFA ' UN A A BIHAA 'INDAKA ' A'LADDARAJAAT. WA TUBALLIGHUNAA BIHAA AQSHAL GHAAYAATI MIN JAMII'IL KHAIRAATIFIL HAYAATIWA BA'DAL MAMAAT. INNAHU SAMII'UN QARIIBUM MUJIIBUD DA'AWAAT WAYAA QAADHIYAL HAAJAAT.

Artinya :

Wahai Allah, limpahkanlah rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami, Nabi Muhammad dan keluarganya, yaitu rahmat yang dapat menyelamatkan kami dari segala ketakutan dan penyakit, yang dapat memenuhi segala kebutuhan kami, yang dapat mensucikan diri kami dari segala keburukan, yang dapat mengangkat derajat kami ke derajat tertinggi di sisi-Mu, dan dapat menyampaikan kami kepada tujuan maksimal dari segala kebaikan, baik semasa hidup maupun sesudah mati. Sesunggunya Dia (Allah) Maha Mendengar, Maha Dekat, lagi Maha Memperkenankan segala doa dan permohonan. Wahai Dzat yang Maha Memenuhi segala kebutuhan Hamba-Nya.

C. Doa Meminta Kesejahteraan Dunia Akhirat

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَصِحَّةً فِى الْبَدَنِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ.
ALLAAHUMMA INNAA NAS'ALUKA SALAAMATAN FTDDIINI WADDUN-YAA WAL AAKHIRAH. WA 'AAFIYA-TAN FIL JASADI WA SHIHHATAN FIL BADANI WA ZIYAADATAN FIL 'ILMI WA BARAKATAN FIRRIZQI WA TAUB ATAN QABLAL MAUT WA RAHM ATAN 'INDALMAUT WA MAGHFIRATAN BA'D AL MAUT. ALLAAHUMMA HAWWIN 'ALAINAA FII SAKARAATIL MAUT WAN NAJAATA MINAN NAARI WAL 'AFWA 'INDAL HISAAB.

Artinya :
Wahai Allah! Sesungguhnya kami memohon kepadaMu, kesejahteraan dalam agama, dunia dan akhirat, keafiatan jasad, kesehatan badan, tambahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datang maut, rahmat pada saat datang maut, dan ampunan setelah datang maut. Wahai Allah! Permudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, (Berilah kami) keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat dilaksanakan hisab.

D. Doa Berlindung Dari Segala Kejelekan

اَللهُمَّ اِنَّا نَعُوْذُبِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْهَرَمِ وَعَذَابِ الْقَبْرِ
ALLAAHUMMA INNAA NA'UUDZU BIKA MINAL 'AJZI WAL KASALI WAL BUKHLI WAL HARAMI WA 'ADZAABIL QABRI.

Artinya :
Wahai Allah! Sesungguhnya kami berlindung kepadaMu dari sifat lemah, malas, kikir, pikun dan dari azab kubur

E. Meminta Ilmu Yang Bermanfaat

اَللهُمَّ اِنَّا نَعُوْذُبِكَ مِنْ عِلْمٍ لاَيَنْفَعُ وَمِنْ قَلْبٍ لاَيَخْشَعُ وَمِنْ نَفْسٍ لاَتَشْبَعُ وَمِنْ دَعْوَةٍ لاَيُسْتَجَابُ لَهَا.
ALLAAHUMMAINNAA NA'UUDZU BIKA MIN 'ILMIN LAA YANFA' W AMIN QALBIN LAA YAKHSYA' W AMIN NAFSIN LAA TASYBA' WAMIN DA'WATIN LAA YUSTAJAABU LAHAA.

Artinya :
Wahai Allah! Sesungguhnya kami berlindung kepadaMu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyu', dari jiwa yang tidak kenal puas, dan dari doa yanag tak terkabul.

رَبَّنَااغْفِرْلَنَا ذُنُوْبَنَا وَلِوَالِدِيْنَا وَلِمَشَايِخِنَا وَلِمُعَلِّمِيْنَا وَلِمَنْ لَهُ حَقٌّ عَلَيْنَا وَلِمَنْ اَحَبَّ وَاَحْسَنَ اِلَيْنَا وَلِكَافَّةِ الْمُسْلِمِيْنَ اَجْمَعِيْنَ

RABBANAGH FIRLANAA DZUNUUBANAA WA LIWAA-LIDIINAA WALIMASYAAYIKHINAA WA LIMU'ALLI-MIENAA WA LIMAN LAHUU H AQQUN' ALAIN AA WA LIM AN AHABBA WA AHSANA ILAINAA WA LIKAAFFATIL MUS LIMUN A AJMA'IIN.

Artinya :
Wahai Tuhan Kami, ampunilah dosa-dosa kami, dosa-dosa orang tua kami, para sesepuh kami, para guru kami, orang-orang yang mempunyai hak atas kami, orang-orang yang cinta dan berbuat baik kepada kami, dan seluruh umat islam.

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا اِنَّكَ اَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ وَتُبْ عَلَيْنَا اِنَّكَ اَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ
RABBANAA TAQABBAL MINNAA INNAKA ANTAS SAMII'UL 'ALIIM, WA TUB 'ALAINAA INNAKA ANTAT TA WWA ABUR RAHIIM.

Artinya :
Wahai Tuhan kami, perkenankanlah (permohonan) dari kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar Lagi Maha Mengetahui. Dan terimalah taubat kami, sesungguhnya Engkau Maha Menerima Taubat lagi Maha Penyayang.

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
RABBANAA AATINAA FIDDUNNYAA HASANAH, WA FIL AAKHIRATI HASANAH, WAQINAA ‘ADZAA BAN NAAR.

Artinya :
Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.

وَصَلَّى اللهُ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ
WASHALLALLAAHU 'ALAA SAYYIDINAA MUHAMMA-DIN WA'ALAA AALIHIWA SHAHBIHIIWA SALLAM, WAL HAMDU LILLAAHIRABBIL 'AALAMIIN.

Artinya :
Semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami, Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya dan segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam

Di atas adalah bacaan doa setelah sholat fardhu berjamaah dan sendiri yang dapat anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda. Karena memang kedua bacaan doa setelah solat wajib tersebut tergolong sama panjangnya.

Namun itu tergantung anda sendiri. Karena panjang atau pendek bacaan doa setelah sholat fardhu berjamaah  tersebut adalah relatif. Kita anggap bahwa bacaan tersebut panjang namun berbeda lagi dengan anda yang mungkin menganggap bahwa bacaan tersebut pendek.

Demikian ulasan singkat seputar bacaan Doa Sesudah Sholat Fardhu Berjamaah lengkap dengan bahasa arab, latin dan terjemahannya / artinya yang dapat kita sampaikan. Guna dijadikan sebagai bahan atau sumber informasi buat anda yang ingin menghafalkan bacaan doa setelah sholat fardhu berjamaah maupun sendiri.

Karena memang sholat fardhu adalah wajib bagi setiap muslim. Sehingga menghafalkan do’a sesudah sholat sudah menjadi kewajiban bagi kita sebagai umat islam. Terimakasih atas kunjungan anda dan semoga bermanfaat.
Top