Doa Menyembelih Hewan Qurban Sesuai Sunnah Rasulullah

Komentar

doa menyembelih hewan qurban via militan.co.id

Penyembelihan hewan kurban dilakukan setelah sholat idul adha. Untuk menyempurnakan ibadah qurban kita dianjurkan untuk memperhatikan beberapa hal. Di antaranya, memperhatikan bacaan doa menyembelih hewan qurban.

Untuk menyempurnakan ibadah kurban, kita dianjurkan untuk berdoa ketika penyembelihan hewan kurban. Apa dzikir atau doa yang diajarkan oleh syariat saat menyembelih hewan kurban?

Penyembelihan hewan qurban adalah ibadah yang telah diatur oleh syariat, mulai dari jenis hewan yang akan disembelih hingga pada tata cara penyembelihannya.

Tidak seperti menyembelih hewan pada umumnya, dalam penyembelihan hewan qurban ada beberapa tatacara yang harus diperhatikan agar sesembelihannya diterima oleh Allah.

Untuk menyempurnakan ibadah qurban, kita dianjurkan untuk berdoa ketika penyembelihan hewan kurban. Inilah doa menyembelih hewan qurban. Doa menyembelih hewan qurban ini dibaca dengan harapan Allah menerima ibadah kurban kita.

Namun demikian ada sejumlah doa menyembelih hewan qurban yang dianjurkan ketika kita mengambil ancang-ancang untuk menyembelih hewan kurban.

Baca Juga : Doa-doa Pendek yang Wajib Diajarkan Kepada Anak Sejak Umur 1,5 Tahun

Inilah doa menyembelih hewan qurban sesuai sunnah rasul.

Doa Menyembelih Hewan Qurban Milik Sendiri

Jika seseorang menyembelih sendiri hewan kurbannya yang diperuntukkan atas nama dirinya dan keluarganya untuk membaca saat menyembelih:

بِسْمِ اللهِ وَاللهُ أَكْبَرُ اَللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنِّيْ وَمِنْ أَهْلِي

"Bismillah Wallahu Akbar, Ya Allah terimalah dariku dan keluargaku."

Atau dengan menyebut namanya sendiri:

بِسْمِ اللهِ وَاللهُ أَكْبَرُ اَللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنْ فُلَانٍ وَآلِ فُلَانٍ

"Bismillah Wallahu Akbar, Ya Allah terimalah dari fulan dan keluarga fulan."

Atau membaca bacaan lainnya:

بِسْمِ اللهِ وَاللهُ أَكْبَرُ اَللَّهُمَّ هَذَا عَنِّي وَعَنْ أَهْلِ بَيْتِيْ

"Bismillah Wallahu Akbar, Ya Allah ini dariku dan dari keluargaku."

Ini didasarkan kepada hadits dari Jabir bin Abdillah, ia berkata: Aku menghadiri Shalat Idul Adha bersama Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam di Mushalla. Saat beliau selesai berkhutbah, beliau turun dari mimbarnya. Kemudian dibawakan satu ekor domba lalu Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam menyembelihnya sendiri dengan tangannya sambil membaca:

بِسْمِ اللَّهِ وَاللَّهُ أَكْبَرُ هَذَا عَنِّي وَعَمَّنْ لَمْ يُضَحِّ مِنْ أُمَّتِي

"Bismillah Allahu Akbar, Ini dariku dan dari umatku yang tidak berkurban." (HR. al-Tirmidzi dan dishahihkan Al-Albani dalam Shahih al-Tirmidzi)
Terdapat redaksi dalam riwayat lain,

اَللَّهُمَّ إِنَّ هَذَا مِنْكَ وَلَكَ

"Ya Allah, sesungguhnya ini dari-Mu dan untuk-Mu." (Irwa' al-Ghalil, no. 1138, 1152) [Lihat Al-Syarh al-Mumti', Al-'Allamah al-Utsaimin: 7/492]

Doa Menyembelih Hewan Qurban Milik Orang Lain

Jika seseorang menyebelihkan kurban orang lain maka sesudah membaca Basmalah dan Takbir,

هَذَا عَنْ فُلَانٍ اَللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنْ فُلَانٍ وَآلِ فُلَانٍ

"Ini dari si fulan, Ya Allah, terimalah dari fulan dan keluarga fulan." (Dinukil dari fatwa Syaikh Ibnu Utsaimin.

Bacaan Pokok Saat Menyembelih

Pada dasarnya bacaan yang wajib ketika menyembelih adalah membaca BASMALAH, yakni BISMILLAH atau BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM. Adapun bacaan tambahan sesudahnya adalah sunnah, bukan wajib. Dasarnya, firman Allah Subhanahu wa Ta'ala:

وَلَا تَأْكُلُوا مِمَّا لَمْ يُذْكَرِ اسْمُ اللَّهِ عَلَيْهِ وَإِنَّهُ لَفِسْقٌ

"Dan janganlah kamu memakan binatang-binatang yang tidak disebut nama Allah ketika menyembelihnya. Sesungguhnya perbuatan yang semacam itu adalah suatu kefasikan. " (QS. AL-An'am: 121)

Begitu pula firman-Nya:

فَكُلُوا مِمَّا ذُكِرَ اسْمُ اللَّهِ عَلَيْهِ إِنْ كُنْتُمْ بِآيَاتِهِ مُؤْمِنِينَ

"Maka makanlah binatang-binatang (yang halal) yang disebut nama Allah ketika menyembelihnya, jika kamu beriman kepada ayat-ayatN" (QS. Al-An'am: 118) Wallahu Ta'ala A'lam.

Demikian doa menyembelih hewan qurban yang dianjurkan . Semoga doa menyembelih hewan qurban ini bisa diamalkan saat waktu kurban. Semoga bermanfaat. Hanya Allah yang memberi taufik.
Top