Diluar Dugaan! Inilah 10 Khasiat Kunyit yang Ternyata Bisa Bikin Kamu Panjang Umur

Komentar

Kasiat luar biasa kunyit bagi kesehatan tubuh, Gambar dilansir dari freepik.com

Mulai sekarang rajin-rajin konsumsi kunyit ya...

Selain sebagai bumbu masakan, terntaya ini manfaat kunyit yang belum pernah terbayangkan bagi kesehatan tubuh.

Kunyit dikenal sebagai bahan pelengkap makanan yang memiliki cita rasa dan warna khas.

Tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur, masyarakat kerap memanfaatkannya untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan.

Lalu, apa saja kasiat kunyit yang bisa didapat? Simak kasiat kunyit yang dilansir dari HealthLine.com di bawah ini.

1. Mengandung senyawa Bioaktif yang kuat.

Baru-baru ini, sains telah mulai mendukung apa yang sudah diketahui oleh orang India sejak lama yaitu kunyit mengandung senyawa dengan sifat yang sama seperti obat.

Senyawa ini disebut kurkuminoid dan yang paling penting adalah kurkumin.

Kurkumin adalah bahan aktif utama yang terkandung di dalam kunyit. Senyawa ini memiliki efek anti-peradangan dan merupakan antioksidan yang sangat kuat.

Namun, kandungan kurkumin dalam kunyit tidak terlalu tinggi hanya sekitar 3%. Sebagian besar studi tentang ramuan ini menggunakan ekstrak kunyit dengan dosis biasanya melebihi 1 gram per hari.

Untuk mendapatkan manfaat dari kunyit ini, Anda bisa mencampurkan bubuk kunyit ke makanan yang berlemak. Karena kurkumin akan larut dalam lemak.

2. Memiliki senyawa anti-peradangan alami.

Para ilmuwan sekarang percaya bahwa peradangan tingkat rendah kronis berperan penting dalam hampir setiap penyakit kronis.

Ini termasuk penyakit jantung, kanker, sindrom metabolik, Alzheimer dan berbagai kondisi degenerative.

BACA JUGA: Sudah Ada Bukti Nyata, Batu Ginjal Hilang Dalam Satu Malam Cuma Dengan Air Kelapa Muda

Kurkumin memiliki kandungan anti peradangan. Bahkan, itu sangat kuat sehingga cocok dengan efektivitas beberapa obat anti peradangan tanpa efek samping.

Kurkumin akan memblokir NF-Kb, sebuah molekul yang bergerak ke inti sel dan mengaktifkan gen yang terkait dengan peradangan.

3. Meningkatkan antioksidan dalam tubuh.

Kerusakan oksidatif diyakini menjadi salah satu faktor di balik penuaan dan banyak penyakit.

Radikal bebas cenderung bereaksi dengan zat organik penting, seperti asam lemak, protein atau DNA. Antioksidan sangat bermanfaat bagi tubuh karena melindungi tubuh Anda dari radikal bebas.

Kurkumin adalah antioksidan kuat yang dapat menetralisir radikal bebas. Selain itu, kurkumin dapat meningkatkan aktivitas enzim antioksidan dalam tubuh.

Dengan cara itu kurkumin memblokir dan membuang langsung radikal dalam tubuh.

4. Meningkatkan fungsi otak dan mencegah resiko penyakit otak.

Kurkumin dapat meningkatkan pertumbuhan neuron dan kadar hormon otak Anda yaitu BDNF.

Banyak penyakit otak yang sering dikaitkan dengan penurunan kadar hormone ini seperti depresi dan Alzheimer.

Dengan mengkonsumsi kunyit, efektif untuk menunda atau bahkan membalikkan banyak penyakit otak yang berkaitan dengan usia.

Kunyit ini juga dapat meningkatkan memori dan membuat Anda lebih pintar.

5. Mengurangi risiko terkena penyakit hati.

Penyakit hati adalah penyebab kematian nomor satu di dunia. Kurkumin dapat meningkatkan fungsi endothelium yang merupakan lapisan pembuluh darah Anda.

Harus Anda ketahui bahwa disfungsi endotel adalah penyebab utama penyakit jantung ketika ketidakmampuan endothelium mengatur tekanan darah, pembekuan darah, dan berbagai faktor lainnya.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurkumin mengarah pada peningkatan fungsi endotelial.

Satu studi menunjukkan bahwa ia bekerja sebaik obat Atorvastatin.

Satu studi secara acak menugaskan 121 orang, yang menjalani operasi bypass arteri koroner, baik plasebo atau 4 gram kurkumin per hari, beberapa hari sebelum dan sesudah operasi. Kelompok kurkumin memiliki 65% penurunan risiko mengalami serangan jantung di rumah sakit.

6. Mencegah dan bahkan mengobati kanker

Kanker adalah penyakit yang mengerikan dan ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali.

Kurkumin telah dipelajari sebagai ramuan yang bermanfaat dalam pengobatan kanker dan telah ditemukan untuk mempengaruhi pertumbuhan, perkembangan dan penyebaran kanker pada tingkat molekuler.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kunyit dapat mematikan sel kanker dan mengurangi pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor (angiogenesis) serta penyebaran kanker (metastasis).

BACA JUGA: Puluhan Siswa Dirawat Setelah Jalani Imunisasi Rubella, Orang Tua Perhatikan 3 Hal Ini

Dalam studi 30-hari di 44 pria dengan lesi di usus besar yang kadang-kadang berubah menjadi kanker, 4 gram kurkumin per hari mengurangi jumlah lesi sebesar 40%.Mungkin kurkumin akan digunakan bersama dengan pengobatan kanker konvensional suatu hari nanti.

7. Mencegah Alzheimer.

Penyakit Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang paling umum di dunia dan penyebab utama penyakit ini adalah bertambahnya usia. Sayangnya, belum ada pengobatan yang pasti untuk Alzheimer.

Oleh karena itu, Anda dapat mencegahnya dengan mengkonsumsi kunyit. Penyakit Alzheimer terjadi karena penumpukan protein yang disebut plak aminoid.

Studi menunjukkan bahwa kurkumin dapat membantu plak ini. Selain itu, kurkumin yang ada di dalam kunyit membantu menghancurkan penghalang aliran darah di otak.

8. Mengobati Arthritis atau Rematik.

Arthritis sebagian besar terjadi karena adanya peradangan pada sendi Anda.

Mengingat curcumin adalah senyawa anti peradangan yang kuat, masuk akal bahwa itu dapat membantu dengan radang sendi.

Dalam sebuah penelitian pada orang dengan rheumatoid arthritis, curcumin bahkan lebih efektif daripada obat anti peradangan yang ada.

9. Mengobati Depresi.

Dalam uji coba terkontrol, 60 orang dengan depresi dibagi secara acak menjadi tiga kelompok. Satu kelompok mengambil Prozac, kelompok lain satu gram kurkumin dan kelompok ketiga Prozac dan kurkumin.

Setelah 6 minggu, kurkumin telah mengobati penderita depresi yang mirip dengan Prozac. Kelompok yang mengambil Prozac dan kurkumin keadaannya menjadi lebih baik.

BACA JUGA: BPJS Kesehatan Memberikan 3 Aturan Baru, Ini Kerugian yang Akan Dialami Pasien

Menurut penelitian kecil ini, kurkumin sama efektifnya dengan antidepresan. Depresi juga terkait dengan berkurangnya tingkat faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (BNDF) dan hippocampus yang menyusut, area otak dan memori.

10. Membantu menunda penuaan dan penyakit kronis karena usia.

Jika kurkumin benar-benar dapat membantu mencegah penyakit jantung, kanker dan Alzheimer, tentu kunyit memiliki manfaat untuk Anda yang ingin panjang umur.

Kurkumin telah menjadi sangat populer sebagai suplemen anti-penuaan mengingat oksidasi dan peradangan diyakini berperan dalam penuaan.

Nah mulai sekarang rajin-rajin mengkonsumsi kunyit ya, bisa dengan dicampur bumbu masakan ataupun cara yang lainnya.

Demikian, semoga bermanfaat.
Top