Ketahui Bunda, Ini Dia Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Wajib Dibeli

Komentar

daftar perlengkapan bayi baru lahir babyluna.id

Menunggu kehadiran bayi pasti menyenangkan sekaligus juga cemas. Tapi, apakah Anda sudah menyiapkan semua daftar perlengkapan bayi baru lahir? 

Mempersiapakan kelahiran buah hati merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh pasangan pasuntri yang sudah memasuki usia kehamilan tujuh bulan. Persiapan yang dilakukan mencakup dari segi fisik dan psikis baik untuk ibu ataupun bayinya.

Selain itu hal yang tidak kalah penting yang harus disiapkan adalah peralatan kebutuhan bayi yang baru lahir.

Kita perlu membuat daftar perlengkapan bayi baru lahir agar tidak membuat bunda bingung sekaligus panik saat menghadapi momen persalinan.

Menyiapkan perlengkapan bayi baru lahir tentunya sangat mengasyikkan, apalagi, bila kita sudah mengetahui jenis kelamin bayi yang akan lahir. Barang-barang perlengkapan bayi biasanya lucu-lucu, sehingga membuat kita bingung dan ingin memborong semuanya ketika berbelanja.

Biar Bunda nggak bingung saat membeli perlengkapan bayi baru lahir, yuk simak daftar perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibeli. Siapkan semuanya sejak sekarang agar tidak ada yang terlupa.

Baca Juga : Bunda, Kenali Perkembangan Bayi 8 Bulan Karena Itu Umur Emas yang Berharga

Ini Dia Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Dibeli

Saat trimester tiga, ini mungkin waktunya Anda berburu perlengkapan bayi baru lahir. Berikut daftar perlengkapan bayi baru lahir yang bisa Anda beli.

1. Popok & Pampers

ilustrasi popok bayi via tokopedia.com

Daftar perlengkapan bayi yang harus dibeli sebelum melahirkan yang pertama adalah popok dan pampers.

Memilih popok bayi tidak boleh sembarangan, begitu juga dengan pampers. Bunda harus pastikan jika bahan kain pada popok lembut dan bersifat menyerap air.

Untuk pampersnya pilih yang modelnya bisa dibuka, bukan yang model celana. Karena pampers yang bisa dibuka lebih mudah dibersihkan saat dede bayi pup.

Berapa jumlah popok dan pampers yang diperlukan untuk persiapan bayi baru lahir?

Untuk persiapan dan jaga-jaga, Bunda bisa membeli 2 lusin popok kain dan 1 lusin pampers.

Pampers digunakan sekali-sekali saja, misalnya saat semua popok kotor atau belum kering karena lagi musim hujan, atau saat bepergian ke puskesmas atau rumah sakit untuk check up dan imunisasi.

Sebaiknya pampers tidak digunakan setiap hari karena bisa menyebabkan iritasi, lebih baik gunakan popok kain. Jadi setiap kali dede bayi pipis atau pup bisa langsung dibersihkan.

2. Kain Bedong

ilustrasi kain bedong via bukalapak.com

Perlengkapan bayi yang harus disiapkan selanjutnya adalah kain bedong.

Bedong digunakan untuk membungkus bayi agar ia merasa nyaman saat tidur. Namun penggunaan bedong sebaiknya tidak sembarangan.

Usahakan untuk tidak membungkus dengan lilitan yang terlalu kencang. Beri ruang agar kaki bayi bisa bergerak minimal bisa menekuk lututnya.

Penggunaan bedong yang terlalu ketat justru bisa membahayakan pembentukan struktur tulang bayi dan bisa merusak tulang rawan.

Saat cuaca sedang panas sebaiknya bedong tidak digunakan agar bayi tidak kepanasan.

Untuk jumlah bedong Bunda butuh persiapan sekitar 10 helai.

3. Baju & Celana Bayi

ilustrasi baju bayi via tokopedia.com

Selanjutnya Bunda juga perlu menyiapkan pakaian khusus untuk bayi, yang terdiri dari celana panjang, celana pendek, singlet, kaos tangan pendek, dan kaos tangan panjang.

Perlengkapan bayi laki laki maupun perempuan yang baru lahir mungkin tidak terlalu jauh berbeda. Untuk urusan pakaian mungkin bisa dibedakan dari segi modelnya saja.

Untuk pakaian bayi perempuan baru lahir Bunda bisa memilih yang modelnya cantik dan imut seperti hello kity, sedang untuk pakaian bayi laki-laki bisa dipilih yang modelnya untuk laki-laki seperti superman atau hulk.

Dari bayi memang harus dibedakan antara bayi laki-laki dan perempuan, agar mereka bisa tumbuh dan berkembang dengan identitas gender yang jelas (tidak jadi tomboy atau gemulai).

Untuk jumlahnya, Bunda bisa membeli celana pendek, celana panjang, kaos singlet, kaos tangan pendek, dan kaos tangan panjang masing-masingnya 1/2 lusin.

4. Kaos Kaki & Sarung Tangan

ilustrasi kaos kaki sarung tangan bayi via blibli.com

Perlengkapan pakaian bayi baru lahir yang tak boleh ketinggalan selanjutnya adalah kaos kaki dan sarung tangan.

Kaos kaki dan sarung tangan fungsi utamanya adalah untuk melindungi kuku-kuku di jari mungil dede bayi agar tidak mencakar muka atau bagian tubuh lainnya.

Selain itu kaos kaki dan sarung tangan bayi juga dapat berfungsi untuk tetap menjaga mereka tetap hangat saat cuaca sedang dingin.

Jangan lupakan kaos kaki dan sarung tangan dalam daftar belanja Bunda. Untuk urusan jumlahnya mungkin 3-4 pasang sarung tangan dan kaos kaki sudah cukup.

5. Topi Bayi

ilustrasi topi bayi via id.aliexpress.com

Kebutuhan bayi baru lahir yang perlu Bunda persiapkan selanjutnya adalah topi kain. Topi sangat berguna dipakai saat keluar rumah agar tidak tersengat matahari, juga untuk menjaga bayi tetap hangat saat musim penghujan datang.

Pilih topi yang bisa melindungi bagian telinga serta terbuat dari bahan kain yang halus dan lembut. Bunda cukup membeli 1 atau 2 buah topi saja sebagai persiapan awal, nanti bisa ditambah lagi jika menemukan topi bayi dengan model yang lucu dan unik. Tapi ingat, memilih topi harus yang bahannya lembut, halus, dan nyaman dipakai.

6. Tempat Tidur Bayi

Tempat tidur bayi wajib masuk dalam persiapan perlengkapan melahirkan anak pertama. Karena kalau anak kedua tentu bisa memakai bekas kakaknya.

Ada banyak macam tempat tidur bayi yang bisa Bunda beli di pasaran, namun dalam memilihnya harus Bunda sesuaikan apakah nanti dede bayi akan tidur bersama orang tua atau tidur terpisah.

Jika tidurnya terpisah maka bisa membeli model ranjang yang memiliki kaki. Jika tidak maka bisa memilih kasur kecil yang nantinya diletakkan di tengah kasur orang tua.

Pilihlah kasur yang rata dan nyaman. Khusus untuk tempat tidur model ranjang, usahakan tidak ada sela antara ranjang dan kasur agar tangan atau kaki dede bayi tidak terjepit. Pilihlah yang benar-benar fit antara ranjang dan kasurnya.

7. Perlak

Perlak juga menjadi perlengkapan bayi baru lahir yang wajib disiapkan. Perlak berfungsi sebagai alas tidur bayi guna mencegah kasur menjadi kotor dan basah saat bayi pipis.

Pilih perlak yang berkualitas bagus, yang mampu menjaga permukaannya tetap kering meskipun terkena ompol dede bayi. Perlak jenis ini biasanya terdiri dari dua lapisan yakni lapisan waterproof dan microfiber.

Namun Bunda juga bisa menggunakan jenis perlak biasa, hanya saja harus rajin diawasi. Karena biasanya perlak ini akan menahan air di atasnya sehingga bayi menjadi basah dan bisa masuk angin.

8. Kelambu

ilustrasi kelambu via bukalapak.com

Kelambu berguna untuk melindungi bayi dari gigitan nyamuk saat tidur. Menyiapkan kelambu sangat penting sekali, terutama bagi Bunda yang tinggal di daerah yang banyak nyamuknya.

Gunakan kelambu yang memiliki bingkai kuat guna menghindari kelambu roboh dan menutup wajah bayi. Pastikan tidak ada bagian kelambu yang robek.

Khusus untuk bayi yang baru lahir sebaiknya kelambu tidak dihias dengan bermacam aksesori seperti gantungan dan mainan. Gunakan yang polos dulu, nanti ketika anak Bunda sudah berusia diatas setahun baru boleh mengkreasikan kelambu dengan berbagai aksesori dan mainan.

9. Bak Mandi

Dalam memilih bak mandi untuk bayi, ada beberapa hal yang harus Bunda perhatikan.

Dari segi bahannya, pilihlah bak mandi berbahan plastik yang kokoh dan ringan. Pilih juga bak mandi yang kaki-kakinya atau bagian bawahnya anti slip agar tidak licin ketika digunakan di kamar mandi.

Sudut-sudut pada bak mandi juga tidak boleh ada yang tajam agar tidak membahayakan si kecil. Pilih juga model bak mandi yang ada tempat duduknya, hal ini akan memudahkan Bunda saat memandikan dede bayinya.

Yang terakhir pilihlah bak mandi yang tidak terlalu dalam agar bayi tidak tenggelam.

10. Sabun & Shampo Bayi

ilustrasi sabun sampo bayi via elevenia.co.id

Perlengkapan mandi bayi baru lahir yang harus dipersiapkan selanjutnya adalah sabun dan shampo khusus untuk bayi.

Sabun dan shampo bayi dibuat dari bahan khusus sehingga tidak pedih jika terkena mata. Sabun dan shampo bayi juga biasanya diperkaya dengan vitamin dan nutrisi yang berguna untuk melembutkan kulit dan membuat rambut bayi menjadi lebih sehat.

11. Handuk Berbahan Lembut

Seusai mandi, Bunda harus segera membungkus badan dede bayi dengan handuk hingga kering. Pilihlah jenis handuk yang berbahan lembut dan mampu menyerap air dengan cepat.

Jangan pilih handuk yang bahannya kasar karena dapat membuat bayi tidak nyaman dan berisiko membuat kulit menjadi lecet.

12. Minyak Telon & Minyak Kayu Putih Untuk Bayi

Sehabis mandi bayi akan merasa dingin, untuk membuatnya kembali hangat Bunda bisa menggosok bagian perut dan dadanya dengan minyak telon dan minyak kayu putih khusus bayi.

Penggunaan minyak telon dan minyak kayu putih ini akan membantu menjaga tubuh bayi tetap hangat, terutama saat musim hujan datang.

Menggunakan minyak telon dan minyak kayu putih untuk bayi ini sangat aman, namun pada sebagian kecil bayi mungkin ada yang alergi. Bunda harus memastikan bahwa buah hati Bunda tidak alergi terhadap minyak telon dan minyak kayu putih jika ingin menggunakannya dalam jangka panjang.

13. Bedak Bayi & Baby Oil

ilustrasi bedak dan baby oil via id.carousell.com

Perlengkapan bayi baru lahir yang harus Bunda siapkan selanjutnya adalah bedak dan baby oil.

Bedak biasa digunakan untuk menjaga agar kulit bayi tetap kering dan wangi, sedangkan baby oil digunakan untuk menjaga kelembapan, memijat, dan membersihkan bagian lipatan pada kulit bayi.

Namun yang harus diperhatikan adalah penggunaan bedak untuk bayi. Sebaiknya tidak terlalu sering, dan tidak boleh langsung di tabur.

Bedak harus di tabur ke tangan Bunda terlebih dahulu, usahakan posisinya jauh dari bayi agar tidak terhirup. Kemudian usap dengan lembut pada bagian tubuh yang ingin dibedaki.

Hindari penggunaan bedak yang mengandung talc karena dapat berbahaya bagi bayi apabila terhirup.

14. Sisir Bayi

Pada saat belanja perlengkapan bayi mungkin Bunda akan melupakan hal-hal kecil seperti sisir. Namun sebenarnya sisir khusus untuk bayi juga perlu Bunda persiapkan menjelang kelahiran si kecil.

Sisir bayi ada 2 macam, satu yang model sisir biasa satu lagi yang model brush (sikat). Khusus untuk bayi new born pilihlah sisir jenis brush yang memiliki bulu sikat yang lembut, halus, dan ujung tidak tajam. Sisir ini khusus untuk digunakan pada rambut bayi yang kulit kepalanya masih sangat lembut.

Untuk bayi diatas 1 tahun, jika rambutnya sudah cukup lebat maka bisa digunakan sisir model gerigi yang terbuat dari plastik yang lentur. Pilih yang ujungnya tidak tajam dan tidak terlalu rapat sehingga tidak melukai kepala bayi saat menyisir.

15. Tissue, Tissue Basah, Kain Kasa & Kapas Steril

Macam-macam perlengkapan bayi new born yang harus disiapkan selanjutnya adalah tissue, tissue basah, kain kasa, dan kapas steril.

Saat cuaca sedang dingin atau hujan, tissue basah bisa dijadikan pengganti air untuk membersihkan bayi sehabis pup. Tissue basah juga bisa dibawa saat bepergian.

Sedangkan kain kasa dan kapas steril akan bermanfaat untuk merawat bekas luka pada tali pusar bayi.

16. Alkohol 70%

Alkohol 70% juga berguna untuk melakukan perawatan pada tali pusar bayi new born. Alkohol 70% bisa digunakan untuk membersihkan luka saat mengganti perban sehingga terbebas dari kuman dan infeksi.

17. Cotton Bud

Cotton bud juga tidak boleh ketinggalan. Benda kecil ini dapat berguna untuk berbagai keperluan mulai dari membersihkan pusar, membersihkan daun telinga, dan lipatan-lipatan pada bayi.

Cotton bud bisa di celup pada baby oil sebelum digunakan untuk membersihkan kulit bayi.

Menggunakannya juga harus dengan sangat lembut dan hati-hati, jangan menggosok atau mengorek terlalu kuat. Dan cotton bud juga tidak boleh digunakan untuk mengorek telinga bayi.

18. Botol Susu Bayi

ilustrasi botol bayi via sehatfresh.com

Botol susu bayi merupakan barang yang wajib masuk dalam daftar perlengkapan bayi yang harus dibeli menjelang kelahiran.

Memilih botol bayi tidak boleh sembarang beli, Bunda harus teliti karena ini adalah hal yang sangat penting untuk kesehatan bayi.

Pilihlah botol yang BPA-free atau tidak mengandung BPA. Bunda bisa melihat dari tabel kemasannya pada saat membeli.

Menggunakan botol yang bebas dari bahan kimia bertujuan untuk menghindari terlepasnya bahan kimia tersebut dan terminum oleh bayi, karena hal ini bisa berbahaya bagi kesehatan mereka.

19. Alat Pembersih Botol

Botol susu bayi harus dibersihkan dan disterilkan terlebih dahulu sebelum digunakan. Untuk itu Bunda perlu beberapa alat pembersih botol seperti sikat kecil halus dan spons.

Membersihkan bagian dalam botol juga tidak boleh disikat terlalu kuat agar botol tidak cepat rusak. Untuk mensterilkannya bisa dengan menggunakan microwave atau direbus di air mendidih.

Namun jika Bunda memilih mensterilkan botol susu bayi dengan direbus, pastikan dulu jika botol tersebut tidak mengandung BPA.

20. Celemek Bayi

ilustrasi celemek bayi via tokopedia.com

Perlengkapan baby new born yang harus dibeli selanjutnya adalah celemek.

Celemek bayi berguna untuk menjaga agar pakaian bayi tidak basah dan kotor karena gumo. Selain itu celemek juga bisa dipakai saat bayi sudah belajar makan agar pakaiannya tetap bersih.

Pilih celemek dari bahan yang menyerap air dan halus agar bayi tetap merasa nyaman saat Bunda menyeka wajahnya.

21. Termos Air Panas

Termos air panas juga perlengkapan yang wajib ada untuk menyambut kelahiran bayi new born. Termos ini digunakan untuk menyimpan air panas yang berguna untuk membuat air hangat untuk mandi. Membuat susu dan mensterilkan botol susu.

22. Gunting Kuku Bayi

Gunting atau jepit kuku bayi juga merupakan perlengkapan kecil yang tidak boleh dilupakan. Sama halnya dengan orang dewasa, kuku bayi juga harus dipotong secara rutin guna menjaga kebersihan dan kesehatannya.

Sela-sela dibalik kuku yang panjang bisa menjadi sarang kuman jika tidak rajin dipotong dan dibersihkan. Oleh karena itu Bunda perlu membeli gunting kuku khusus untuk memotong kuku-kuku bayi yang sudah panjang.

23. Termometer Digital

ilustrasi termometer digital via m.id.aliexpress.com

Suhu tubuh adalah indikator penting untuk mengetahui kesehatan bayi. Bunda harus memiliki termometer yang akurat untuk mengecek suhu bayi secara berkala, terutama saat bayi sedang rewel dan susah tidur.

Suhu tubuh yang tinggi bisa jadi sedang terjadi sesuatu dengan si dede bayi, dan untuk bisa mendeteksinya Bunda perlu termometer.

Belilah termometer digital yang berkualitas bagus sehingga bisa menunjukkan suhu tubuh bayi yang akurat.

24. Tas Perlengkapan Bayi Baru Lahir

List perlengkapan bayi yang harus disiapkan selanjutnya adalah tas. Bunda harus memiliki satu tas khusus yang digunakan untuk menyimpan semua kebutuhan baby new born, tujuannya agar nanti ketika hendak digunakan mudah mencarinya.

Tas perlengkapan bayi juga berguna jika hendak bepergian. Usahakan untuk memilih tas yang berbahan kokoh dan bisa punya cukup ruang untuk membawa semua keperluan yang dibutuhkan.

25. Keranjang Pakaian Kotor

Perlengkapan bayi baru lahir selanjutnya adalah keranjang pakaian kotor. Nah Bunda, ini memang terlihat sepele namun cukup penting.

Bunda harus menyiapkan satu keranjang khusus sebagai tempat meletakkan pakaian kotor menjelang dicuci. Jangan biarkan pakaian kotor berserakan apalagi disekitar kasur, karena ini bisa menjadi sarang kuman yang tidak baik untuk kesehatan bayi.

26. Gendongan Bayi dan Kain panjang (Jarik)

ilustrasi gendongan bayi via motherandbaby.co.id

Gendongan bayi ataupun kain panjang biasanya digunakan untuk mengendong bayi dalam waktu yang lama. Kalau hanya dengan gendongan tangan biasanya bayi akan merasa kurang nyaman. Apalagi bila bayi sedang rewel maunya di gendong terus, maka gendongan bayi ini bisa jadi solusi dari masalah bunda.

Gunakanlah gendongan bayi yang didepan, untuk gendongan belakang harus menunggu ketika si kecil sudah bisa berjalan. Bunda bisa membeli 2 atau 3 gendongan bayi.

Nah itulah beberapa daftar perlengkapan bayi baru lahir yang perlu bunda siapkan jauh-jauh hari untuk menyambit kedatangan sang buah hati. Tentu daftar di atas tidak harus dibeli sekaligus, bunda bisa membelinya secara bertahap sambil menunggu masa kelahiran. Semoga bermanfaat.
Top